10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Jenis Font Terbaik untuk CV dan Tips Menulisnya

Jenis font terbaik untuk CV atau curriculum vitae memang sering membuat bingung, apalagi yang baru pertama kali membuatnya. Karena memang digunakan bukan hanya terlihat indah, tetapi supaya mudah dibaca.

Pemilihan font ini juga penting walaupun memang sudah menulis sesuai sistematikanya. Karena akan dibuat untuk HRD, sehingga berikan yang terbaik begitu juga fontnya. Apalagi ditambah kemampuan yang mumpuni sesuai persyaratan.

Hal ini akan menambah kepercayaan diri Anda dalam menulis CV, apalagi dalam bahasa Inggris. Namun, apabila ternyata Curriculum vitae tidak menarik, maka bisa dilewatkan oleh HRD.

Bukan menjadi rahasia bahwa HRD membuka lowongan dengan peminat yang banyak dengan beberapa daftar riwayat hidup. Sehingga untuk bisa mendapatkan yang terbaik maka akan di filter atau di sortir dahulu.

Jenis Font Terbaik untuk CV

Saat ini banyak tersedia template CV atau daftar riwayat hidup gratis di internet. Tetapi Anda dapat melakukan desain sendiri supaya lebih menarik dan berbeda dengan orang lain. 

Karena template masih bisa diedit sehingga memudahkan untuk dibuat desain sendiri begitu juga fontnya. Bisa memilih jenis font terbaik untuk CV yang sekiranya cocok dipakai. Namun, perlu hati-hati memilihnya.

Harus dipadukan antara warna desain begitu juga dengan fontnya. Karena tidak semua font bisa cocok atau sesuai untuk digunakan dalam daftar riwayat hidup. Sehingga jangan coba-coba karena lucu atau berbeda.

Hal tersebut sebaiknya dihindari karena mungkin tidak cocok dan sulit dibaca. Maka jenis font terbaik untuk CV seperti calibri, arial, Georgia, times new roman. Kemudian Helvetica dan juga Myriad pro.

Calibri ini memang sudah banyak dikenal oleh semua orang karena sudah ada pada tahun 2007. Ia juga sudah menjadi font resmi setelah times new roman yang banyak dipakai. 

Bahkan ia menjadi default pada Microsoft office. Sehingga tentu ia menjadi font yang bagus dan bisa digunakan pada daftar riwayat hidup atau CV. Formatnya juga jelas serta mudah dibaca.

Kemudian arial juga menjadi font yang legendaris sehingga dapat bersaing yaitu times new roman. Ia juga memiliki huruf rapi serta dapat dipakai di berbagai situasi. 

Tersedia dalam format bold, regular serta italic. Sehingga jika bingung gunakan arial ini. Kemudian times new roman dapat dipakai, karena memang sering digunakan persyaratan penulisan curriculum vitae.

Kemudian Georgia juga banyak dipakai yang tidak kalah dengan lainnya. Jenis font ini juga sangat bagus dan bisa dipakai agar CV menarik dan mudah dibaca. 

Font Terbaik dan Tips Menulis CV

Georgia memag sudah tidak diragukan lagi dan sering dipakai pada curriculum vitae. Memiliki kesan modern juga elegan sehingga tidak kaku. Walaupun mirip dengan yang lain, tetapi jika dipakai terlihat indah.

Jenis font terbaik untuk CV yang bisa dipilih adalah Helvetica karena bentuknya sederhana serta tapi. Penggunaannya bukan untuk daftar riwayat hidup saja, tetai sering dipakai pada resume.

Helvetica memiliki kesan tidak rumit serta tidak sulit dibaca. Berikutnya adalah Mypriad pro, ia juga dapat dipakai karena hampir sama dengan calibri serta Helvetica. Ia disukai oleh banyak orang.

Hal tersebut dikarenakan hurufnya lengkap serta bagus dipakai untuk daftar riwayat hidup yang tidak terlalu formal. Tidak perlu khawatir, ia tidak sulit untuk dibaca seperti halnya calibri da Helvetica.

Kemudian supaya terlihat menarik maka sebaiknya perhatikan lagi penulisan sistematika pembuatan apabila tidak memakai template. Karena jika membuat sendiri mungkin lebih leluasa dalam melakukan editing.

Kemudian jangan lupa untuk membuat secara simple dan jangan terlalu berlebihan. Karena apabila terlalu berlebihan maka tidak bagus juga kesan bertele-tele. Sehingga jika skill gunakan poin-poin saja.

Kemudian jangan terlalu banyak mengulang kata, karena hal itu tidak diperlukan. Selain memilih jenis font terbaik untuk cv tetapi juga harus bisa menentukan kata yang sesuai.

Apabila bingung terutama untuk fresh graduate maka gunakan template dan editing secara mandiri. Sesuaikan apa saja yang memang dibutuhkan untuk ditulis dalam daftar riwayat hidup.

Pemilihan jenis font bisa membuat tulisan menarik dan mudah dibaca menjadi poin untuk kemungkinan dipanggil interview. Selain itu, memilih jenis font terbaik untuk CV juga bisa meningkatkan kepercayaan diri.

Bagikan Artikel: