jadwal terbaru rekrutmen bersama BUMN

Simak, Inilah Jadwal Terbaru Rekrutmen Bersama BUMN 2023

Sebagai calon kandidat pelamar, maka Anda wajib tahu kapan jadwal terbaru rekrutmen bersama BUMN 2023. Ya, kementerian BUMN kembali membuka rekrutmen bersama untuk mengisi beberapa posisi pekerjaan di perusahaan yang berada dibawah naungan BUMN.

Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan diri untuk mengikuti serangkaian tes rekrutmen bersama BUMN 2023 ini. Pasalnya, Kementerian BUMN tidak hanya menyediakan lowongan pekerjaan dengan kualifikasi pendidikan minimal Diploma III atau Sarjana 1 saja.

Melainkan juga menyediakan lowongan pekerjaan bagi pelamar dengan lulusan SMA atau SMK. Jadi, persiapkan diri dengan baik agar Anda berhasil lolos seleksi rekrutmen terbaru di perusahaan BUMN.

Estimasi Jadwal Terbaru Rekrutmen Bersama BUMN 2023

Memang, kementerian BUMN sempat menunda pelaksanaan rekrutmen bersama BUMN tahun 2023. Nah kini, perusahaan di bawah naungan BUMN pun segera melaksanakan proses rekrutmen bersama tahun 2023.

Sebagai calon kandidat pelamar, maka Anda wajib mengetahui jadwal terbaru rekrutmen bersama BUMN 2023 hingga tahap pengumuman kandidat yang diterima oleh perusahaan. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Tahap Registrasi dan Seleksi Administrasi

Tahap pertama yakni proses registrasi serta seleksi administrasi. Tahap ini mewajibkan calon pelamar untuk mendaftar sebagai peserta dan dilakukan pengecekan administrasi oleh PIC BUMN. 

Tahap ini dimulai pada tanggal 11 Mei dan berakhir pada 20 Mei 2023. Dan hasil seleksi administrasi akan diumumkan melalui website paling lambat di awal bulan Juni 2023.

  1. Tes TKD dan Akhlak Tahap 1

Tahap kedua yaitu Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan akhlak. Pada tahap ini akan dites kemampuan dasar dan akhlak para calon pelamar. Tes TKD dan akhlak tahap 1 akan dimulai pada tanggal 12 Juni hingga 21 Juni 2023. Hasil tes TKD dan akhlak tahap 1 akan diumumkan pada bulan Agustus 2023.

Baca juga: Contoh soal core values bumn

  1. Tes Bahasa Inggris

Tahap ketiga adalah tes Bahasa Inggris. Calon pelamar diharuskan untuk dapat mencapai skor TOEFL minimal 450 agar dapat memenuhi standar persyaratan beberapa perusahaan BUMN. 

Dan jadwal terbaru rekrutmen bersama BUMN untuk tahap tes Bahasa Inggris ini dilakukan secara online pada tanggal 20 Juli hingga 22 Juli 2023. Dan hasil tes akan diumumkan paling lambat pada bulan Agustus 2023.

  1. Tes Langsung oleh BUMN

Tahap keempat yakni mengikuti serangkaian tes langsung yang diadakan oleh BUMN. Tes ini terdiri dari 5 komponen, yaitu tes kompetensi bidang, user interview, sosmed analytic dan digital, mindset, serta medical check up (MCU). Tes ini berlangsung mulai dari tanggal 9 Agustus hingga 24 Agustus 2023.

  1. Pengumuman Kandidat Pelamar Kerja

Tahap kelima, calon kandidat yang memenuhi kriteria akan mendapatkan pengumuman melalui situs website dari kementerian BUMN. Pengumuman kandidat pelamar kerja ini dilaksanakan pada pertengahan bulan Agustus 2023.

Tips untuk Lulus Seleksi Rekrutmen Bersama BUMN 2023

Memang tidak mudah untuk dapat lulus seleksi rekrutmen bersama BUMN 2023. Sebab, beberapa perusahaan menerapkan standar yang cukup tinggi dalam mencari karyawan. Oleh sebab itu, Anda dapat mempelajari beberapa tips untuk lulus seleksi rekrutmen bersama BUMN 2023.

Dengan begitu, harapan untuk dapat bekerja di perusahaan BUMN semakin terbuka lebar. Tips yang pertama, persiapkan kelengkapan dokumen yang dibutuhkan pada saat registrasi. Ya, calon pelamar yang tidak melengkapi dokumen administrasi tidak dapat melangkah ke tahap selanjutnya.

Tips yang kedua, perhatikan jadwal terbaru rekrutmen bersama BUMN 2023. Pastikan Anda telah melewati beberapa tahap untuk bisa melewati ke setiap tahap seleksi. Tips yang ketiga, jangan asal memilih perusahaan yang sedang membuka lowongan rekrutmen bersama .

Pastikan Anda memilih perusahaan yang menyediakan lowongan pekerjaan sesuai dengan kemampuan. Tips yang keempat, kuasai Bahasa Inggris. Sebab, beberapa perusahaan BUMN membutuhkan karyawan yang menguasai Bahasa Inggris.

Tips yang kelima, persiapkan diri sebaik mungkin ketika memasuki tahap wawancara. Ya, Anda harus tetap tenang ketika masuk ke tahap wawancara dengan perwakilan dari BUMN. Sebab, tahap wawancara juga menentukan apakah Anda diterima di perusahaan BUMN atau tidak.

Di tahun 2023, Kementerian BUMN kembali membuka rekrutmen bersama untuk mengisi posisi yang dibutuhkan oleh berbagai perusahaan milik Negara. Nah, Anda berkesempatan untuk dapat bekerja di BUMN dengan sistem rekrutmen bersama BUMN 2023.

Namun sebelum itu, Anda wajib tahu estimasi jadwal terbaru rekrutmen bersama BUMN 2023 dan tips-tips jitu agar dapat lolos hingga diterima bekerja di perusahaan milik BUMN.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!