hobi untuk melamar kerja

Bingung Hobi untuk Melamar Kerja? Ini Opsi Terbaiknya

Banyak orang di luar sana merasa bingung ketika mencari hobi untuk melamar kerja. Kebingungan ini bisa dikatakan sebagai sesuatu yang normal. Itu karena, kebanyakan orang memiliki hobi yang sifatnya tidak produktif.

Dengan hobi semacam itu, pandangan recruiter terhadap pelamar pasti akan memiliki kesan negatif. Perlu diketahui, hobi sendiri adalah hal penting yang wajib dicantumkan. Terlebih lagi untuk Anda yang fresh graduate atau non pengalaman.

Nantinya hobi ini bisa menjadi daya tarik supaya CV Anda dipertimbangkan recruiter. Selain itu, adanya hobi bisa menjadi indikator apakah Anda akan cocok dengan deskripsi pekerjaan atau tidak. Oleh karena itu, penting untuk menyesuaikan hobi dengan posisi yang dilamar.

Daftar Hobi untuk Melamar Kerja

Jika Anda sedang bingung memilih hobi untuk melamar kerja, ulasan ini pasti sangat tepat. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai beberapa hobi yang layak ditambahkan. Itu karena, sifat hobi ini cukup produktif dan mendukung pekerjaan.

Tetapi ingat, pastikan pemilihan hobinya sendiri tetap disesuaikan dengan kebutuhan. Saran hobi di bawah ini tidak perlu dipilih jika keberadaannya ternyata kurang sesuai. 

1. Menulis

Hobi untuk melamar kerja pertama adalah menulis. Sekarang aktivitas menulis sendiri lebih umum. Itu karena, kegiatan seperti blogging membuktikan kalau seseorang hobi menulis. Ada dua hal positif yang akan didapat saat mencantumkan hobi menulis.

Pertama berhubungan dengan kreatifitas dari orang yang menjalankannya. Perlu diingat, menulis membutuhkan kreatifitas tinggi. Oleh karena itu, Anda yang mencantumkan hobi ini bisa mendapatkan kesan tersebut. Selain itu, menulis juga skill.

Biasanya mereka yang memiliki kesukaan menulis tidak akan kesulitan ketika mempelajari skill content writing maupun copywriting. Tetapi ingat, pastikan Anda memahami dasar-dasar kemampuan menulis ketika mencantumkan hobi ini di CV.

Baca juga: Cara Menjawab Wawancara Kerja untuk Fresh Graduate

2. Fotografi

Hobi untuk melamar kerja berikutnya adalah fotografi. Fotografi yang dimaksud disini tidak hanya diarahkan pada hobi mengambil foto. Selain kemampuan mengambil foto, Fotografi disini juga diarahkan pada kemampuan editing dan video production.

Sama seperti hobi sebelumnya, penambahan hal ini pada CV akan menimbulkan kesan kreatif pada diri Anda. Itu karena, sulit menghasilkan foto atau video yang menarik jika kreatifitas tidak dimiliki.

Selain itu, kemampuan ini juga akan memperlihatkan kalau kemampuan adaptasi Anda baik. Itu karena, fotografer maupun videografer perlu cerdas dalam beradaptasi dengan lingkungan baru.

Hal lain yang akan terlihat saat menonjolkan hobi ini adalah skill foto dan editing itu sendiri. Biasanya skill semacam ini dibutuhkan di sebuah perusahaan.

3. Game Strategi

Bermain game memang bukan hobi untuk melamar kerja yang baik. Namun kalau Anda sangat suka bermain game, jauh lebih tepat jika mencantumkan hobi game strategi pada CV.  Game strategi sendiri tipenya ada banyak.

Contohnya seperti catur hingga board game. Dengan mencantumkan hobi ini, recruiter akan melihat kalau Anda adalah pribadi yang suka melatih kecerdasan otak. Nantinya sikap semacam ini sangat berguna untuk menunjang produktivitas kerja.

Tetapi ingat, hobi ini lebih cocok untuk pekerjaan yang membutuhkan analisa dan pemikiran. Jika pekerjaannya lebih membutuhkan pribadi praktis, hobi ini kurang tepat untuk ditambahkan.



4. Membaca

Membaca juga bisa ditambahkan ketika mencari hobi untuk melamar kerja. Membaca di sini bisa diarahkan pada banyak hal. Itu karena, tipe bacaan yang tersedia sangat banyak mulai dari biografi, novel, sejarah, dan masih banyak lagi.

Dengan menuliskan hobi membaca, akan muncul kesan kalau Anda adalah pribadi yang suka memperkaya pengetahuan. Selain itu, membaca juga membutuhkan orang yang memiliki imajinasi tinggi. Hal ini jelas akan menunjang produktivitas di tempat kerja.

5. Olahraga

Hobi terakhir yang bisa ditambahkan saat melamar kerja adalah olahraga. Ketika mencantumkan olahraga sebagai hobi, tipe terbaik yang bisa ditambahkan adalah olahraga tim. Itu karena, olahraga tim memperlihatkan kalau Anda suka bersosialisasi.

Nantinya ini akan menunjukkan kalau Anda tidak akan kesulitan ketika beradaptasi di lingkungan baru. Selain olahraga tinggi, Anda juga bisa mencantumkan olahraga yang berisiko tinggi. 

Contohnya seperti bersepeda, surfing, panjat tebing, hingga camping. Dengan mencantumkan olahraga tersebut, recruiter akan melihat Kamu sebagai pribadi yang berani mengambil risiko.Pastikan untuk serius ketika menambahkan hobi. Walaupun terkesan sepele, hobi untuk melamar kerja bisa menjadi penentu kesuksesan lamaran kerja.

About The Author