10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

gaji pegawai SPBU pertamina

Gaji Pegawai SPBU Pertamina, Ternyata Sangat Fantastis

Gaji pegawai SPBU pertamina adalah hal yang mungkin pernah Anda pikirkan. Dalam sebuah SPBU terlibat banyak posisi pekerjaan, tidak hanya operator saja. Namun ternyata di belakang layar menyimpan sederet nama beserta jabatan yang dipegang.

Stasiun Pengesian Bahan Bakar Umum atau yang Kita kenal dengan nama SPBU adalah tempat yang akan dikunjungi para pengguna kendaraan untuk memperoleh bahan bakar. Di Indonesia SPBU dikenal dengan istilah “Pom Bensin”.

SPBU di Indonesia pada awalnya hanya mendirikan bahan bakar saja dan keperluan rumah tetangga sepeti GAS. Namun seiring berjalannya waktu SPBU menjadi tempat yang serba ada. Seperti mini market, tempat makan hingga mesin atm.

Mengenal sedikit sejarah tentang SPBU. Pada bulan agustus tahun 1888, Bertha Benz istri dari pencipta mobil asal Jerman, Karl Benz sedang mengendarai mobil pertama yang dibuat suaminya. 

Perjalanan yang dilakukan oleh Bertha Benz tercatat sebagai perjalanan jarak jauh pertama dalam sejarah mobil. Ditengah perjalanan mobil yang dikendarai Betha Benz mengalami kehabisan bahan bakar. Saat itu bahan bakar yang digunakan adalah Ligroin.

Bertha Benz berhasil mendapatkan ligroin disebuah apotek. Dan apotek ini menjadi SPBU pertama di Dunia. Lantas berapa gaji pegawai SPBU pertamina pada masa awal berdirinya.

Gaji Pegawai SPBU Pertamina, Ternyata Sangat Fantastis

Gaji merupakan upah dari apa yang telah Anda kerjakan. Besarannya tergantung pada dimana tempat Anda bekerja. Karena gaji sudah diatur dengan UMR dan UMP yang membuat gaji yang Anda terima akan sesuai dengan biaya hidup Anda.

Namun, untuk gaji pegawai SPBU Pertamina ditentukan oleh jabatan yang dipegang. Semakin tinggi jabatan Anda, maka akan semakin besar pula gaji yang akan didapatkan. Berikut dibawah ini sedikit penjelasannya.

1. Jabatan Pegawai SPBU Pertamina

SPBU ternyata memiliki struktur organisasi yang lengkap. Pekerjanya tidak hanya operator saja melainkan ada juga yang lain untuk mengisi posisi selain operator. Di bawah ini struktur organisasi yang ada di sebuah SPBU.

  • Presiden Direktur

Merupakan pihak yang bertindak sebagai pemimpin serta menjalankan perusahaan. Tugasnya mengendalikan semua kegiatan SPBU. Mulai dari mengelola kekayaan SPBU hingga merencanakan dan mengembangkan sumber pendapatan perusahaan.

Anda bayangkan berapa gaji pegawai SBPU pertamina dengan jabatan sebagai presiden direktur. Pasti akan sangat fantastis.

  • Manajer 

Manajer adalah seorang yang memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan berbagai macam variabel seperti karakteristik, budaya, pendidikan dan latar belakang ke dalam suatu tujuan organisasi dengan cara melakukan mekanisme penyesuaian.

  • Supervisor

Pihak yang melakukan evaluasi efektifitas dan efisiensi pelaksanaan tugas. Supervisor bertanggungjawab terhadap kelancaran seluruh kegiatan operasional. Mulai dari konsistensi kualitas dan kuantitas BBM hingga melakukan monitoring penjualan dan persediaan BBM.

  • Pengawas

Pengawasan merupakan suatu upaya yang sistematik untuk menetapkan kinerja standar pada perencanaan. Membandingkan kinerja aktual dengan standar yang telah ditentukan serta menetapkan apakah telah terjadi penyimpangan dan mengambil tindakan perbaikan.

  • Staf Administrasi

Ternyata sebuah SPBU memiliki staf admin. Ini bertugas untuk melakukan pencatatan dan segala sesuatu yang berhubungan dengan administrasi yang ada pada SPBU. Gaji pegawai SPBU pertamina mungkin tidak akan jauh berbeda dengan operator.

  • Operator

Operator adalah orang yang sering Anda temukan dalam sebuah SPBU. Karena Mereka bertugas menjadi garda utama. Melayani setiap kendaraan yang datang dengan SOP yang telah ditentukan oleh pihak SPBU tersebut.

2. Gaji Karyawan SPBU Pertamina

Gaji pegawai SPBU pertamina cukup beragam namun sudah dapat dipastikan semua sudah berada pada standar upah minimum. Karena sebuah kemustahilan perusahaan dibawah naungan BUMN memberikan gaji tidak sesuai dengan UMR.

Untuk operator gaji yang akan diterima dalam setiap bulannya berada pada kirasan 1,7 juta sampai dengan 5 juta. Hampir mirip dengan gaji yang akan diterima oleh staf administrasi. Tetap pada koridor tergantung dengan UMR.

Sedangkan gaji untuk pegawai SPBU pertamina untuk posisi Site Enginer berada pada kisaran 30 sampai 33 juta dalam satu bulan. Manajer digaji dengan nominal 15 sampai 16 juta dalam setiap bulannya. Berikut kisaran gaji dalam organisasi sebuah SPBU.

Upah atau gaji menjadi tolak ukur untuk Anda memutuskan akan bekerja disitu atau tidak. Pada dasarnya jalani saja pekerjaan yang akan membuat nyaman ketika bekerja, termasuk menjadi pegawai SPBU tanpa melihat gaji pegawai SPBU pertamina. 

Bagikan Artikel: