10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

faktor yang mempengaruhi besar kecilnya gaji karyawan

8 Faktor yang Mempengaruhi Besar Kecilnya Gaji Karyawan Paling Utama

Semua perusahaan memiliki faktor yang mempengaruhi besar kecilnya gaji karyawan. Tentu hal biasa saja jika gaji karyawannya berbeda-beda. Penggajian adalah rutinitas bulanan untuk departemen SDM. 

Semua faktor dikumpulkan dan dihitung dengan sangat hati-hati dalam satuan mata uang. Tujuannya untuk memastikan bahwa hak-hak pekerja terpenuhi secara adil dan nilai perusahaan dipertahankan di pasar tenaga kerja. 

Dengan mengacu pada UU Ketenagakerjaan, gaji didefinisikan sebagai hak-hak pekerja yang diterima oleh pemberi kerja sebagai imbalan dan dinyatakan dalam uang. Pengusaha memiliki wewenang untuk menentukan faktor yang dapat mempengaruhi besar kecilnya gaji karyawan.

Baca juga: Cara Negosiasi Gaji Saat Interview yang Perlu Dilakukan Pelamar

8 Faktor yang Mempengaruhi Besar Kecilnya Gaji Karyawan 

Sebagaimana disebutkan di atas, setiap PT memiliki kebijakan sendiri dalam menentukan tingkat gaji karyawan. Akibatnya, gaji staf di satu PT mungkin berbeda dengan perusahaan lainnya. Tingkat upah yang diperoleh bervariasi karena perbedaan dalam industri, struktur organisasi, dll. 

1. Golongan Sebuah Jabatan

Tujuan kelompok posisi adalah untuk mengelompokkan posisi berdasarkan nilai atau bobotnya. Hingga pekerjaan dengan tugas dan tanggung jawab yang sama dapat digabungkan ke dalam kelompok pekerjaan. 

Status pekerja mempengaruhi tingkat upah dan fasilitas yang diterima perusahaan. Tentu saja jika memili status yang lebih tinggi, maka akan mendapatkan upah yang lebih tinggi juga. Tapi tidak dapat dipungkiri bahwa tanggung jawab juga akan semakin besar

2. Jam Kerja 

Jam kerja juga merupakan faktor yang mempengaruhi besar kecilnya gaji karyawan. Lamanya pengalaman melakukan tugas khusus yang diperlukan untuk posisi tersebut. Semakin berpengalaman seorang karyawan, semakin berharga seorang karyawan potensial bagi perusahaan. 

Jadi jangan heran bahwa masa kerja sering menjadi kriteria penting saat merekrut karyawan. Tetapi jangan khawatir untuk Anda yang baru lulus, bisa memantaskan diri dengan skill atau kemampuan yang dimiliki

3. Pendidikan 

Maksud dari faktor pendidikan adalah tingkat pengetahuan yang diperoleh melalui jenjang pendidikan formal yang dipersyaratkan untuk jabatan tersebut. Perusahaan biasanya membuka lowongan pekerjaan yang membutuhkan pendidikan minimum tertentu untuk posisi tersebut. 

Tingkat pendidikan sebenarnya merupakan salah satu faktor dalam menghitung gaji seorang pekerja. Hal ini terutama berlaku pada hari-hari awal pendaftaran pekerja. Oleh karena itu, pendidikan sangat mempengaruhi besaran gaji. 

4. Jabatan Pekerjaan 

Jabatan pekerjaan dapat didefinisikan sebagai kelompok tugas dan aktivitas dalam organisasi bisnis. Posisi datang dengan berbagai risiko, tanggung jawab, dan kesulitan. Semakin tinggi jabatan, semakin tinggi gaji yang akan Anda dapatkan. 

5. Kemampuan Bisnis 

Faktor yang mempengaruhi besar kecilnya gaji karyawan lain yang adalah ketajaman bisnis. PT besar terkemuka tentu saja dapat menawarkan kompensasi yang sangat tinggi kepada karyawan mereka. Seperti gaji, tunjangan dan fasilitas lainnya. 

Namun, tidak demikian bagi PT kecil dan menengah yang masih harus melihat keuangan perusahaan secara realistis. Bahkan jika Anda ingin bersaing dengan yang lain, memaksakan gaji yang berkualitas dapat mendorong inefisiensi dan menciptakan disparitas upah.

6. Biaya Hidup 

Hal ini juga mempengaruhi tingkat tingginya biaya hidup mengakibatkan pekerja menuntut upah yang lebih tinggi. Untuk mendukung penghidupan yang layak, perusahaan yang mempekerjakan pekerja di daerah berbiaya tinggi biasanya membayar mereka dengan gaji pokok yang lebih tinggi 

7. Kompetensi 

Faktor yang mempengaruhi besar kecilnya gaji karyawan selanjutnya kompetensi adalah kelayakan kerja yang meliputi aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan untuk pekerjaan itu. Pengusaha juga mendapat manfaat ketika keterampilan karyawan sesuai dengan posisi mereka. 

Sebaliknya, karyawan yang tidak kompeten mengurangi produktivitas perusahaan. Oleh karena itu, kemampuan sangat mempengaruhi besar kecilnya gaji seorang pekerja. Karena kompetensi Anda sangat berpengaruh kepada kinerja perusahaan

8. Peraturan Pemerintah 

Faktor yang mempengaruhi besar kecilnya gaji karyawan terakhir adalah peraturan pemerintah merupakan faktor lain yang mempengaruhi tingkat gaji pegawai. Informasi tentang gaji karyawan harus mengacu pada upah minimum yang berlaku untuk masing-masing wilayah. 

UU Tenaga Kerja dan Ordonansi Pengupahan melarang pengusaha membayar pekerja di bawah Upah Minimum Negara (UMP) dan Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK). Tingkat kenaikan ditetapkan oleh masing-masing gubernur negara bagian dan oleh karena itu bervariasi Demikian beberapa hal yang menentukan gaji Anda. Untuk Anda yang merupakan lulusan baru, tidak dipungkiri halnya juga bisa mendapatkan penghasilan yang tinggi. Pastikan faktor yang mempengaruhi besar kecilnya gaji karyawan bisa bermanfaat untuk Anda.

Bagikan Artikel: