Contoh Surat Lamaran Kerja Online

5 Contoh Surat Lamaran Kerja Online Lengkap dengan Template Gratis

Dalam era digital seperti sekarang, mencari pekerjaan tidak lagi terbatas pada mengirimkan surat lamaran secara konvensional. Banyak perusahaan telah beralih ke proses rekrutmen online untuk memudahkan pelamar dan meningkatkan efisiensi dalam mencari kandidat yang tepat. 

Oleh karena itu, penting bagi setiap pencari kerja untuk memahami bagaimana cara membuat surat lamaran kerja online yang baik dan efektif. Artikel ini akan memberikan panduan serta contoh surat lamaran kerja online yang dapat membantu Anda dalam menjalani proses pencarian pekerjaan dengan sukses.

Contoh Surat Lamaran Kerja Online

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Online yang Profesional

Contoh Surat Lamaran Kerja Online yang Profesional

2. Contoh Surat Lamaran Kerja Online untuk Perusahaan Ternama 

Contoh Surat Lamaran Kerja Online untuk Perusahaan Ternama

3. Contoh Surat Lamaran Kerja Online Untuk Fresh Graduate

Contoh Surat Lamaran Kerja Online Untuk Fresh Graduate



4. Contoh Surat Lamaran Kerja Online dalam Bahasa Inggris

Contoh Surat Lamaran Kerja Online dalam Bahasa Inggris

5. Contoh Surat Lamaran Kerja Online Part Time

Contoh Surat Lamaran Kerja Online Part Time

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Membuat Surat Lamaran Kerja Online

Membuat surat lamaran kerja online memiliki beberapa perbedaan dengan surat lamaran konvensional. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan saat Anda membuat surat lamaran kerja online:

  • Pemilihan Platform: Pastikan Anda mengirimkan lamaran melalui platform yang sesuai. Banyak perusahaan menggunakan portal karir mereka sendiri atau situs web perekrutan seperti LinkedIn, Indeed, atau Glassdoor. Selalu periksa di mana perusahaan tersebut menerima lamaran.
  • Perhatikan Format: Ketika mengunggah surat lamaran Anda, pastikan untuk mengikuti format yang diminta oleh platform tersebut. Beberapa akan meminta Anda mengisi formulir online, sementara yang lain mungkin meminta Anda mengunggah dokumen dalam format PDF atau Word.
  • Gunakan Bahasa yang Profesional: Bahasa yang digunakan dalam surat lamaran Anda harus profesional dan sopan. Hindari penggunaan bahasa yang terlalu informal atau akrab, kecuali jika perusahaan tersebut memiliki budaya yang sangat santai.
  • Penyelarasan dengan Posisi yang Dilamar: Pastikan bahwa isi surat lamaran Anda sesuai dengan posisi yang Anda lamar. Jelaskan mengapa Anda cocok untuk posisi tersebut dan bagaimana pengalaman serta keterampilan Anda akan mendukung perusahaan.
  • Lampirkan CV yang Terbaru: Meskipun Anda mengisi detail diri Anda dalam formulir online, tetap lampirkan CV yang terbaru sebagai referensi tambahan. Hal ini dapat membantu perekrut melihat dengan lebih rinci tentang latar belakang Anda.

Baca juga: 5 Contoh Surat Lamaran Kerja Diketik Lengkap Dengan Template

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Online

Bagaimana cara membuat surat lamaran kerja online yang menarik dan efektif? Berikut beberapa tips yang dapat Anda ikuti:

  • Personalisasi: Selalu sesuaikan surat lamaran Anda untuk setiap pekerjaan yang Anda lamar. Jangan sekadar mengirimkan salinan yang sama untuk setiap aplikasi. Perusahaan ingin tahu bahwa Anda benar-benar tertarik pada posisi tersebut.
  • Tunjukkan Nilai Anda: Jelaskan bagaimana Anda dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan. Tinjau kembali keterampilan dan pengalaman Anda yang relevan dengan posisi yang Anda lamar, dan jelaskan mengapa Anda adalah kandidat yang baik.
  • Kemukakan Keberhasilan Anda: Gunakan contoh konkret dari pengalaman Anda yang mendemonstrasikan pencapaian dan keberhasilan Anda. Hal ini dapat membantu meyakinkan perekrut bahwa Anda memiliki kemampuan yang diperlukan.
  • Perhatikan Tanggal Pendaftaran: Jangan sampai melewati batas waktu pendaftaran. Pada rekrutmen online, perusahaan seringkali memiliki tanggal tenggat waktu yang ketat, jadi pastikan untuk mengirimkan lamaran Anda tepat waktu.

Baca juga: 10 Contoh Surat Lamaran Kerja Email yang Efektif

Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Membuat Lamaran Online

Ada beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan oleh pelamar saat membuat surat lamaran kerja online. Beberapa di antaranya meliputi:

  • Tidak Membaca Instruksi: Tidak membaca instruksi yang diberikan oleh perusahaan atau portal perekrutan dapat menyebabkan kesalahan dalam pengisian formulir atau mengunggah dokumen. Ini bisa merusak peluang Anda.
  • Mengabaikan Relevansi: Mengirimkan surat lamaran yang tidak relevan dengan posisi yang Anda lamar adalah pemborosan waktu bagi Anda dan perekrut. Pastikan Anda memilih pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi dan minat Anda.
  • Kekurangan Bukti: Hanya mengklaim bahwa Anda adalah kandidat yang hebat tanpa memberikan bukti konkret tidak akan meyakinkan perekrut. Selalu lampirkan contoh konkret dari pencapaian Anda.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat CV yang Menarik dan Profesional? Ini 6 Tipsnya Agar Dilirik HRD!

Dalam mengakhiri surat lamaran kerja online, jangan lupa untuk mengekspresikan rasa terima kasih atas kesempatan tersebut dan menyatakan bahwa Anda berharap dapat diberikan kesempatan wawancara lebih lanjut.

Dengan memahami proses dan tips di atas, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk sukses dalam mencari pekerjaan secara online. Ingatlah bahwa membuat surat lamaran kerja online yang baik adalah langkah awal yang penting dalam perjalanan menuju karir yang sukses.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!