10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Contoh CV bahasa Indonesia

Contoh CV Bahasa Indonesia dapat Dijadikan Referensi

Ada beberapa contoh CV bahasa Indonesia yang dapat dijadikan referensi para pelamar kerja. CV atau Curiculum Vitae merupakan salah satu dokumen persyaratan yang dibutuhkan saat melamar kerja. 

CV dapat ditulis dengan menggunakan bahasa inggris ataupun bahasa Indonesia. Bagi Anda yang ingin melamar kerja namun belum pernah membuat CV dan tidak tau bagaimana caranya. 

Anda tidak perlu bingung dan khawatir, ada beberapa contoh CV berbahasa Indonesia yang dapat dijadikan referensi. Jadi, dengan begitu Anda tidak perlu bingung lagi dalam membuatnya. 

Baca juga: Cara menuliskan Sertifikat di CV Dengan baik

Apa Itu Daftar Riwayat Hidup atau CV?

Seperti kita ketahui bila ingin melamar kerja, ada beberapa dokumen persyaratan yang harus disiapkan. Salah satunya adalah CV (curriculum vitae ) atau biasa disebut daftar riwayat hidup.

Sebelum kita membahas beberapa contoh CV bahasa Indonesia. Ada baiknya kita perlu bahas tentang apa itu CV secara lebih terperinci. Untuk mempermudah HRD melihat profil Anda, maka diperlukan CV. 

Lewat CV Anda bisa menjelaskan data diri Anda kepada pihak HRD. Mulai dari informasi pribadi, pengalaman kerja bila ada dan juga riwayat pendidikan. Lewat daftar riwayat hidup, HRD akan mengetahui.

Potensi seseorang dan mengetahui apakah seseorang tersebut sesuai kriteria pegawai yang diperlukan perusahaan. Jadi bisa dibilang CV seseorang sangat mempengaruhi diterima atau tidaknya dia bekerja.

Maka dari itu, dalam membuat CV Anda tidak boleh sembarangan. Daripada salah dalam membuat CV, Anda bisa melihat beberapa contoh yang telah tersedia di sini sebagai referensi.

Baca juga: Tips agar CV mu di lirik HRD dengan cepat

Berikut Contoh CV Bahasa Indonesia

Bila tadi kita telah membahas apa itu Curiculum vitae secara terperinci, kini kita akan membahas contoh-contoh CV. Berikut ini beberapa contoh Curiculum vitae berbahasa Indonesia, antara lain sebagai berikut :

  1. CV desainer grafis 

Contoh CV bahasa Indonesia yang pertama ialah CV desainer grafis. Di bagian kiri atas Anda dapat memajang foto Anda. kemudian di bagian bawah foto bisa ditulis nama dan deskripsi singkat.

Nama “Mela Triani” dibawahnya ditulis “graphic designer” lalu “saya Mela Triani, lahir di Malang 3 Desember 1999, bergelut di bidang pembuatan karakter animasi.” Setelah itu di sebelah kanan.

Tulis riwayat pendidikan dan juga pengalaman kerja bila ada. Di bagian paling bawah tulis kemampuan Anda “web design, grafis design” dan kemampuan tambahan lain seperti berbahasa.

  1. CV design multimedia

Contoh CV bahasa Indonesia yang berikutnya adalah CV design multimedia. Di tengah atas Anda dapat memajang foto Anda. Lalu di bagian bawah foto bisa ditulis nama dan deskripsi singkat.

Nama “Rini Triani” dibawahnya ditulis “design multimedia” lalu “saya Rini Triani lahir di Bandung 8 Januari 1995, bergelut di bidang pembuatan karakter animasi.” Setelah itu di sebelah kanan.

Tulis riwayat pendidikan dan juga pengalaman kerja bila ada. Di bagian paling bawah tulis kemampuan Anda “design multimedia, design grafis” dan kemampuan tambahan lain seperti berbahasa.

  1. CV Marketing Associate

Contoh CV bahasa Indonesia yang selanjutnya ialah CV Marketing Associate. Di bagian tengah atas bisa ditulis nama “Rustiani Melati” lalu dibawahnya ditulis “Marketing Associate” serta alamat “Kutai, Kalimantan Timur.”

Kemudian di bawahnya tulis kontak yang dapat dihubungi “RustianiMel.fb.com” “08577766688899.” Barulah tulis deskripsi singkat tentang diri Anda “lulusan univesitas Indonesia jurusan ekonomi. Mempunyai passion di bidang marketing.”

Setelah itu tulis pengelaman kerja Anda bila ada. Lalu tulis riwayat pendidikan dan juga ketrampilan Anda, ketrampilan tambahan dan juga jangan lupa sertakan sertifikat bila ada.

  1. CV Mulitmedia

Contoh CV bahasa Indonesia yang berikutnya ialah CV Multimedia. Di bagian tengah atas bisa ditulis nama “Melani pertiwi” kemudian dibawahnya ditulis “Multimedia ” serta alamat “Bekasi, Jawa Barat.”

Lalu di bawahnya tulis kontak yang bisa dihubungi “Melanimel.fb.com” “08577766688899.” Barulah tulis deskripsi singkat tentang diri Anda “lulusan univesitas Kanjuruhan jurusan Teknologi Informasi. Mempunyai passion di bidang multimedia.”

Setelah itu tulis pengelaman kerja Anda jika ada. Kemudian tulis riwayat pendidikan dan juga ketrampilan Anda, ketrampilan tambahan dan juga jangan lupa sertakan sertifikat bila ada.

Bagi Anda yang ingin melamar kerja dan ingin membuat CV, kini Anda tidak perlu bingung. Karena sudah ada beberapa Contoh CV bahasa Indonesia yang dapat dijadikan referensi.

Keyword: Contoh CV bahasa Indonesia

Meta deskripsi: Ada beberapa contoh CV bahasa Indonesia yang dapat dijadikan referensi para pelamar kerja.

Bagikan Artikel: