cara perpanjang kartu kuning

Cara Perpanjang Kartu Kuning untuk Para Pencari Kerja

Bagi para pencari kerja di Indonesia, Kartu Kuning atau AK-1 merupakan dokumen yang sangat penting. Kartu ini tidak hanya mencatat informasi penting mengenai pendidikan dan pengalaman kerja, tetapi juga berfungsi sebagai rekomendasi dari Dinas Ketenagakerjaan.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah masa berlaku Kartu Kuning ini, yang hanya berlangsung selama 2 tahun. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas dengan detail tentang cara perpanjang Kartu Kuning untuk para pencari kerja, sehingga dapat terus mengoptimalkan kartu ini dalam mencari peluang pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi.

Apakah Kartu Kuning Yang Sudah Mati Bisa Diperpanjang?

Jawabannya adalah bisa, Kartu ini dikeluarkan oleh Dinas Ketenagakerjaan Indonesia dan berisi informasi penting tentang pendidikan, pengalaman, serta data pribadi pencari kerja. Kartu ini khusus untuk orang yang sedang mencari pekerjaan, sehingga jika Anda telah mendapatkan pekerjaan, Anda perlu mengupdate datanya dengan melapor.

Masa berlaku Kartu Kuning ini adalah 2 tahun sejak pembuatannya, dan setiap 6 bulan Anda harus melapor ke Dinas Ketenagakerjaan. Ini penting karena Dinas Ketenagakerjaan akan terus mengupdate rekomendasi perusahaan yang sesuai dengan kualifikasi Anda dan memberikan data diri Anda kepada perusahaan yang membutuhkan karyawan dengan kualifikasi yang Anda miliki. Dengan begitu, Anda bisa tetap mendapatkan manfaat dari Kartu Kuning Anda.

Baca juga: Cara daftar kartu kuning online

Persyaratan yang Harus Dipersiapkan untuk Perpanjang Kartu Kuning

Perpanjangan ini adalah langkah penting jika Anda masih ingin memanfaatkan Kartu Kuning saat mencari pekerjaan. Jika dalam dua tahun sejak pendaftaran Anda belum mendapatkan pekerjaan, maka Anda perlu memperpanjang Kartu Kuning Anda. Proses perpanjangan ini tidak dikenai biaya alias gratis. Namun, Anda perlu memenuhi beberapa persyaratan berikut:

  • Harus membawa Kartu Kuning asli saat hendak memperpanjangnya
  • Membawa Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) asli maupun fotokopinya
  • Menyiapkan ijazah terakhir, versi asli dan/atau fotokopiannya
  • Telah mempersiapkan pas foto berwarna dengan ukuran 3 x 4 tiga lembar

Dengan persyaratan yang lengkap, Anda dapat memperpanjang Kartu Kuning Anda dengan mudah dan tetap dapat memanfaatkannya dalam mencari peluang pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi Anda.

Baca juga: Cara daftar kartu kuning online

Cara Perpanjang Kartu Kuning di Disnaker Terdekat

Apabila telah menyiapkan dan memenuhi semua persyaratan memperpanjang di atas, maka silakan langsung mendatangi Dinas Ketenagakerjaan sesuai domisili terdekat. Nah, untuk langkah dalam cara perpanjang kartu kuning yang dapat Anda lakukan di antaranya adalah:

1. Penuhi Semua Persyaratan

Pastikan kembali bahwa Anda telah menyiapkan semua persyaratan di atas, agar ketika datang ke Disnaker tidak terjadi masalah, seperti gagal mendapatkan pelayanan akibat persyaratannya masih belum lengkap.



2. Mendaftar di Loket

Setelah sampai di Disnaker sesuai domisili Anda, silakan lakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan mengunjungi bagian loket agar bisa mendapatkan nomor antrian dan pelayanan dari Disnaker.

3. Cek Kelengkapan Berkas

Petugas akan mengecek kembali semua persyaratan yang Anda bawa, di mana jika masih belum sesuai dengan prosedur, maka berkas tersebut akan dikembalikan agar bisa segera dilengkapi kembali.

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

4. Mengisi Formulir

Jika petugas telah menyatakan bahwa berkas Anda sudah lengkap dan bisa dilayani, maka mereka akan memberikan sebuah formulir. Formulir pencari kerja (AK-2) tersebut silakan Anda isi, seperti biodata dan informasi penting lainnya.

5. Wawancara

Saat formulir telah selesai dilengkapi, maka setiap pencari kerja akan mengikuti sesi wawancara terlebih dahulu. Petugas akan bertanya seputar diri Anda ataupun hal berkaitan dengan rekrutmen kerja.

Seperti penjelasan sebelumnya, Disnaker juga akan mengumpulkan data para pencari kerja untuk bisa memantau progres ataupun saat nanti hendak mempersiapkan kursus atau pelatihan agar skill setiap orang bisa meningkat.

6. Penerbitan 

Setelah sesi wawancara selesai, Anda akan segera menerima keterangan itu dalam terbitan terbaru. Kartu yang telah di-update tersebut nantinya bisa dilampirkan ketika melamar kerja.



7. Meminta Tanda Tangan

Sebelum dapat menggunakan keterangan tersebut atau membawanya pulang, petugas akan mengarahkan penerima kartu untuk meminta tanda tangan kepada kepala seksi penempatan tenaga kerja, agar keabsahannya lebih terjamin.

8. Kartu Siap Digunakan Lagi

Apabila telah mendapatkan tanda tangan kepala seksi penempatan tenaga kerja tersebut, maka otomatis keterangan sudah sah untuk Anda gunakan ketika hendak melamar kerja lagi.

Semua langkah cara perpanjang kartu kuning diatas tidak memungut bayaran, sehingga waspadalah saat ada oknum meminta uang kepada Anda.

Apakah Kartu Kuning Bisa Diperpanjang Secara Online?

Bisa, proses perpanjangan Kartu Kuning kini dapat dilakukan secara online, memudahkan pemegangnya untuk memperpanjang kartu tersebut tanpa harus datang ke kantor Disnaker.

Dengan kemajuan teknologi dan digitalisasi layanan pemerintah, Anda dapat menghemat waktu dan tenaga dengan hanya menggunakan perangkat komputer atau smartphone Anda.

Cara Perpanjang Kartu Kuning Secara Online

Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara perpanjang Kartu Kuning secara online:

  1. Buka situs resmi Dinas Ketenagakerjaan di https://karirhub.kemnaker.go.id/ untuk memulai proses pendaftaran.
  2. Di laman tersebut, pilih opsi “Daftar” untuk memulai proses pendaftaran Kartu Kuning.
  3. Isi semua data yang diperlukan dengan lengkap, termasuk Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama lengkap, alamat email, nomor telepon, dan kata sandi.
  4. Selanjutnya, lengkapi semua informasi yang diminta, seperti informasi akun, data pribadi, riwayat pekerjaan, keterampilan, dan pendidikan. Penting untuk memberikan informasi yang akurat.
  5. Setelah Anda selesai mengisi semua data, pastikan untuk mencentang kotak “Pencari Kerja” untuk menyelesaikan proses pendaftaran.
  6. Jika akun pendaftaran Anda sudah berhasil dibuat, unggah foto resmi dengan ukuran 3×4 sesuai petunjuk yang diberikan.
  7. Ikuti semua petunjuk yang ada di situs dan lengkapi seluruh data yang diminta. Setelah semuanya sudah selesai, klik tombol “Save” untuk menyimpan informasi Anda.
  8. Dengan menekan tombol “Simpan,” data Anda akan secara otomatis tersimpan dalam database Dinas Ketenagakerjaan.
  9. Untuk mengambil Kartu Kuning yang sudah selesai diproses, Anda hanya perlu datang ke kantor Dinas Ketenagakerjaan setempat. Lakukan fotokopi Kartu Kuning sesuai kebutuhan dan mintalah legalisasi di kantor Dinas Ketenagakerjaan tersebut.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah memperpanjang Kartu Kuning Anda secara online, menghemat waktu dan tenaga Anda.

Berapa Lama Proses Perpanjangan Kartu Kuning?

Proses perpanjangan Kartu Kuning bisa selesai dengan sangat cepat. Umumnya, waktu yang dibutuhkan untuk proses ini adalah sekitar 5 menit.

Setelah selesai, Kartu Kuning yang telah diperbarui akan segera dapat digunakan kembali. Jadi, tidak perlu khawatir tentang waktu yang terbuang banyak ketika Anda ingin memperpanjang Kartu Kuning Anda.

Berapa Biaya Perpanjang Kartu Kuning?

Perpanjangan Kartu Kuning tidak memerlukan pembayaran biaya apa pun alias gratis. Proses perpanjangan ini adalah layanan yang disediakan oleh pihak berwenang untuk memastikan Anda tetap memiliki Kartu Kuning yang berlaku tanpa harus mengeluarkan uang tambahan.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir tentang biaya tambahan saat memperbarui Kartu Kuning Anda, sehingga Anda dapat menjalani proses ini dengan lebih mudah dan efisien.

Bagaimana Jika Kartu Kuning Rusak Atau Hilang?

Jika Kartu Kuning Anda rusak atau hilang, ada solusi yang dapat diikuti dengan mudah:

  1. Lakukan pengaduan kepada Disnaker sesuai dengan domisili Anda, dan mereka akan membantu Anda dalam proses pembuatan Kartu Kuning yang baru.
  2. Untuk membuat Kartu Kuning baru akibat kerusakan atau kehilangan, Anda akan memerlukan beberapa dokumen, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan salinannya, serta salinan ijazah dan transkrip nilai sesuai dengan jenjang pendidikan terakhir Anda.
  3. Proses pembuatan Kartu Kuning yang baru melibatkan beberapa langkah, yaitu datang ke Disnaker sesuai domisili Anda, memberitahu petugas bahwa Anda akan membuat Kartu Kuning baru karena rusak atau hilang, petugas akan mencari data Anda melalui Aplikasi Pelayanan, mencocokkan data yang ada di sistem dengan yang Anda berikan, dan kemudian menerbitkan Kartu Kuning baru jika data sesuai.
  4. Setelah mendapatkan Kartu Kuning yang baru, pastikan untuk menandatanganinya dan siapkan salinan Kartu Kuning lama sebagai arsip yang perlu diserahkan kepada Disnaker.

Perlu diingat bahwa proses pembuatan Kartu Kuning baru karena rusak atau hilang tidak dikenai biaya apa pun. Jadi, selalu waspada dan laporkan jika Anda dimintai biaya dalam proses pembuatan Kartu Kuning.

Referensi:

  • Nisa Maulan Shofa. Diakses pada 2023. Syarat Perpanjang Kartu Kuning dan Alurnya, Siapkan Hal Ini!.

Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!