Cara daftar kartu kuning online

Cara Daftar Kartu Kuning Online Hanya dari Rumah

Dalam era digital yang semakin maju, proses pendaftaran Kartu Kuning kini semakin mudah dan praktis. Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu berjam-jam untuk datang ke kantor atau lokasi pendaftaran resmi. Kini, Anda dapat mendaftar Kartu Kuning online dengan mudah, bahkan hanya dari kenyamanan rumah Anda.

Artikel ini akan membahas langkah-langkah detail tentang cara daftar Kartu Kuning secara online, memungkinkan Anda untuk menghemat waktu dan tenaga yang berharga. Dengan panduan yang tepat, Anda akan dapat memperoleh Kartu Kuning dengan cepat dan efisien tanpa harus keluar dari rumah.

Apa Itu Kartu Kuning Dan Apa Fungsinya?

Dikutip dari Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bandung, Kartu kuning yang juga dikenal sebagai Kartu AK1 adalah kartu tanda pencari kerja yang diterbitkan oleh Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker). Kartu ini memiliki beberapa fungsi penting bagi para pencari kerja yaitu:

  1. Mendata Pencari Kerja :Kartu Kuning berfungsi utama sebagai alat pendataan jumlah pencari kerja di suatu wilayah. Ini membantu pemerintah dalam mengelola dan memantau tenaga kerja di daerah tersebut.
  2. Melamar Pekerjaan di Perusahaan Swasta: Tidak hanya digunakan untuk melamar pekerjaan di instansi pemerintah, Kartu Kuning juga bisa digunakan untuk melamar pekerjaan di perusahaan swasta.
  3. Melaporkan Status Pencari Kerja: Dengan Kartu Kuning, pencari kerja dapat melaporkan status mereka kepada Dinas Tenaga Kerja jika mereka masih mencari pekerjaan. Hal ini membantu pemerintah untuk memberikan bantuan kepada mereka yang masih membutuhkan.
  4. Mempermudah Proses Lamaran: Pendaftaran sebagai pencari kerja di Disnaker memungkinkan berkas lamaran Anda dimasukkan ke dalam database. Ini memudahkan perusahaan yang sedang mencari pekerja untuk menemukan kandidat yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
  5. Mengurangi Persyaratan Berkas: Jika Anda sudah terdaftar di Disnaker, beberapa berkas seperti Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), ijazah, dan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) biasanya sudah tersimpan dalam database. Anda tidak perlu membuatnya lagi kecuali jika berkas tersebut sudah habis masa berlakunya.

Dengan Kartu Kuning, pencari kerja dapat lebih mudah mengakses peluang kerja, dan pemerintah dapat lebih efisien dalam mengelola tenaga kerja di wilayahnya.

Apa Nama Aplikasi Untuk Membuat Kartu Kuning?

Anda bisa membuat Kartu Kuning dengan mudah melalui aplikasi bernama SISNAKER yang dapat diunduh dari Google Playstore atau Anda juga bisa melakukannya melalui situs web Karirhub dengan alamat https://karirhub.kemnaker.go.id/. Dengan aplikasi ini, proses pembuatan Kartu Kuning menjadi lebih praktis dan bisa diakses langsung dari perangkat Anda.

Cara Daftar Kartu Kuning Online Dengan Mudah

Berikut cara daftar kartu kuning secara online yaitu:

  1. Pastikan Anda memahami dan memenuhi semua persyaratan yang diperlukan sebelum memulai proses pendaftaran.
  2. Buka https://karirhub.kemnaker.go.id/ untuk memulai proses pendaftaran.
  3. Setelah mengajukan permohonan, bersiaplah untuk menunggu sejenak selama proses pengolahan dan persetujuan Kartu Kuning Anda.
  4. Penting untuk terus memantau status pendaftaran Anda, karena Anda mungkin perlu memberikan informasi tambahan atau merespon permintaan dari pihak berwenang.

Cara Membuat Kartu Kuning Online Lewat Hp

Berikut cara membuat kartu kuning secara online yaitu:

  1. Buka situs resmi Dinas Ketenagakerjaan di https://karirhub.kemnaker.go.id/ untuk memulai proses pendaftaran.
  2. Di laman tersebut, pilih opsi “Daftar” untuk memulai proses pendaftaran Kartu Kuning.
  3. Isi dengan lengkap data yang diperlukan, termasuk Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama lengkap, alamat email, nomor telepon, dan kata sandi.
  4. Selanjutnya, lengkapi semua informasi yang diminta, seperti informasi akun, data pribadi, riwayat pekerjaan, keterampilan, dan pendidikan. Pastikan untuk memberikan informasi yang akurat.
  5. Setelah selesai mengisi data, pastikan Anda mencentang kotak “Pencari Kerja” untuk menyelesaikan proses pendaftaran.
  6. Jika akun pendaftaran Anda sudah berhasil dibuat, unggahlah foto resmi dengan ukuran 3×4 sesuai petunjuk yang diberikan.
  7. Ikuti semua petunjuk yang ada di situs dan lengkapi seluruh data yang diminta. Setelah semuanya sudah selesai, klik tombol “Save” untuk menyimpan informasi Anda.
  8. Dengan menekan tombol “Simpan,” data Anda akan secara otomatis tersimpan dalam database Dinas Ketenagakerjaan.
  9. Untuk mengambil Kartu Kuning yang sudah selesai diproses, Anda hanya perlu datang ke kantor Dinas Ketenagakerjaan setempat. Lakukan fotokopi Kartu Kuning sesuai kebutuhan dan mintalah legalisasi di kantor Dinas Ketenagakerjaan tersebut.

Baca juga: Persyaratan membuat kartu kuning



Proses Verifikasi Kartu Kuning Online Dilakukan Berapa Lama?

Setelah Anda berhasil mendaftar kartu kuning secara online, maka data tersebut akan masuk ke database Disnaker. Setelah itu, proses verifikasi akan dilakukan oleh lembaga terkait maksimal dalam kurun waktu 2 x 24 jam dan siap diambil hasil cetakannya.

Apakah Pendaftaran Online Bisa Dilakukan Di Hari Sabtu Atau Minggu?

Bisa, tetapi prosesnya tetap akan dilakukan di hari kerja (Senin – Jumat) dari pukul 07.30 sampai dengan 16.00 WIB. Silakan ikuti cara daftar kartu kuning online di atas melalui website resmi Dinas Ketenagakerjaan setempat. Oleh karena itu, penting untuk mengatur jadwal Anda sesuai dengan waktu operasional yang berlaku agar Anda dapat melengkapi proses pendaftaran tanpa kendala.

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

Apakah Boleh Mencetak Kartu Kuning Sendiri?

Iya, Anda diperbolehkan mencetak Kartu Kuning sendiri setelah berhasil mendaftar. Prosesnya sangat cepat dan sederhana. Setelah Anda selesai mendaftar dan mendapatkan Kartu Kuning dalam bentuk PDF, Anda memiliki kemampuan untuk mencetaknya sendiri tanpa harus menunggu atau datang ke kantor Disnaker.

Berapa Lama Masa Berlaku Dokumen Ak-1 Untuk Digunakan?

Kartu kuning untuk mencari kerja hanya berlaku selama 2 tahun saja. Artinya, Jika Anda dalam 2 tahun sejak penerbitan dokumen tersebut belum mendapatkan pekerjaan, maka harus membuat dokumen baru lagi.

Referensi:

  • Kumparan. Diakses pada 2023. Cara Membuat Kartu Kuning Online lewat Handphone.

Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!