cara menolak tawaran kerja lewat WA

Cara Menolak Tawaran Kerja Lewat WA

Cara menolak tawaran kerja lewat WA adalah hal yang perlu untuk diketahui oleh banyak orang, karena itu penting dalam menjalin relasi pekerjaan.

Dalam hal mencari pekerjaan, ada banyak langkah yang terlibat dalam prosesnya. Mulai dari membuat resume yang sempurna hingga melakukan wawancara, perjalanan untuk mendapatkan tawaran pekerjaan bisa jadi panjang dan menantang. 

Cara Menolak Tawaran Kerja Lewat WA

Begitu Anda menerima tawaran pekerjaan, mudah untuk menganggap bahwa kerja keras telah berakhir. 

Meskipun ini adalah momen yang menyenangkan, penting untuk diingat bahwa terkadang Anda perlu menolak tawaran pekerjaan. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menolak tawaran pekerjaan melalui WhatsApp.

  1. Bersikaplah Ramah dan Sopan

Cara menolak tawaran kerja lewat WA yang pertama adalah, penting untuk memulai dengan nada yang ramah dan sopan. Berterima kasihlah kepada manajer perekrutan atau perekrut atas waktu mereka, kesempatan untuk wawancara, dan tawaran itu sendiri. 

Meskipun Anda telah memutuskan bahwa pekerjaan tersebut tidak cocok untuk Anda, penting untuk mengakui usaha yang telah dilakukan dalam proses perekrutan.

  1. Jelaskan Keputusan Anda

Cara menolak tawaran kerja lewat WA yang kedua adalah menjelaskan mengapa Anda memutuskan untuk menolak tawaran pekerjaan tersebut. Jika Anda menerima tawaran yang lebih baik di tempat lain, tidak masalah untuk menyebutkannya. 

Atau, jika Anda telah memutuskan bahwa posisi tersebut tidak cocok untuk Anda atau Anda telah berubah pikiran tentang tujuan karier Anda, penting untuk mengkomunikasikannya dengan sopan. 

Dengan memberikan penjelasan, Anda bisa membantu manajer perekrutan atau perekrut memahami keputusan Anda dan berpotensi mendapatkan umpan balik yang berharga yang bisa membantu Anda dalam pencarian kerja di masa depan.

  1. Jaga agar tetap singkat dan manis

Cara menolak tawaran kerja lewat WA yang berikutnya adalah menjaga agar pesan tetap singkat dan manis. Anda tidak perlu menjelaskan secara detail, namun penting untuk menyampaikan keputusan dan alasan Anda secara jelas dan ringkas. 

Sebaiknya hindari bersikap terlalu emosional atau meminta maaf dalam pesan Anda. Sebaliknya, tetaplah bersikap profesional dan fokus pada tugas yang ada.

Baca juga: Besaran gaji kasir indomaret

  1. Ucapkan Terima Kasih

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penting untuk mengungkapkan rasa terima kasih saat menolak tawaran pekerjaan melalui WhatsApp. Berterima kasihlah kepada manajer perekrutan atau perekrut atas waktu dan upaya yang mereka curahkan dalam proses perekrutan. 

Anda juga bisa mengungkapkan apresiasi atas kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang perusahaan dan posisi tersebut. 

Dengan mengungkapkan rasa terima kasih, Anda bisa membantu meninggalkan kesan positif dan menjaga hubungan baik dengan perusahaan jika Anda memutuskan untuk melamar lagi di masa depan.

  1. Tawarkan untuk Tetap Berhubungan

Cara menolak tawaran kerja lewat WA selanjutnya adalah menawarkan untuk tetap berhubungan dengan manajer perekrutan. Beri tahu mereka bahwa Anda menghargai waktu mereka dan Anda ingin tetap berhubungan jika ada kesempatan di masa depan. 

Hal ini dapat membantu menjaga pintu tetap terbuka untuk kesempatan kerja potensial di masa depan dan menjaga hubungan positif dengan perusahaan.

  1. Pertimbangkan Waktu

Ketika harus menolak tawaran pekerjaan melalui WhatsApp, penting untuk mempertimbangkan waktu pengiriman pesan Anda. Cobalah untuk mengirimkan pesan sesegera mungkin agar manajer perekrutan atau perekrut dapat beralih ke kandidat lain. 

Penting juga untuk mempertimbangkan waktu saat mengirim pesan Anda. Hindari mengirim pesan larut malam atau di akhir pekan, karena bisa dianggap tidak profesional dan tidak sopan.

  1. Hindari Kehilangan Kontak

Meskipun penting untuk menolak tawaran pekerjaan jika itu tidak cocok untuk Anda, namun penting juga untuk menghindari hubungan yang tidak baik dengan perusahaan. 

Ingatlah bahwa manajer perekrutan atau perekrut adalah seorang profesional yang telah menginvestasikan waktu dan sumber daya dalam proses perekrutan. Oleh karena itu, penting untuk menangani situasi ini dengan rasa hormat dan profesional.

  1. Menindaklanjuti dengan Email

Cara menolak tawaran kerja lewat WA lainnya adalah menindaklanjuti dengan email. Hal ini dapat membantu mengonfirmasi keputusan Anda dan memastikan bahwa semua pihak memiliki pemahaman yang sama. 

Dalam email, Anda bisa mengulangi apresiasi Anda atas kesempatan yang diberikan dan menyatakan ketertarikan Anda untuk tetap berhubungan.

Kesimpulannya, menolak tawaran pekerjaan melalui WhatsApp dapat menjadi tugas yang menantang, namun dengan pendekatan yang tepat, hal ini dapat dilakukan dengan anggun dan penuh rasa hormat. 

Dengan mengikuti cara menolak tawaran kerja lewat WA ini, Anda dapat membantu meninggalkan kesan positif dan menjaga hubungan yang baik dengan perusahaan untuk peluang potensial di masa depan.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!