Cara membuat surat izin orang tua untuk bekerja

Cara Membuat Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja Bagi Pelamar Kerja Dan Contohnya

Membuat surat izin orang tua untuk bekerja bagi siapapun akan melamar pekerjaan penting untuk diketahui. Bentuknya juga bisa secara fisik memakai tulisan tangan atau juga bisa memakai alat digital dengan mesin ketik di laptop. Menurut Adobe, surat izin orang tua merupakan dokumen yang meminta izin orang tua untuk bekerja yang digunakan untuk melamar pekerjaan. Berikut ini cara membuat dan contoh surat izin orang tua untuk bekerja, yuk simak!!!

Cara Membuat Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja

1. Siapkan Kertas dan Alat Tulis

Siapkan selembar kertas kosong atau secarik kertas surat resmi. Pastikan Anda memiliki pena atau alat tulis lainnya yang bisa digunakan.

2. Judul Surat

Di bagian atas surat, tuliskan judul yang jelas: “Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja.”

3. Identifikasi Orang Tua/Wali

Tuliskan nama lengkap dan alamat lengkap orang tua atau wali yang memberikan izin. Sertakan nomor telepon dan alamat email jika perlu.



4. Tanggal Surat

Tuliskan tanggal saat surat ini ditulis di pojok kanan atas.

5. Alamat Tujuan

Tuliskan nama dan alamat lengkap perusahaan atau organisasi tempat anak Anda akan bekerja.

6. Isi Surat Izin

Jelaskan dengan jelas mengapa Anda memberikan izin kepada anak Anda untuk bekerja. Anda bisa menyebutkan alasan-alasan seperti pengalaman, pembelajaran, atau tanggung jawab yang ingin diberikan kepada anak. Pastikan untuk menyebutkan nama anak Anda, pekerjaan yang akan dijalani, dan tanggal mulai bekerja .

7. Tanda Tangan dan Nama Orang Tua/Wali

Di bawah teks surat, minta orang tua atau wali untuk menandatangani surat dengan tinta. Sertakan nama lengkap mereka di bawah tanda tangan.

8. Penutup Surat

Tambahkan salam penutup seperti “Hormat saya” atau “Terima kasih atas perhatian Anda.” Tuliskan nama lengkap Anda di bawah salam penutup

Baca juga: Contoh Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja Berdasarkan Jenisnya



Contoh Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja

1. Contoh Surat Izin Orang Tua Untuk Bekerja di Bank

[Alamat Orang Tua]
[Kota, Kode Pos]
[Tanggal]

[Alamat Kantor Bank]
[Nama Bank]
[Kota, Kode Pos]

Kepada [Nama Pimpinan Bank atau HRD],

Saya, [Nama Orang Tua], dengan alamat [Alamat Orang Tua], selaku orang tua dari [Nama Anak] yang merupakan warga negara Indonesia, memberikan izin kepada anak saya untuk bekerja di [Nama Bank] sebagai [Jabatan] di [Nama Cabang Bank], yang terletak di [Alamat Cabang Bank].

Saya memberikan izin ini dengan sepenuh hati dan dukungan penuh untuk langkah karir anak saya di [Nama Bank]. Saya yakin bahwa pengalaman ini akan memberikan nilai tambah pada perkembangan pribadi dan profesionalnya.

Saya telah menjelaskan kepada anak saya mengenai tanggung jawab yang akan diemban, etika kerja yang baik, serta pentingnya menjaga profesionalisme dalam bekerja di lingkungan perbankan.

Kami juga akan memastikan bahwa anak saya mematuhi semua peraturan dan regulasi yang berlaku di [Nama Bank] serta menjalani proses rekrutmen dan pelatihan yang dibutuhkan.

Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan ini dan berharap anak saya dapat memberikan kontribusi yang berharga bagi [Nama Bank].

Sekali lagi, dengan ini saya memberikan izin kepada anak saya untuk bekerja di [Nama Bank] dan siap memberikan dukungan penuh selama masa pekerjaannya.

Terima kasih atas perhatian Anda.

Hormat saya,

[Tanda Tangan Orang Tua]
[Nama Lengkap Orang Tua]

2. Contoh Surat Izin Orang Tua Untuk Bekerja di Pabrik

[Alamat Orang Tua]
[Kota, Kode Pos]
[Tanggal]

[Alamat Pabrik]
[Nama Pabrik]
[Kota, Kode Pos]

Kepada Pimpinan [Nama Pabrik] atau HRD,

Saya, [Nama Orang Tua], dengan alamat [Alamat Orang Tua], selaku orang tua dari [Nama Anak], memberikan izin kepada anak saya untuk bekerja di [Nama Pabrik] sebagai [Jabatan] di lokasi pabrik yang terletak di [Alamat Pabrik].

Saya memberikan izin ini dengan sepenuh hati dan mendukung penuh langkah karir anak saya di [Nama Pabrik]. Saya yakin bahwa pengalaman ini akan memberikan nilai tambah pada perkembangan pribadi dan profesionalnya.

Saya telah menjelaskan kepada anak saya mengenai tanggung jawab yang akan diemban, etika kerja yang baik, serta pentingnya menjaga profesionalisme dalam bekerja di lingkungan pabrik.

Kami juga akan memastikan bahwa anak saya mematuhi semua peraturan dan regulasi yang berlaku di [Nama Pabrik] serta menjalani pelatihan yang dibutuhkan.

Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan ini dan berharap anak saya dapat memberikan kontribusi yang berharga bagi [Nama Pabrik].

Sekali lagi, dengan ini saya memberikan izin kepada anak saya untuk bekerja di [Nama Pabrik] dan siap memberikan dukungan penuh selama masa pekerjaannya.

Terima kasih atas perhatian Anda.

Hormat saya,

[Tanda Tangan Orang Tua]
[Nama Lengkap Orang Tua]

3. Contoh Surat Izin Orang Tua Untuk Bekerja di Luar Negeri

[Alamat Orang Tua]
[Kota, Kode Pos]
[Tanggal]

[Alamat Kedutaan Besar Negara Tujuan]
[Kota, Kode Pos]

Kepada Kedutaan Besar Negara [Negara Tujuan],

Saya, [Nama Orang Tua], dengan alamat [Alamat Orang Tua], selaku orang tua dari [Nama Anak], yang merupakan warga negara Indonesia, memberikan izin kepada anak saya untuk bekerja di [Negara Tujuan] sebagai [Jabatan atau Deskripsi Pekerjaan].

Saya memberikan izin ini dengan sepenuh hati dan mendukung penuh langkah karir anak saya di luar negeri. Kami telah memahami risiko dan tantangan yang mungkin dihadapi oleh anak saya selama pekerjaannya di [Negara Tujuan], dan kami siap memberikan dukungan penuh selama masa pekerjaannya.

Kami juga akan memastikan bahwa anak kami mematuhi semua peraturan dan regulasi yang berlaku di [Negara Tujuan], serta menjalani prosedur imigrasi dan administrasi yang diperlukan. Kami akan mengawasi pemenuhan semua persyaratan hukum yang berlaku di [Negara Tujuan].

Saya ingin mengucapkan terima kasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan oleh Kedutaan Besar Negara [Negara Tujuan] dalam hal ini. Kami sangat menghargai upaya Anda untuk memberikan perlindungan kepada warga negara kami yang bekerja di [Negara Tujuan].

Sekali lagi, dengan ini saya memberikan izin kepada anak saya untuk bekerja di [Negara Tujuan] dan siap memberikan dukungan penuh selama masa pekerjaannya. Saya memohon kepada Kedutaan Besar Negara [Negara Tujuan] untuk memberikan bantuan dan perlindungan kepada anak saya jika diperlukan selama tinggalnya di luar negeri.

Terima kasih atas perhatian Anda dan kerja sama yang baik.

Hormat saya,

[Tanda Tangan Orang Tua]
[Nama Lengkap Orang Tua]

4. Contoh Surat Izin Orang Tua Untuk Bekerja di PEMDA

[Alamat Orang Tua]
[Kota, Kode Pos]
[Tanggal]

[Yth. Kepala Dinas/Bagian SDM/Pengelola Kepegawaian]
[Pemerintah Daerah (PEMDA) Tujuan]
[Alamat PEMDA]
[Kota, Kode Pos]

Dengan hormat,

Saya, [Nama Orang Tua], dengan alamat [Alamat Orang Tua], selaku orang tua dari [Nama Anak], yang merupakan warga negara Indonesia, memberikan izin kepada anak saya untuk bekerja di lingkungan Pemerintah Daerah (PEMDA) sebagai [Jabatan atau Deskripsi Pekerjaan] di [Nama Unit atau Departemen di PEMDA] di [Kota].

Saya memberikan izin ini dengan sepenuh hati dan mendukung penuh langkah karir anak saya dalam berkontribusi bagi Pemerintah Daerah [Nama Kota]. Kami memahami tanggung jawab yang mungkin diemban oleh anak kami dan siap memberikan dukungan selama masa pekerjaannya.

Kami juga akan memastikan bahwa anak kami mematuhi semua peraturan dan regulasi yang berlaku di lingkungan Pemerintah Daerah [Nama Kota], serta menjalani prosedur administrasi dan kepegawaian yang diperlukan sesuai dengan kebijakan dan standar yang berlaku di PEMDA.

Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan ini dan berharap anak saya dapat memberikan kontribusi yang berharga bagi Pemerintah Daerah [Nama Kota] serta masyarakat yang dilayani oleh Pemerintah Daerah ini.

Sekali lagi, dengan ini saya memberikan izin kepada anak saya untuk bekerja di lingkungan Pemerintah Daerah [Nama Kota] dan siap memberikan dukungan penuh selama masa pekerjaannya. Saya memohon kepada Pemerintah Daerah [Nama Kota] untuk memberikan bimbingan dan pengawasan yang diperlukan kepada anak saya selama bertugas di lingkungan PEMDA.

Terima kasih atas perhatian Anda dan kerja sama yang baik.

Hormat saya,

[Tanda Tangan Orang Tua]
[Nama Lengkap Orang Tua]

5. Contoh Surat Izin Orang Tua Untuk Bekerja di Alfamart

[Alamat Orang Tua]
[Kota, Kode Pos]
[Tanggal]

[Pimpinan Cabang Alfamart]
[Alamat Cabang Alfamart]
[Kota, Kode Pos]

Kepada Pimpinan Cabang Alfamart,

Saya, [Nama Orang Tua], dengan alamat [Alamat Orang Tua], selaku orang tua dari [Nama Anak], memberikan izin kepada anak saya untuk bekerja di Alfamart sebagai [Jabatan atau Deskripsi Pekerjaan] di cabang Alfamart yang terletak di [Alamat Cabang Alfamart].

Saya memberikan izin ini dengan sepenuh hati dan mendukung penuh langkah karir anak saya di Alfamart. Kami memahami tanggung jawab yang mungkin diemban oleh anak kami dan siap memberikan dukungan selama masa pekerjaannya.

Kami juga akan memastikan bahwa anak kami mematuhi semua peraturan dan regulasi yang berlaku di Alfamart serta menjalani pelatihan yang dibutuhkan.

Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan ini dan berharap anak saya dapat memberikan kontribusi yang berharga bagi Alfamart serta masyarakat yang berbelanja di Alfamart cabang ini.

Sekali lagi, dengan ini saya memberikan izin kepada anak saya untuk bekerja di Alfamart dan siap memberikan dukungan penuh selama masa pekerjaannya.

Terima kasih atas perhatian Anda dan kerja sama yang baik.

Hormat saya,

[Tanda Tangan Orang Tua]
[Nama Lengkap Orang Tua]

6. Contoh Surat Izin Orang Tua Untuk Bekerja di Indomaret

[Alamat Orang Tua]
[Kota, Kode Pos]
[Tanggal]

[Pimpinan Cabang Indomaret]
[Alamat Cabang Indomaret]
[Kota, Kode Pos]

Kepada Pimpinan Cabang Indomaret,

Saya, [Nama Orang Tua], dengan alamat [Alamat Orang Tua], selaku orang tua dari [Nama Anak], memberikan izin kepada anak saya untuk bekerja di Indomaret sebagai [Jabatan atau Deskripsi Pekerjaan] di cabang Indomaret yang terletak di [Alamat Cabang Indomaret].

Saya memberikan izin ini dengan sepenuh hati dan mendukung penuh langkah karir anak saya di Indomaret. Kami memahami tanggung jawab yang mungkin diemban oleh anak kami dan siap memberikan dukungan selama masa pekerjaannya.

Kami juga akan memastikan bahwa anak kami mematuhi semua peraturan dan regulasi yang berlaku di Indomaret serta menjalani pelatihan yang dibutuhkan.

Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan ini dan berharap anak saya dapat memberikan kontribusi yang berharga bagi Indomaret serta masyarakat yang berbelanja di Indomaret cabang ini.

Sekali lagi, dengan ini saya memberikan izin kepada anak saya untuk bekerja di Indomaret dan siap memberikan dukungan penuh selama masa pekerjaannya.

Terima kasih atas perhatian Anda dan kerja sama yang baik.

Hormat saya,

[Tanda Tangan Orang Tua]
[Nama Lengkap Orang Tua]

7. Contoh Surat Izin Orang Tua Untuk Bekerja di Leasing

[Alamat Orang Tua]
[Kota, Kode Pos]
[Tanggal]

[Pimpinan Perusahaan Leasing]
[Alamat Perusahaan Leasing]
[Kota, Kode Pos]

Kepada Pimpinan Perusahaan Leasing,

Saya, [Nama Orang Tua], dengan alamat [Alamat Orang Tua], selaku orang tua dari [Nama Anak], memberikan izin kepada anak saya untuk bekerja di perusahaan Anda, [Nama Perusahaan Leasing], sebagai [Jabatan atau Deskripsi Pekerjaan].

Saya memberikan izin ini dengan sepenuh hati dan mendukung penuh langkah karir anak saya di perusahaan leasing Anda. Kami memahami tanggung jawab yang mungkin diemban oleh anak kami dan siap memberikan dukungan selama masa pekerjaannya.

Kami juga akan memastikan bahwa anak kami mematuhi semua peraturan dan regulasi yang berlaku di perusahaan Anda serta menjalani pelatihan yang dibutuhkan.

Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan ini dan berharap anak saya dapat memberikan kontribusi yang berharga bagi [Nama Perusahaan Leasing] serta pelanggan yang berinteraksi dengan perusahaan Anda.

Sekali lagi, dengan ini saya memberikan izin kepada anak saya untuk bekerja di perusahaan leasing Anda dan siap memberikan dukungan penuh selama masa pekerjaannya.

Terima kasih atas perhatian Anda dan kerja sama yang baik.

Hormat saya,

[Tanda Tangan Orang Tua]
[Nama Lengkap Orang Tua]


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!