cara membuat CV tulis tangan lulusan SMK

Cara Membuat CV Tulis Tangan Lulusan SMK untuk Lamaran Kerja

Panduan dalam cara membuat CV tulis tangan lulusan SMK menjadi ilmu penting dimiliki. Apalagi jika segera menjadi lulusan dalam Sekolah Menengah Kejuruan. Terlebih sering kali ingin segera melamar pada berbagai lowongan.

Pastinya setiap murid SMK pada dasarnya sudah punya ilmu maupun keterampilan. Artinya dapat segera melamar maupun diterima sebagai karyawan perusahaan. Tentu hanya perlu segera berusaha dengan cara mengirimkan surat lamaran.

Tapi sayangnya tidak semua orang paham bagaimana membuat Curriculum Vitae. Tidak heran jika kalau masih bingung harus belajar lebih baik. Termasuk untuk menantikan ketentuan dan bagaimana langkah untuk tahapan menuliskannya.

Cara Membuat CV Tulis Tangan Lulusan SMK Terbaru yang Benar

Selain mencetak menggunakan printer, sebenarnya pelamar dapat memakai tulisan dari tangan langsung. Pastinya harus tetap mengikuti ketentuan yang benar. Tujuannya supaya dapat dijadikan dokumen tepat untuk mengikuti lamaran kerja.

Apabila Anda ingin melamar sebagai pekerja magang dan tetap harus mengirimkan CV. Walau bisa mengirim berupa dokumen cetakan komputer, dapat memilih untuk menuliskan tangan. Pastikan mengikuti panduan dan tutorial penulisannya.

1. Mengisi Biodata Diri

Langkah pertama menuliskan curriculum vitae dengan tangan adalah mengisi biodata diri. Pastinya diwajibkan membuat isi konten singkat, jelas dan padat. Data diri ini sendiri harus umum dan sifatnya bukan private.

Pada cara membuat CV tulis tangan lulusan SMK untuk pengisian data diri, tambahkan juga foto. Tentunya harus ditambahkan yang bersih sekaligus rapi. Lalu dibuat formal sehingga memberikan kesan seperti profesional.

Selain itu disarankan agar menambahkan informasi alamat email beserta nomor telepon. Terutama supaya dapat dijadikan sebagai kontak yang dihubungi oleh rekruiter. Pastikan agar aktif sehingga bisa dipakai memperoleh informasi.

2. Menuliskan Deskripsi Diri

Menuliskan deskripsi diri dijadikan sebagai cara membuat CV tulis tangan lulusan SMK penting. Apalagi berisi cerita singkat dan bukti kelebihan Anda. Tujuannya supaya dapat menemukan kesan positif untuk ditunjukkan pelamar.

Di sini Anda harus menuliskan tujuan bergabung sekaligus posisi yang diinginkan. Pastinya harus masih berkaitan erat dengan posisi yang sedang dilamar. Tentunya agar dapat dipastikan meraih peluang lolos seleksi.

3. Membuat Riwayat Pendidikan

Cara membuat CV tulis tangan lulusan SMK selanjutnya yakni menambah riwayat pendidikan. Apabila fresh graduate Sekolah Menengah Kejuruan, dapat menambah dua pendidikan terakhir. Tujuannya supaya singkat dan menghemat waktu.

Untuk beberapa pendidikan non formal seperti pelatihan bahasa dan skill juga dapat ditambahkan. Pastinya berpeluang untuk diterima lebih besar karena lengkap riwayatnya. Riwayat pendidikan perlu ditulis sesuai dengan formatnya.



4. Menambahkan Pengalaman Kerja atau Organisasi

Mencoba menambahkan pengalaman kerja atau organisasi termasuk sebagai langkah penting. Biasanya kalau sudah bekerja dapat menambahkan pengalaman perusahaan sebelumnya. Termasuk posisi sampai waktu menjabat di dalamnya.

Tapi jika cara membuat CV tulis tangan lulusan SMK dilakukan pada fresh graduate tidak berbeda. Umumnya dapat menambahkan pengalaman magang, organisasi sampai klub. Ada baiknya relevan atau sesuai pada lowongan.

Selain itu direkomendasikan untuk memberi bukti pencapaian serta prestasi yang dimiliki. Mungkin dapat membuat peringkat, perbandingan dan sejenisnya. Tujuannya supaya semakin menonjol dan diunggulkan sebagai penerima posisi.

Baca juga: 10 Contoh Deskripsi Diri Lulusan SMK Lengkap Beserta Penjelasan

6. Menambahkan Kemampuan atau Skill

Kewajiban menambahkan kemampuan atau skill dalam cara membuat CV tulis tangan lulusan SMK termasuk penting. Biasanya dapat dibedakan menjadi tiga bagian berbeda. Setidaknya menambahkan soft skills, hard skill sampai bahasa.

Setiap kemampuan tersebut begitu penting untuk menambah peluang diterima. Apalagi sering dipakai sebagai tolak ukur kemampuan Anda sebagai pelamar. Tentu boleh menambahkan grafik menarik sehingga lebih mudah dilihat rekruiter.

6. Tips Penting Menuliskan CV

Saat menuliskan curriculum vitae, jangan lupa untuk mengikuti tips penting membuatnya. Misalnya harus mampu menonjolkan sisi terbaik dari diri Anda sendiri. Ditambah wajib mengirimkan CV yang sama untuk setiap lamarannya.

Cara membuat CV tulis tangan lulusan SMK penting lainnya yakni menambahkan kata kunci. Termasuk jangan sampai malu untuk memamerkan kelebihan Anda. Pastinya terdapat keinginan agar mendapatkan peluang lolos tahapan lanjutan.

Bagi Anda yang belum berpengalaman, pastikan untuk mengikuti setiap contoh yang benar. Terutama untuk mengikuti setiap cara atau ketentuan yang berlaku. Termasuk supaya dapat membuat surat lamaran berkualitas agar diterima.

Tidak ketinggalan ada baiknya untuk membuat sebaik mungkin dengan selalu memperhatikan detail. Begitu juga dengan ketentuan lain menyesuaikan pada perusahaan target. Tujuannya agar cepat lolos atau diterima sebagai karyawan.

Umumnya dapat mengikuti beberapa Curriculum Vitae menarik dalam bentuk template. Pastinya bisa membantu membuat lamaran dan meloloskan tahapan lanjutan. Cara membuat CV tulis tangan lulusan SMK juga lebih maksimal.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.