10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Cara membuat CV tanpa pengalaman kerja

Cara Membuat CV Tanpa Pengalaman Kerja Termudah

Cara membuat CV tanpa pengalaman kerja terkadang membingungkan. Itu karena, tidak adanya pengalaman kerja membuat CV yang dibuat terasa kurang. Perlu diketahui, perasaan kurang tersebut sebenarnya wajar.

Itu karena, pengalaman kerja adalah hal yang sangat vital ketika membuat CV. Tanpa adanya pengalaman kerja, seorang pelamar pasti memiliki nilai minus di mata recruiter. Tetapi ingat, tidak adanya lamaran kerja bukan berarti Anda tidak bisa membuat CV.

Sebenarnya pengalaman kerja hanya satu nilai tambah dalam CV. Sedangkan dalam membuat CV, ada banyak nilai tambah yang bisa diperhatikan. Oleh karena itu, tidak adanya pengalaman kerja ini membuat Anda bisa memaksimalkan aspek lain.

Perlu diketahui, cara buat CV tanpa pengalaman kerja ini sebenarnya sangat vital. itu karena, kebanyakan orang hanya memerhatikan pengalaman kerja saat membuat CV. Padahal masih banyak hal lain yang bisa dimaksimalkan dalam proses membuatnya.

Cara Membuat CV Tanpa Pengalaman Kerja

Jika Anda belum mengetahui cara yang bisa dilakukan saat membuat CV tanpa pengalaman kerja, ini adalah tempat yang tepat. Kali ini akan diuraikan beberapa cara yang bisa dipraktekkan. Oleh karena itu, langsung saja berikut beberapa caranya.

1. Deskripsikan Diri

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam cara membuat CV tanpa pengalaman kerja adalah deskripsi diri. Pembuatannya bisa dilakukan dengan menambahkan kolom khusus pada CV di mana Anda bisa menuliskan deskripsi diri di sana.

Tidak ada patokan khusus dalam pembuatan deskripsi diri. Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu ditambahkan pada deskripsi diri mulai dari pengenalan diri, pendidikan terakhir, karakter, keahlian, dan kelebihan.

Perlu diketahui, penambahan deskripsi diri bisa menjadi nilai plus karena ada banyak orang yang tidak menambahkan deskripsi saat membuat CV.

2. Riwayat Pendidikan

Hal selanjutnya yang tidak kalah penting saat membuat deskripsi diri berhubungan dengan riwayat pendidikan. Intinya Anda perlu memastikan kalau riwayat pendidikan pada CV dibuat dengan detail. Riwayat pendidikan yang dimasukkan sendiri tidak harus formal.

Jika Anda memiliki riwayat pendidikan non formal yang dimiliki, tambahkan saja dalam CV. Terlebih lagi jika pendidikan non formal tersebut mendukung pekerjaan yang dilamar. Ini bisa menjadi nilai tambah yang hampir setara dengan pengalaman kerja.

3. Pengalaman

Hal selanjutnya yang tidak kalah penting saat membuat cara membuat cv tanpa pengalaman kerja adalah pengalaman non kerja. Perlu diketahui, pengalaman yang membantu dalam CV bukan hanya pengalaman kerja.

Masih ada pengalaman non kerja yang bisa ditambahkan mulai dari organisasi, kompetisi, event, dan masih banyak lagi. Tetapi ingat, Anda tidak boleh asal menambahkan pengalaman non kerja, pastikan pengalaman non kerja yang ditambahkan berhubungan dengan posisi yang dilamar.

4. Portofolio

Cara membuat cv tanpa pengalaman kerja berikutnya adalah dengan menambahkan portofolio. Tentu portofolio ini bisa menjadi bukti kalau Anda tetap bisa menyelesaikan pekerjaan walaupun belum pernah bekerja di bidang tersebut.

Oleh karena itu, portofolio ini perlu disesuaikan dengan posisi yang dilamar. Penambahan portofolio sendiri tidak perlu dilampirkan dalam CV. Cukup cantumkan link atau QR code dari portofolio tersebut. Dari sana recruiter bisa mengecek portofolionya secara online.

5. Jujur

Menarik perhatikan recruiter bukan berarti Anda boleh menambahkan informasi secara asal. Perlu diketahui, jangan sampai melakukan kesalahan dengan menambahkan informasi bohong. Anda perlu sadar kalau pengiriman CV hanya langkah awal.

Nantinya Anda akan melewati tahap interview di mana setiap informasi dalam CV akan ditanya. Jika sampai menambahkan informasi bohong, Anda pasti harus kembali berbohong saat interview. Nantinya ini bisa menjadi kebiasaan yang buruk.

6. Desain

Hal terakhir yang sangat penting dalam cara membuat cv tanpa pengalaman kerja berhubungan dengan desain. Di sini Anda perlu memastikan kalau desain CV yang dibuat memang menarik. Desain CV menarik tidak perlu dibuat dari nol.

Anda bisa menggunakan template CV yang banyak tersedia di luar sana. Cara ini sendiri sangat efektif karena bisa memangkas waktu pembuatan CV. Nantinya Anda hanya perlu melakukan penyesuaian di beberapa tempat.

Inti dari pembuatan CV adalah memerhatikan kebutuhan recruiter. Oleh karena itu, tempatkan sudut pandang Anda sebagai seorang recruiter. Jika diperhatikan, cara membuat cv tanpa pengalaman kerja di atas memiliki sudut pandang itu.

Bagikan Artikel: