cara membuat CV Customer Service

Cara Membuat CV Customer Service yang Baik dan Benar

Beberapa waktu belakangan ini ada banyak orang yang mencari cara membuat CV Customer Service di dunia maya. Peluang karir untuk posisi satu ini memang cukup luas. Terlebih lagi jenjang karir untuk bagian front desk juga cukup menjanjikan.

Di dalam sebuah perusahaan, posisi customer service memegang peranan yang sangat penting. Mereka yang menjabat posisi tersebut memiliki tanggung jawab untuk memaksimalkan kepuasan konsumen. Ini merupakan poin yang sangat krusial bagi sebuah perusahaan.

Tingkat kepuasan konsumen merupakan salah satu tolak ukur kesuksesan perusahaan. Semakin tinggi tingkat kepuasannya, maka akan semakin besar juga peluang perusahaan tersebut untuk terus berdiri menghadapi persaingan. Karenanya perusahaan selalu menginginkan kandidat terbaik untuk mengisi posisi customer service ini.

Berikut Ini Cara Membuat CV Customer Service Mudah

Ada banyak hal penting yang harus Anda pertimbangkan ketika hendak membuat CV untuk posisi customer service. Dengan CV yang baik dan benar, perusahaan bisa menilai kapasitas dan potensi Anda secara maksimal.

Sudah pasti hal ini akan meningkatkan peluang untuk diterima kerja pada perusahaan yang dilamar. Sebaliknya jika Anda membuat CV dengan asal, peluang diterima juga semakin kecil. Hal ini dikarenakan persaingan untuk mengisi posisi Customer Service ini sangatlah ketat.

Sejauh ini kami sudah merangkum cara membuat CV paling efektif bagi siapapun yang berminat untuk mengisi posisi Customer Service. Apa cara membuat CV Customer Service? Simak ulasan selengkapnya pada poin-poin berikut ini.

1. Pilih Template CV yang Menarik

Cara membuat CV Customer Service yang pertama adalah memastikan kalau template yang Anda gunakan sudah benar-benar menarik. Ada banyak sekali template lamaran kerja yang bisa Anda pilih saat ini. Namun pastikan untuk memilih konsep template yang sesuai dengan pekerjaan.

Misalnya jika Anda memilih template yang didesain dengan warna terang atau soft, mungkin lebih pas untuk pekerjaan seperti customer service yang merepresentasikan perusahaan dan menjaga kepuasan konsumen terhadap layanan atau produk di dalamnya.

Baca juga: Apa Itu Frontliner? Tugas Hingga Gajinya

2. Jelaskan Diri Anda Secara Detail

Tidak sembarangan membuat CV, Anda juga harus memastikan kalau CV yang dibuat berisikan data Anda secara detail. Jangan hanya membuat CV secara asal-asalan. Customer Service merupakan posisi yang sangat krusial pada frontdesk perusahaan. 

Jadi hanya mereka yang memiliki kompetensi saja bisa mengisinya. Jika Anda merasa memiliki kapasitas untuk menjadi seorang customer service. Perlihatkan hal tersebut pada resume dan CV agar perusahaan bisa melihat kelebihan Anda. 

3. Apa Saja Kelebihan yang Anda Miliki?

Ketika membuat CV, pastikan kalau semua keunggulan atau kelebihan Anda dimasukkan ke dalam CV. Inilah cara membuat CV Customer Service yang seringkali dilewatkan oleh para pelamar pada umumnya.

Baca juga: 30 Contoh Ucapan Terima Kasih untuk Customer

Mereka lebih cenderung memperlihatkan kelebihan dari sisi akademis saja pada CV yang dibuat. Padahal perusahaan juga membutuhkan data yang sangat detail untuk melakukan pertimbangan matang terkait lamaran yang Anda kirimkan.



4. Mengapa Perusahan Harus Memilih Anda?

Ketika Anda selesai memasukkan semua kelebihan dan kekurangan di dalam CV, maka secara otomatis perusahaan tahu apa alasan utama mereka harus memilih Anda. Jika tidak, maka peluang Anda untuk masuk akan diambil oleh orang lain.

Kelebihan ini tidak harus selalu pada sisi akademis saja. Anda juga bisa memasukkan kelebihan dari sisi lainnya agar masuk ke dalam pertimbangan utama perusahaan. Contohnya mungkin kelebihan dari segi pengetahuan bahasa, layanan konsumen dan lain sebagainya.

5. Pengalaman yang Dimiliki

Cara membuat CV Customer Service terakhir, jangan lupa untuk memasukkan semua pengalaman yang dimiliki. Tidak harus selalu pengalaman yang berkaitan dengan Customer Service, pengalaman berharga lain di dunia kerja juga bisa dimasukkan untuk menunjang lamaran Anda.

Lebih banyak pengalaman yang masuk, tentu lebih besar juga peluang Anda untuk diterima kerja di perusahaan yang dilamar. Penting untuk diingat kalau persaingan menjadi customer service ini sangatlah ketat. Jadi hanya kandidat terbaik saja yang bisa mengisinya. 

Jika Anda menerapkan semua poin yang kami jelaskan di atas secara menyeluruh, peluang untuk diterima kerja tentu akan semakin besar. Share juga cara membuat CV Customer Service yang baik dan benar ini kepada rekan Anda yang membutuhkannya.

Dapatkan Promo Menarik Pintarnya

Contoh CV Customer Service

Contoh CV Customer Service Aji Dermawan

Mengapa Membuat CV Customer Service Itu Penting?

CV penting dibuat karena dapat meningkatkan peluang Anda untuk diterima dalam proses seleksi. Dengan merinci pengalaman, keterampilan, dan pencapaian Anda secara jelas dan menarik, Anda dapat memberikan kesan yang positif kepada perekrut.

Namun perlu dipastikan juga bahwa CV Anda memiliki tata letak yang rapi, bebas dari kesalahan tata bahasa, dan mudah dibaca. Semua ini akan membantu Anda untuk menunjukkan bahwa Anda siap untuk mengambil langkah dalam proses seleksi. Semoga berhasil!

About The Author