10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

cara melamar kerja menjadi TKW

Cara Melamar Kerja Menjadi TKW Agar Langsung Berangkat

Cara melamar kerja menjadi TKW harus diketahui oleh semua pekerja yang ingin pergi ke luar negeri. Sebenarnya, untuk mendapatkan informasi tersebut cukup mudah, langsung googling saja.

Tetapi, sekarang modus penipuan berkedok apa saja sangat tinggi. Kalau hanya melihat tanpa ada ilmu pengetahuannya pasti akan menjadi salah satu korbannya. Oleh karena itu, cobalah simak semua pembahasannya.

Kami akan memberikan beberapa langkah serta penjelasan secara detail. Harap diperhatikan agar mengerti urutannya serta proses waktunya dengan begini, kemungkinan menjadi korban penipuan sangat kecil dan dapat diminimalkan,

Syarat Melamar Kerja Menjadi TKW

Cara melamar kerja menjadi TKW sebenarnya cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan berbagai dokumen penting. Mulai dari kartu identitas yang sangat lengkap, jadi jangan hanya KTP saja. Siapkan beberapa surat penting seperti di bawah ini

  1. Ijazah pendidikan terakhir yang digunakan untuk mengukur seberapa besar kompetensi Anda. Agar mendapatkan posisi serta pekerjaan, dokumen ini sangat penting sebagai bahan pertimbangan tim seleksi
  2. Akte kelahiran, merupakan surat pendukung apakah Kartu Tanda Penduduk Anda tersebut benar atau salah.
  3. Surat status perkawinan Anda, jika sudah menikah bisa ditambahkan dengan fotocopy buku nikah. Jangan lupa tambahkan surat perizinan dari orang tua atau suami dan mengetahui kepala desa.
  4. Paspor dan Visa
  5. Tanda pendaftar sebagi bekerja dari dinas kabupaten setempat.

3 dokumen tersebut menjadi persyaratan administrasi utama yang perlu diperhatikan. Jangan sampai salah satunya lupa untuk diikutsertakan. Bukan hanya itu saja, persiapkan pula beberapa surat tambahan, seperti :

  1. Cara melamar kerja menjadi TKW salah satunya adalah mempunyai surat keterangan sehat, baik itu dari berbagai macam penyakit sampai kondisi mental seperti apa.
  2. Pastikan Anda mempunyai sertifikat kompetensi, sebagai bahan pertimbangan perusahaan luar negeri untuk menerima Anda sebagai bagian dari mereka.
  3. Terakhir adalah surat perjanjian para pekerja, termasuk penempatannya dimana serta Kartu tenaga kerja luar negeri.

Cara Melamar Kerja Menjadi TKW Langsung Daftar ke Lembaga Resmi

Setelah mempersiapkan syaratnya cara melamar kerja menjadi TKW berikutnya adalah mendaftar ke lembaga resmi. Hanya saja, sebelum melakukannya, Anda harus mengetahui dulu, apakah perusahaan tersebut sudah terdaftar di pemerintah atau belum.

Hati-Hati sekarang ada banyak modus penipuan yang mengakibatkan Anda tidak jadi bekerja ke luar negeri atau justru dikirim, tetapi dijadikan pekerja lainnya. Maka dari itu, perhatikan dulu sebelum memberikan semuanya.

Berikutnya, perhatikan beberapa tahapan-tahapannya berikut ini,

1. Tahapan Pertama

Cara melamar kerja menjadi TKW pada tahapan ini, lembaga akan melihat bagaimana kelengkapan administrasi Anda. Jadi, sebelum memberikannya harap dilihat terlebih dulu. Kekurangan membuat kegagalan di depan mata.

Selain itu, Anda juga akan menjalani test kesehatan. Baik itu berupa psikologi atau lainnya. Hal ini dimaksudkan agar saat bekerja, TKW dalam keadaan benar-benar fit 100% tanpa kendala apa-apa.

Jika punya riwayat kurang sehat dapat dipertimbangkan dulu apakah bisa berangkat atau tidak. Ketika tahapan ini selesai, pihak lembaga akan melanjutkan ke tahapan berikutnya, yaitu pengurusan surat.

2. Pengurusan Surat Penting

Cara melamar kerja menjadi TKW berikutnya adalah pihak lembaga akan mengurus berbagai surat penting misalnya paspor dan visa. Kalau sudah punya, biasanya akan mengalami pengecekan terlebih dulu.

Dalam tahapan ini pula, pihak lembaga juga akan memberikan pembekalan terhadap para pekerja. Mereka memberi tahu apa yang dapat dilakukan atau tidak. Serta beberapa tips menarik bertahan di negeri orang.

Harap diperhatikan pada sesi pembekalan ini, karena materi yang diberikan benar-benar sangat penting. Setidaknya bisa dijadikan sebagai bekal andai saja terjadi sesuatu kurang menyenangkan di negeri orang.

3. Tahapan Keberangkatan

Setelah prosesi pembekalan selesai, saatnya untuk keberangkatan. Sebelum pergi,pihak lembaga akan mengeluarkan kartu tenaga kerja luar negeri. Baru Anda mendapatkan jadwal kapan akan diberangkatkan ke negara tujuan.

Tiga tahapan tersebut harus dijalani agar Anda bisa berangkat untuk bekerja. Proses ini cukup panjang, disarankan selama menunggu pekerja harus mampu mengembangkan diri lebih baik lagi, agar bisa bersaing.

Semua tahapannya memang cukup melelahkan. Hanya saja, semua itu adalah cara melamar kerja menjadi TKW yang harus dijalani, perlu diingat jangan salah pilih lembaga keberangkatan agar tidak jadi korban penipuan.

Bagikan Artikel: