10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Cara Melamar Kerja Menjadi TKI

Cara Melamar Kerja Menjadi TKI Beserta Persyaratannya

Cara Melamar Kerja Menjadi TKI menjadi tips penting bagi Anda yang ingin melamar sebagai seorang tenaga kerja. Ada banyak alasan para tenaga kerja di Indonesia yang akhirnya memutuskan bekerja hingga keluar negeri.

Hal ini tentunya terdapat banyak kesempatan serta penawaran sehingga para tenaga kerja memutuskan untuk mengambilnya. Sebuah peluang untuk bisa mengumpulkan pundi-pundi uang merupakan usaha besar yang tidak semua orang ambil. 

Berikut ini ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan jauh-jauh hari mungkin ketika memutuskan bekerja sebagai tenaga kerja Indonesia. Dokumen ini menjadi pintu utama bagi Anda dan jaminan ketika melakukan perjalanan hingga sampai ke tempat tujuan.

3 Cara Melamar Kerja Menjadi TKI yang Perlu Diketahui

Bekerja di luar negeri sudah menjadi kebiasaan ketika berbicara mengenai passport dan syarat lainnya. Namun ternyata juga terdapat beberapa data yang biasanya dibutuhkan ketika Anda menginginkan menjadi seorang TKI. Berikut ini beberapa syarat dan caranya yang bisa disimak.

  1. Persiapkan semua berkas dan dokumen yang dibutuhkan

Cara Melamar Kerja Menjadi TKI yang pertama ini yaitu mempersiapkan semua berkas-berkas penting. Jika pertama kali mencobanya memang terlihat sedikit lebih sulit dibandingkan para tenaga kerja yang memiliki pendamping atau mentor.

Perlu adanya ketelitian atau sebisa mungkin delist keperluan dokumen apa saja yang nantinya akan dibutuhkan ketika melamar TKI. Dibawah ini akan diberikan informasi mengenai beberapa dokumen yang biasanya dibutuhkan.

  • Siapkan Ijazah pendidikan formal terakhir yang Anda miliki
  • KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau e-KTP 
  • Dokumen Akta kelahiran 
  • Lampirkan pula Sertifikat kompetensi kerja 
  • Dokumen Visa kerja 
  • Persiapkan Paspor yang sudah diterbitkan secara resmi dari Kantor Imigrasi tempat domisili. Anda perlu melakukan pengurusan terlebih dahulu ke daerah setempat.
  • Tanda tangan pada perjanjian kerja 
  • Tanda tangan pada perjanjian penempatan biasanya bermeterai
  • Dokumen tambahan pada Surat keterangan izin wali, orang tua, istri atau suami 
  • Fotokopi buku nikah atau keterangan status perkawinan
  1. Pendaftaran TKI secara resmi oleh Lembaga terkait

Cara Melamar Kerja Menjadi TKI yang selanjutnya yakni melakukan pendaftaran pada dinas atau instansi terkait. Jika semua berkas atau dokumen dirasa sudah dilengkapi dengan penuh dan baik maka Anda harus mengikuti rule lanjutan.

Anda diharuskan untuk bisa mendatangi Dinas Ketenagakerjaan pada kota domisili atau Kabupaten setempat. Hal ini penting dilakukan untuk memenuhi semua persyaratan yang Anda perlukan ketika mendaftar sebagai seorang TKI.

Pada tahap registrasi ini tidak dipungut biaya apapun. Anda hanya perlu membawa sebuah dokumen atau berkas persyaratan secara lengkap seperti yang telah disebutkan diatas. Anda bisa mendatangi lembaga resmi lainnya sebagai opsi terakhir.

Misalnya lembaga-lembaga resmi yang sudah dipercaya oleh masyarakat. Contohnya BLKLN atau Bursa Kerja Luar Negeri, Kelompok Berlatih Calon TKI Berbasis Masyarakat, dan Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta.

  1. Mantapkan niat sebelum benar-benar mengambil keputusan

Cara Melamar Kerja Menjadi TKI berikutnya berbicara mengenai faktor internal diri seseorang. Walaupun cara jadi TKI resmi cukup mudah dan simpel dilakukan. Namun masih banyak yang harus diperhatikan dan dipersiapkan sebelum memutuskan bekerja.

Ada banyak hal-hal yang harus Anda pertimbangkan agar lebih yakin ketika bekerja. Berikut ini banyak alasan yang bisa Anda terapkan dan aplikasikan sebelum memutuskan untuk menjadi TKI.

  • Mencari banyak informasi, baik dari brosur, Disnakertrans (Dinas Tenaga Kerja dan transmigrasi), dan agen penyalur. Dimana informasi disini maksudnya ialah tentang informasi lowongan pekerjaan. 
  • Mempersiapkan berbagai macam dokumen persyaratan. Mulai dari paspor, visa kerja. Untuk membuat dokumen-dokumen penting tersebut membutuhkan banyak waktu, namun sifatnya sangat penting agar TKI tidak dianggap pekerja ilegal. 
  • Sudah memperoleh izin dari pasangan atau dan keluarga menjadi bagian dari Cara Melamar Kerja Menjadi TKI yang baik. 
  • Mempersiapkan mental. Setiap calon TKI tentu akan merasakan yang namanya gugup, terutama bagi yang baru bekerja pertama kali di luar negeri. Itulah alasan kenapa harus mempersiapkan mental agar Kamu lebih siap bekerja menjadi TKI. 
  • Harus menguasai bahasa negara yang akan dituju. Hal ini juga sangat penting, karena Kamu harus sudah siap memakai bahasa asli dari negara tempatmu bekerja.

Cara yang telah dipaparkan menjadi sebuah solusi bagi Anda ketika ingin mendaftar sebagai Tenaga Kerja Indonesia atau TKI. Cara Melamar Kerja Menjadi TKI menjadi bagian penting yang perlu Anda selesaikan.

Bagikan Artikel: