10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Cara Melamar Kerja di Bandara Perlu Anda Ketahui

Bekerja di industri penerbangan perlu mengetahui cara melamar kerja di bandara yang cukup bergengsi itu. Selain pramugari, staff penerbangan juga menjadi salah satu profesi yang mempunyai peran penting.

Sebab hal tersebut berkaitan langsung dengan kenyamanan serta keamanan para penumpang seperti ground handling staff atau airlines crew. Bekerja di bandara juga banyak diminati kaum muda.

Selain gaji yang cukup tinggi, Anda juga dapat memulai jalur karir yang menjanjikan. Selain itu, bekerja sebagai pegawai bandara memberi Anda kesempatan untuk berkomunikasi dengan orang baru.

Langkah-langkah atau Cara Melamar Kerja di Bandara

Bekerja di bandara dapat membuat Anda menggali informasi dan wawasan seperti budaya lain, serta bertukar pendapat tentang ilmu tertentu. Berikut penjelasan terkait bagaimana untuk bekerja di industri penerbangan.

  1. Mencari Informasi Tentang Lowongan Pekerjaan

Anda harus tahu betapa pentingnya menjadi staf bandara untuk kelancaran penerbangan, tentu tidak mudah karena tidak hanya harus melalui sistem pemilihan maskapai yang cukup ketat.

Tetapi juga harus memenuhi persyaratan fisik lainnya telah diinformasikan. Persyaratan yang sudah menjadi kebijakan semua maskapai perlu untuk diikuti sesuai pada persyaratan tersedia.

Semua hal tersebut bisa ditemukan melalui platform lowongan pekerjaan atau website perusahaan penerbangan. Menggali informasi tersebut akan mempermudah pelamar untuk mengikuti serangkaian persyaratan.

Cara melamar kerja di bandara yang tepat adalah dengan mengunjungi langsung situs perusahaan terkait. Ketika berpartisipasi dalam proses rekrutmen, misalnya sebagai staf bandara, Anda harus lebih aktif membuka website tersebut. 

Dengan sering memeriksa situs web lowongan pekerjaan terkait maskapai akan memberikan Anda banyak informasi terbaru. Karena sebagian besar lowongan pekerjaan di web terkadang tidak valid jika bukan dari situs resmi. 

Lain halnya jika seseorang menerima informasi dari lembaga sekolah penerbangan. Hal ini akan memudahkan guna mengetahui semua informasi yang berhubungan langsung dengan pekerjaan tersebut.

  1. Memenuhi Semua Persyaratan

Seperti yang telah ketahui, tugas pegawai bandara adalah mengurus penumpang sebelum keberangkatan dan setelah penerbangan. Jadi sebelum masuk ke masa percobaan, Anda harus memenuhi persyaratan di maskapai tersebut.

Syarat atau kriteria untuk bekerja di bandara adalah usia wanita atau pria minimal 18 tahun, pendidikan minimal SMA, tinggi badan proporsional, sehat jamani dan rohani.

Cara melamar kerja di bandara adalah pelamar belum pernah menikah, kemampuan berkomunikasi yang baik, mampu berbahasa Inggris, dan tidak pernah terlibat dengan tindakan melanggar hukum.

  1. Berpenampilan Menarik

Jika berpenampilan rapi, otomatis Anda menunjukkan ketulusan saat melamar suatu posisi di perusahaan tersebut. Mencoba untuk membuat kesan yang baik dengan penampilan terlihat menarik.

Berbeda jika tampak tidak terawat, itu membuat rekruter berpikir bahwa Anda tidak menganggap serius lamaran itu. Seseorang yang disiplin tentunya tidak akan muncul ketika melamar pekerjaan dengan kondisi kacau.

Berpenampilan menarik adalah suatu keharusan, apalagi dalam pekerjaan yang mewajibkan berhadapan dengan banyak orang. Penampilan baik menimbulkan kesan sama, sehingga lawan bicara merasa lebih nyaman dan komunikasi berlangsung dengan lancar.

Meski anggapan ini sangat subjektif terkait cara melamar kerja di bandara banyak orang percaya bahwa berpenampilan menarik itu cerdas. Jika bisa menjaga penampilan otomatis Anda pintar.

  1. Antusias Terhadap Perusahaan Terkait

Pewawancara akan lebih menghormati kandidat yang tahu banyak tentang profil perusahaan dan tampak antusias dengan posisi Anda lamar. Dengan menunjukkan semangat serta kepedulian terkait pekerjaan tersebut.

Misalnya, ketika ditanya mengapa Anda ingin menjadi pegawai bandara. Alih-alih mengatasi keburukan perusahaan terkait, bawalah keuntungan menarik prospek yang akan membuat nyaman dalam posisi tersebut.

Lebih baik lagi bila Anda mengambil informasi perusahaan dari berbagai media. Misalnya tentang prospek dan pertumbuhan yang dicapai perusahaan, rencana ekspansi bisnis atau perkembangan baru dalam perusahaan.

Cara melamar kerja di bandara ini akan membuat Anda terlihat bersemangat untuk bergabung dengan industri tersebut. Keluarkan semua pengetahuan tentang bagaimana tugas untuk posisi yang dilamar.

  1. Harus Memiliki Nilai Tambah

Sebagian orang beranggapan bahwa seorang pegawai bandara hanya perlu berpenampilan cantik dan menarik, namun masih banyak pelamar yang gagal dalam seleksi menjadi pegawai bandara.

Meski secara fisik cantik dan sempurna, namun tetap perlu memiliki wawasan yang luas. Ini membuktikan bahwa menjadi pekerja bandara tidak semudah dibayangkan.Oleh karena itu, maskapai penerbangan juga harus selektif dalam menyeleksi calon karyawan untuk menjabat sebagai staf. Cara melamar kerja di bandara, Anda membutuhkan nilai plus dibandingkan kandidat lainnya.

Bagikan Artikel: