cara lamar kerja di aplikasi pintarnya

Panduan Cara Lamar Kerja Di Aplikasi Pintarnya

Dengan perkembangan zaman yang semakin canggih, kini tidak hanya pesan barang dan makanan saja yang bisa dilakukan secara online. Melamar pekerjaan pun bisa dilakukan secara online hanya dengan satu aplikasi, lho.

Jadi, tidak perlu lagi Anda keluar bawa-bawa amplop coklat kesana-kemari, karena Anda hanya perlu menyiapkan kuota internet dan jaringan yang stabil saja.

Nah, salah satu aplikasi melamar kerja yang mudah, cepat, dan tentunya aman adalah aplikasi Pintarnya. Karena aplikasi ini telah terdaftar di KEMNAKER dan diawasi oleh KOMINFO.

Bagi Anda yang ingin menjajal dan menemukan titik cerah untuk segera mendapatkan pekerjaan, Anda bisa mencoba unduh Aplikasi Pintarnya melalui Play Store, ya.

Bukan sekedar menyuguhkan kemudahan karena Anda bisa melamar kerja di mana saja dan kapan saja, aplikasi Pintarnya juga memberikan rasa aman dari loker palsu. Sebab setiap lowongan kerja yang dipasang akan melalui verifikasi terlebih dahulu.

Lantas, bagaimana cara mengoperasikan aplikasi Pintarnya untuk melamar kerja? Yuk simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Lamar Kerja Di Aplikasi Pintarnya

Untuk beberapa orang yang masih awam dengan teknologi, mungkin akan bingung dan bertanya-tanya mengenai cara lamar kerja melalui aplikasi.

Namun dengan aplikasi Pintarnya, Anda tidak akan kebingungan karena cara melamar kerjanya sangatlah mudah. Adapun caranya sebagai berikut.

Install Aplikasi Pintarnya

Sebelum masuk ke cara lamar kerja di aplikasi Pintarnya, tentu Anda harus mengunduh aplikasi Pintarnya terlebih dahulu. Anda bisa mencari aplikasi Pintarnya di kolom pencarian Play Store atau bisa juga dengan klik link di sini.

Jika aplikasi sudah terpasang di perangkat Anda, buka aplikasi Pintarnya. Lalu Anda akan disuguhkan dua pilihan metode untuk masuk ke aplikasi, di antaranya dengan Masuk dengan Google atau Masuk dengan Metode Lain.

Untuk memudahkan, Anda dapat Masuk dengan Google. Namun pastikan juga ya, kalau akun Google tersebut aktif dan sering Anda gunakan.

Setelah berhasil masuk dengan akun Google, Anda bisa mulai mengisi data diri untuk kelengkapan Akun Anda.

Di sini Anda harus mengisi data dengan sebenar-benarnya, mulai dari nama lengkap sesuai KTP, tanggal lahir, jenis kelamin, email, nomor telepon, alamat tempat tnggal, pendidikan terakhir, status kerja, dan kode referral jika ada.

Jika Anda telah selesai mengisi data dengan benar, Anda bisa langsung klik button Lanjut.

Berikutnya, Anda dapat memilih preferensi kerja yang Anda mau dan minati. Ini akan membantu Anda mendapatkan rekomendasi lowongan kerja yang sesuai.

Sebagai tips, Anda bisa pilih kategori sesuai dengan pengalaman kerja yang Anda miliki. Hal ini baik dilakukan untuk meningkatkan kesempatan Anda dipanggil interview, lho.

Menariknya, Anda tak hanya diperkenankan memilih satu kategori saja. Di sini, Anda dapat memilih hingga 8 kategori pekerjaan yang Anda minati. Jadi tidak perlu bimbang untuk memilihnya.

Selanjutnya, Anda dapat lengkapi CV pintar Anda. Cukup lengkapi dengan pengalaman kerja, pendidikan, keahlian, dan foto diri, CV Anda akan otomatis jadi.  

Agar profil lebih menarik, Anda juga bisa menambahkan foto profil dengan foto-foto profesional milik Anda, ya!

Apabila semua bagian sudah diisi dengan benar, Anda bisa melanjutkannya mencari lowongan kerja.

Cari Lowongan Kerja

Setelah laman profil Anda sudah lengkap, Akun Anda siap digunakan untuk mencari lowongan kerja di aplikasi Pintarnya.

Nah, langsung saja berikut cara lamar kerja di aplikasi Pintarnya dengan berbagai macam loker yang tersedia.

Pada fitur Cari Kerja, Anda bisa mencari lowongan berdasarkan tipe pekerjaan mulai dari Full Time, Freelance, Part Time, WFH, Kontrak, Magang, Harian atau juga bidang industrinya mulai dari Pemasaran, Hotel dan Restoran, Pekerjaan Ritel, Logistik, dan masih banyak lagi.

Selain itu, untuk memudahkan Anda mencari dan menemukan lowongan, pada icon Filter kami telah membuatkan beberapa kategori untuk Anda, mulai dari Rekomendasi Lowongan, Lowongan TerbaruLowongan Terdekat,  Dibutuhkan SegeraLowongan Lulusan SMA/SMK/MA, Berdasarkan Kisaran Gaji, dan sebagainya.

Tak hanya itu, Anda juga bisa gunakan kolom pencarian untuk menemukan lowongan kerja yang lebih spesifik. Di Pintarnya Anda bisa mencari kerja berdasarkan Domisili atau Nama/Posisi Pekerjaan. Ada banyak sekali jenis pekerjaan di sini, di antaranya mulai dari sales, cook helper, spg/spb, waiters, admin, marketing officer, dan lainnya.

Setelahnya akan muncul berbagai lowongan kerja dari berbagai perusahaan yang tersedia. Anda dapat melihat persyaratan, detail pekerjaan, hingga gaji yang ditawarkan perusahaan di sana.

Lamar Lowongan Pekerjaan

Telah menemukan lowongan pekerjaan yang menarik serta sesuai minat dan pengalaman Anda? Jika sudah, tunggu apalagi, langsung masukan lamaran Anda!

Untuk melamar kerja di aplikasi Pintarnya, Anda dapat klik tombol Lamar Instan yang ada pada bagian bawah aplikasi Pintarnya. 

Kemudian, Anda akan diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan kuis untuk membantu perekrut lebih mengenal Anda.

Pastikan Anda membaca dengan teliti dan pilih jawaban yang tepat dan sesuai dengan diri Anda, ya!

Tidak perlu khawatir, pertanyaan-pertanyaan yang diajukan tidak sulit kok, karena hanya pertanyaan seputar diri Anda dan pengalaman kerja. Biasanya terdiri dari 2 hingga 5 pertanyaan saja. Jadi berikan jawaban yang tepat, ya!

Setelah selesai mengisi kuis singkat tersebut, lamaran Anda akan langsung masuk dan terkirim ke rekruter yang membuka lowongan yang Anda lamar.

Sambil menunggu, nanti Anda juga dapat bertanya kepada HRD mengenai progres lamaran Anda pada button Hubungi HRD.

Atau jika sudah, dari pada hanya menunggu, Anda juga bisa lho lamar lowongan pekerjaan lainnya di aplikasi Pintarnya. Selain itu, di aplikasi Pintarnya juga tersedia fitur Kelas Karir bagi Anda yang ingin upgrade skill dan wawasan seputar dunia kerja.

Begitulah kira-kira cara lamar kerja di aplikasi Pintarnya. Jika ada langkah-langkah yang masih belum Anda pahami, Anda dapat tonton video tutorialnya di bawah ini, ya!

Bagaimana, mudah ‘kan cara lamarnya? Sekarang, menemukan pekerjaan impian Anda bisa hanya dalam satu aplikasi.

Yuk, temukan peluang kerja menarik di aplikasi Pintarnya. Install aplikasinya sekarang di Play Store, gratis!


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.