10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

cara kerja algoritma shopee food driver

Cara Kerja Algoritma Shopee Food Driver yang Wajib Anda Tahu

Cara kerja algoritma shopee food driver adalah hal pertama yang harus Anda ketahui sebelum memilih menjadi seorang driver. Baik untuk sebatas sampingan atau fokus dan menjadikannya sebagai pekerjaan utama. 

Seperti kita ketahui bersama bahwa Shopee adalah salah satu perusahaan besar dalam cangkupan Asia Tenggara. Shopee berasal dari negara Singapura dengan nama pemilik Forrest Li Xiaodong.

Ketika kompetitornya berhasil melebarkan sayap di pasar Indonesia dengan membuat atau berkolaborasi dengan salah satu perusahaan ojek online. Shopee tidak mau kalah dengan membuat gebrakan baru yang berna shopee food.

Ketika pertama muncul ini menjadi gebrakan yang luar biasa, dengan proses bakar uang yang dilakukan. Banyak orang akhirnya berpindah dan mulai menginstal aplikasi shopee. Hal ini terjadi karena biaya pengiriman yang relatif lebih murah.

Dampak dari banyaknya costumer yang menggunakan jasa shopee food untuk membeli makanan. Ini membuat semakin banyak juga orang yang berminat untuk mendaftarkan diri sebagai driver shopee food.

Cara Kerja Algoritma Shopee Food Driver yang Wajib Anda Tahu

Tidak sedikit orang yang menggantungkan kehidupan dari penghasilan menjadi driver shopee food. Sebelum driver sebanyak ini, cara kerja algoritma shopee food driver tidak terlalu diperhatikan oleh sejumlah driver.

Karena jumlah orderan tidak sebanding dengan jumlah pesanan. Hal ini membuat setiap orderan masuk tidak direbutkan oleh banyak driver justru driver yang direbutkan oleh orderan.

Namun karena dirasa menjadi driver shopee food cukup menjanjikan. Ini membuat banyak orang yang mendaftar, bahkan tidak sedikit yang memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan agar bisa fokus menjadi driver shopee food.

Hukum alam terjadi semakin banyak driver maka orderan akan diperebutkan oleh banyak orang, yang membuat akan menjadi semakin sulit untuk mendapatkan orderan. Maka dari itu cara kerja algoritma shopee food driver sangat berguna dalam hal ini. Berikut ulasannya:

1. Perhatikan Jam On Bid

Ketika menjadi seorang driver shopee food Anda harus cermat menentukan jam-jam ramai yang biasa orang memesan, seperti jam makan siang. Para pekerja kantoran kebanyakan malas untuk mencari makan siang keluar. Ini menjadi momentun untuk on bid.

Cara kerja algoritma shopee food driver yang satu ini terkadang banyak dilupakan oleh sebagian driver. Ini bisa Anda coba untuk lebih meningkatkan jumlah orderan yang akan masuk.

Kebiasaan jam on bid juga akan terekam oleh sistem. Hal ini membuat jika Anda on bid di luar jam itu akan terasa sepi dan sulit untuk menerima orderan masuk.

2. Area On Bid

Yang dimaksud area on bid adalah wilayah ketika Anda menyalakan aplikasi shopee food. Usahakan Anda berada dalam wilayah ramai aktivitas. Dan di wilayah tersebut banyak terdapat makanan cepat saja. 

Karena akan sia-sia jika diam di tempat yang ramai aktivitas tapi tidak ada makanan cepat saji. Selalu on bid pada area yang sama. Tidak keluar area dalam radius terlalu jauh. Ini adalah cara kerja algoritma shopee food driver.

Merekam wilayah dimana tempat Anda biasa mangkal. Bisa dibilang itu menjadi wilayah kekuasaan, jadi ketika Anda datang ke wilayah baru itu akan menyebabkan kesulitan dalam mendapatkan orderan.

3. Riwayat Penyelesaian Orderan

Cara kerja algoritma shopee food driver selanjutnya adalah penyelesaian orderan. Pastikan setiap orderan yang Anda dapatkan dikerjakan hingga selesai. Karena terjadi beberapa kasus driver lupa untuk menyelesaikan sebuah orderan.

Bahkan ada juga yang lebih parah, orderan tidak sampai ke tangan customer. Maka dari itu penting bagi seorang driver untuk menyelesaikan orderan. Ini akan berdampak pada ulasan customer yang akan dibahas selanjutnya.

4. Ulasan yang Diberikan Customer

Setiap pekerjaan yang telah diselesaikan oleh driver. Customer diberikan kebebasan untuk menilai pekerjaan yang dilakukan oleh driver. Atau biasa kita kenal dengan ulasan. Di sini cara kerja algoritma shopee food driver harus Anda manfaatkan.

Ulasan bisa berisi positif atau negatif, tergantung dari pekerjaan yang kita selesaikan. Algoritmanya semakin banyak ulasan positif akan membuat akun shopee food Anda menjadi lebih bagus, orang biasanya menyebutnya dengan istilah gacor.

Namun jika lebih banyak ulasan negatif dari pada ulasan positif, akun Anda akan mengalami penurunan perfoma. Ketika ada orderan masuk sistem dari shopee tidak memprioritaskan Anda, orang biasanya menyebutnya dengan istilah akun anyep.

Menjadi seorang driver bukanlah pekerjaan mudah. Karena tidak cukup hanya dengan sebatas menunggu orderan masuk. Anda juga harus memahami bagaimana cara kerja algoritma shopee food driver.

Bagikan Artikel: