Contoh kalimat penutup rapat

Contoh Kalimat Penutup Rapat yang Simple

Contoh kalimat penutup rapat seringkali biasa digunakan pada beberapa kegiatan formal maupun informal. Anda harus dapat menyusun kata yang simple agar lebih mudah digunakan, dan audiens juga mudah memahaminya. Tujuannya agar kata yang digunakan lebih terstruktur.

Perlu menjadi perhatian, jika Anda terpilih menjadi orang yang membawakan kalimat penutup rapat. Terdapat beberapa hal yang wajib untuk dipahami terlebih dahulu, seperti memperhatikan jalannya rapat dengan baik dan benar serta memahami seluruh rangkaiannya.

Tujuan hal tersebut adalah untuk memberikan kesimpulan yang simple, sehingga sebuah kegiatan dapat memberikan jawaban atas masalah yang sedang dihadapi pada organisasi maupun perusahaan besar. Kata yang digunakan, harus formal jika dalam rapat besar. 

Contoh kalimat penutup rapat yang akan kami berikan dapat menjadi acuan Anda untuk dipelajari lebih dalam. Mengingat, tidak semua orang dapat menyusun kalimat dengan baik dan benar, maka dari itu harus paham dengan struktur yang biasa digunakan untuk membuat kalimat. 

Pada unsur kebahasaan juga menjadi hal yang penting. Apalagi jika menggunakan bahasa asing. Pahami struktur penggunaan kalimat, agar tidak keliru dalam menyampaikan. Biasanya atasan yang sudah memiliki pengalaman akan membantu Anda dalam menghadapi permasalahan. 

Contoh Kalimat Penutup Rapat yang Wajib Ada 

Pada sebuah kegiatan, tentu saja penutupan harus dilakukan. Hal tersebut merupakan salah satu jalan penunjuk bahwa rapat sudah selesai dilakukan. Terdapat beberapa kata maupun kalimat yang wajib ada di sebuah penutupan. Hal tersebut wajib dipahami dengan baik. 

  1. Kesimpulan 

Dalam setiap contoh kalimat penutup rapat harus ada kesimpulan. Maka dari itu, sebagai orang yang menyampaikan penutupan wajib memperhatikan seluruh rangkaian kegiatan tersebut. Biasanya, yang akan memberikan kesimpulan adalah sekretaris. Tujuan dari pemberian kesimpulan agar kegiatan bisa lebih terarah. 

Dalam membuat sebuah kesimpulan, Anda tidak membutuhkan struktur khusus. Jadi, dapat diringkas dan dikatakan menggunakan bahasa sendiri. Perlu menjadi perhatian, bahwa penyampaian pada kesimpulan harus jelas dan lugas, agar audiens bisa lebih paham dengan tujuan diadakan rapat. 

Baca juga: Contoh kalimat pembuka rapat

  1. Meminta Maaf dan Berterima kasih 

Biasanya, pada rapat-rapat besar akan dihadiri oleh banyak orang penting. Maka dari itu, dalam setiap contoh kalimat penutup rapat juga harus ada kata permintaan maaf apabila ada kata yang kurang enak di dengar, dan apabila keputusan tidak sesuai dengan yang audiens harapkan, pahami hal ini. 

Setelah itu, ucapkan juga permintaan terimakasih kepada para audiens yang sudah menyempatkan waktu agar bisa hadir dalam kegiatan tersebut. Tujuan dari penggunaan kata maaf dan terima kasih adalah untuk menghargai sesama, apalagi jika kegiatan dilakukan dalam waktu yang tidak direncanakan atau secara tiba-tiba. 

  1. Motivasi dan Saran 

Setiap orang yang melakukan penutupan pada sebuah kegiatan, bisa juga memberikan motivasi dan saran yang akan membangun berbagai kegiatan yang sudah di bahas. Tujuannya agar para audiens di dalam kegiatan tersebut bisa lebih bersemangat untuk melakukan yang terbaik sesuai dengan hasilnya. 

Anda dapat mengutip motivasi dari kehidupan sehari-hari. Saran yang digunakan juga dapat disesuaikan dengan rapat yang sudah berjalan. Contohnya, jika banyak yang masih datang telat, maka bisa memberikan saran agar peserta bisa datang tepat waktu pada kegiatan berikutnya, pahami dengan benar.

Tips Membuat Kalimat Penutup pada Rapat 

Contoh kalimat penutup rapat dapat dirancang dengan mudah dan simple. Terdapat beberapa tips yang bisa sangat berguna untuk Anda, yang baru akan menyusun kalimat penutup. Pertama, perhatikan apa saja yang harus disampaikan pada saat penutupan seperti yang sudah dijelaskan di atas. 

Kedua, gunakan bahasa sesuai jenis rapat yang dilaksanakan, seperti formal atau informal. Ketiga, pastikan peserta paham dengan yang Anda bicarakan, sehingga bisa melakukan tugasnya masing-masing. Apabila masih ada yang kurang jelas, Anda dapat membuka sesi tanya jawab kembali untuk beberapa orang saja. 

Beberapa hal yang harus ada pada kalimat penutup harus dipahami dengan benar. Apalagi jika sedang melakukan kegiatan bersama tamu penting di dalamnya. Contoh kalimat penutup rapat, bisa dirancang dengan sangat simple sesuai dengan kemampuan Anda. Intinya, unsur di dalamnya harus jelas, agar bisa lebih terstruktur dalam penyampaian.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!