contoh kalimat pembuka rapat

7 Contoh Kalimat Pembuka Rapat

Perlu menjadi perhatian, bahwa saat membuka sebuah rapat seringkali Anda juga diminta memberikan kata sambutan agar bisa mempengaruhi para audiens di sekitar. Hal ini tidak hanya berlaku pada pimpinan saja. Maka dari itu, semua harus siap berbicara saat ditunjuk memberikan sambutan.

Terdapat contoh kalimat pembuka rapat agar rapat yang dilakukan bisa lebih professional. Apalagi jika didatangi tamu penting. Berikut ini contoh dan penjelasan terkait kalimat pemuka rapat, yuk simak!!!

Struktur Bagian Kalimat Pembuka Rapat

Dikutip dari English Club, berikut ini urutan bagian dari kalimat pembuka rapat yaitu :

1. Obrolan Kecil

Obrolan kecil dalah cara yang baik untuk memulai pertemuan dengan suasana yang santai dan menyenangkan. Obrolan kecil biasanya berisi percakapan ringan atau cerita singkat yang relevan dengan topik atau suasana saat itu. Tujuannya adalah untuk merenggangkan suasana dan membantu peserta merasa lebih nyaman sebelum memasuki topik utama pertemuan.

Contoh: “Selamat pagi semua! Bagaimana perjalanan Anda ke sini hari ini? Apa yang terjadi selama akhir pekan?”

2. Selamat Datang

Bagian selamat datang adalah ketika pembawa acara atau pemimpin rapat menyambut semua peserta dan mengucapkan selamat datang. Ini adalah kesempatan untuk menghormati kehadiran peserta dan mengakui nilai kontribusi mereka dalam rapat.

Contoh: “Selamat datang di pertemuan kami hari ini. Kami sangat menghargai kehadiran Anda semua dan berharap pertemuan ini akan memberikan nilai yang besar.”

3. Permintaan Maaf

Kadang-kadang, ada alasan tertentu yang memerlukan permintaan maaf di bagian pembuka rapat. Permintaan maaf ini bisa terkait dengan keterlambatan, gangguan teknis, atau situasi lainnya yang perlu diakui dan diatasi sebelum memulai rapat.

Contoh: “Kami ingin meminta maaf atas keterlambatan kami dalam memulai rapat hari ini karena masalah teknis yang tidak terduga. Terima kasih atas kesabaran Anda.”



4. Tujuan

Bagian ini menjelaskan tujuan utama dari pertemuan atau rapat tersebut. Hal ini membantu peserta untuk memahami mengapa mereka berkumpul dan apa yang diharapkan dari mereka selama pertemuan.

Contoh: “Tujuan kami dalam pertemuan ini adalah untuk mendiskusikan proyek XYZ dan membuat keputusan mengenai langkah-langkah selanjutnya. Kami ingin mendengar pandangan dan kontribusi Anda dalam proses ini.”

Baca juga: Contoh kalimat saran

Contoh Kalimat Pembuka Rapat

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

1. Contoh Kalimat Sambutan Ketua Panitia

  • “Selamat pagi semuanya. Saya, Aji Darmawan, sebagai Ketua Panitia, dengan bangga menyambut Anda semua dalam acara ini.”
  • “Halo semua! Kami sangat senang bisa memiliki kehadiran Anda di acara ini. Saya adalah Aji Darmawan, Ketua Panitia, dan saya ingin memberikan sambutan hangat kepada semua peserta.”
  • “Terima kasih telah datang hari ini. Saya adalah Aji Darmawan, Ketua Panitia acara ini, dan kami sangat antusias untuk memulai acara ini bersama Anda semua.”
  • “Salam sejahtera untuk semua peserta. Saya, Aji Darmawan, Ketua Panitia, bersama dengan tim kami, ingin menyampaikan sambutan terhangat kepada Anda semua.”
  • “Selamat datang di acara ini. Saya, Aji Darmawan, sebagai Ketua Panitia, bersama dengan seluruh tim panitia, ingin mengucapkan selamat datang kepada Anda semua yang telah berkesempatan hadir di sini.”

2. Contoh Kalimat Sambutan Acara Maulid Nabi

“Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Alhamdulillah, puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT atas berkah dan rahmat-Nya, kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat pada kesempatan yang penuh berkah ini.

Saya, Aji Darmawan, dengan segala kerendahan hati dan kehormatan, ingin menyampaikan sambutan selamat datang kepada seluruh hadirin yang mulia dalam acara Maulid Nabi Muhammad SAW ini.

Maulid Nabi merupakan waktu yang sangat istimewa bagi umat Islam, di mana kita mengenang dan merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW, seorang utusan Allah yang membawa cahaya petunjuk kepada umat manusia. Selain sebagai momen perayaan, Maulid Nabi juga menjadi waktu yang tepat untuk merenungkan ajaran-ajaran Nabi, memperdalam pengetahuan agama, serta memperkuat iman dan akhlak kita.

Dalam acara Maulid Nabi kali ini, kita akan mendengarkan kisah-kisah inspiratif dari kehidupan Rasulullah SAW, mendalami makna-makna dalam ajaran-Nya, dan berusaha meneladani akhlak mulia yang beliau tunjukkan kepada umat. Semoga acara ini menjadi ladang berkah dan ilmu yang dapat memperkaya pemahaman kita tentang Islam.

Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah berpartisipasi dalam penyelenggaraan acara ini, kepada para pembicara yang akan berbagi ilmu, serta kepada semua hadirin yang telah bersedia hadir di sini. Semoga Allah SWT meridhai usaha kita semua dan memberikan keberkahan kepada acara ini.

Mari kita sambut acara Maulid Nabi ini dengan hati yang tulus dan semangat yang penuh rasa syukur. Mari kita jalin persaudaraan, belajar dari ajaran Nabi Muhammad SAW, dan berupaya menjadikan diri kita pribadi yang lebih baik sesuai dengan tuntunan Islam.

Terima kasih atas perhatian Anda semua, dan selamat mengikuti acara Maulid Nabi.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.”

3. Contoh Kalimat Sambutan Acara Syukuran

“Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Alhamdulillah, puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT atas nikmat dan rahmat-Nya yang melimpah. Pada hari yang penuh berkah ini, kami, Aji Darmawan beserta seluruh keluarga dan kerabat, dengan rasa syukur yang mendalam, ingin menyambut Anda semua dalam acara syukuran ini.

Acara syukuran ini merupakan ungkapan terima kasih kami kepada Allah SWT atas segala anugerah dan karunia-Nya, termasuk kesuksesan, kebahagiaan, dan berkat yang telah Dia limpahkan kepada keluarga kami. Kami juga ingin berbagi kebahagiaan ini dengan Anda semua, para sahabat, kerabat, dan teman-teman yang hadir di sini.

Dalam suasana yang penuh kebersamaan ini, mari kita bersyukur atas segala berkah yang telah kita terima. Kita tidak hanya bersyukur atas kesuksesan dan kebahagiaan, tetapi juga atas cobaan dan ujian yang Allah SWT berikan kepada kita, karena dalam setiap cobaan terdapat hikmah dan pelajaran yang berharga.

Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah hadir di sini, serta kepada semua sahabat dan kerabat yang telah memberikan dukungan, doa, dan cinta kepada keluarga kami. Semua doa dan dukungan ini telah menjadi sumber kekuatan bagi kami dalam perjalanan hidup.

Kami berharap agar keberkahan dan kebahagiaan yang kami rasakan hari ini dapat berlipat ganda dan menjadi berkah yang menyebar kepada semua yang hadir di sini. Semoga acara syukuran ini juga menjadi ajang untuk mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan kebersamaan di antara kita.

Terima kasih atas kehadiran dan doa-doa yang baik dari Anda semua. Semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat dan berkat-Nya kepada kita semua.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.”



4. Contoh  Kalimat Sambutan Panitia Rapat

“Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Dengan penuh hormat, kami panitia rapat, ingin menyambut Anda semua dalam pertemuan ini. Saya, Aji Darmawan, sebagai salah satu anggota panitia, bersama dengan rekan-rekan kami, merasa sangat senang dan terhormat bisa memiliki kehadiran Anda di sini.

Pertemuan ini telah kami rencanakan dengan baik untuk membahas topik yang sangat penting dan relevan. Kami berharap pertemuan ini akan menjadi ajang yang produktif, di mana ide-ide dan pandangan yang berharga akan diutarakan dan didiskusikan.

Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua peserta yang telah menyempatkan waktu untuk hadir di sini. Partisipasi Anda sangat berarti bagi kelancaran dan keberhasilan pertemuan ini. Semua kontribusi dan kerja sama Anda sangat kami hargai.

Selama pertemuan ini, kami mengharapkan agar semua peserta dapat berdiskusi dengan terbuka dan saling mendukung untuk mencapai tujuan kami. Mari kita berfikir bersama, berbagi pengetahuan, dan mencapai kesepakatan yang bermanfaat bagi semua pihak.

Terima kasih atas perhatian dan partisipasi Anda. Semoga pertemuan ini berjalan lancar dan produktif. Mari kita mulai dengan semangat dan komitmen untuk mencapai hasil yang positif.

Terima kasih.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.”

5. Contoh Kalimat Sambutan Perpisahan Sekolah

“Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Hari ini adalah hari yang penuh makna bagi kita semua. Kita berkumpul di sini untuk merayakan momen perpisahan yang akan membekas dalam ingatan kita sepanjang hidup. Saya, Aji Darmawan, dengan perasaan campur aduk, ingin menyampaikan sambutan perpisahan ini.

Selama beberapa tahun terakhir, kita telah melewati beragam pengalaman dan tantangan bersama. Kita belajar, tertawa, dan tumbuh bersama sebagai satu keluarga sekolah. Saat ini, kita harus mengucapkan selamat tinggal pada bagian penting dari hidup kita yang disebut “sekolah.”

Pada momen seperti ini, kita tidak hanya merasa sedih karena harus berpisah, tetapi juga bersyukur atas semua yang telah kita capai selama ini. Setiap pelajaran, teman, guru, dan pengalaman telah membentuk kita menjadi pribadi yang lebih baik dan siap menghadapi masa depan.

Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh guru dan staf sekolah yang telah memberikan dukungan, bimbingan, dan ilmu kepada kita. Kami juga berterima kasih kepada orang tua dan keluarga yang selalu ada di samping kami dalam perjalanan ini.

Kepada teman-teman sekelas, saya ingin mengucapkan terima kasih atas kenangan-kenangan yang luar biasa. Kita telah bersama-sama mengatasi ujian, proyek, dan kegembiraan selama ini. Semua momen ini akan selalu kita kenang.

Kini, kita akan melangkah ke babak berikutnya dalam hidup kita. Ini adalah saatnya untuk mengejar impian-impian kita, mengejar cita-cita, dan menjadikan semua yang telah kita pelajari sebagai bekal untuk masa depan yang cerah. Saya yakin kita semua memiliki potensi luar biasa untuk mencapai kesuksesan.

Terakhir, saya ingin mengingatkan kita untuk selalu menjaga persahabatan dan kenangan-kenangan indah ini di dalam hati kita. Kita mungkin berpisah secara fisik, tetapi persahabatan kita akan tetap hidup dalam ingatan kita.

Selamat tinggal, teman-teman! Semoga Allah SWT memberikan kesuksesan, kebahagiaan, dan berkah di setiap langkah perjalanan kita. Semoga kita semua bertemu lagi dalam momen yang penuh kebahagiaan di masa depan.

Terima kasih.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.”

6. Contoh Kalimat Sambutan Peringatan Kemerdekaan

“Hormat kami kepada para hadirin yang terhormat,

Pada hari yang bersejarah ini, Saya Aji Darmawan, dengan penuh rasa hormat dan bangga, ingin menyampaikan sambutan dalam rangka peringatan kemerdekaan negara kita yang tercinta. Hari ini, kita semua berkumpul untuk merayakan dan mengenang momen penting dalam sejarah bangsa kita.

Peringatan kemerdekaan adalah saat yang sangat istimewa. Ini adalah waktu ketika kita menghargai pengorbanan pahlawan-pahlawan kita yang telah berjuang keras demi kemerdekaan dan kemerdekaan yang kita nikmati hari ini. Mereka telah mengorbankan nyawa dan tenaga demi masa depan yang lebih baik bagi kita semua.

Sebagai generasi muda yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menjaga dan memajukan negara kita, mari kita gunakan hari ini sebagai momen refleksi. Mari kita evaluasi pencapaian-pencapaian kita selama ini dan menetapkan tujuan-tujuan yang lebih tinggi untuk masa depan.

Perjuangan kemerdekaan bukanlah satu kali peristiwa, tetapi suatu perjalanan yang berkelanjutan. Ini adalah tanggung jawab kita untuk memastikan bahwa nilai-nilai kemerdekaan, persatuan, dan keadilan tetap hidup dalam masyarakat kita. Mari kita bekerja bersama-sama untuk membangun negara yang lebih kuat, adil, dan makmur.

Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua yang hadir di sini, serta kepada pahlawan-pahlawan kita yang telah berjuang demi kemerdekaan kita. Semangat perjuangan mereka akan terus menjadi sumber inspirasi bagi kita semua.

Dalam semangat kemerdekaan, mari kita bersatu, berjuang untuk kebaikan bersama, dan menjadikan Indonesia lebih hebat di masa depan.

Terima kasih.

Merdeka! Merdeka! Merdeka!”

7. Contoh Kalimat Sambutan Acara Pelatihan

“Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Marilah kita mulai dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Selamat pagi/siang/ malam semuanya. Saya, Aji Darmawan, sebagai penyelenggara acara, dengan senang hati menyambut Anda semua dalam acara pelatihan ini.

Pertama-tama, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada setiap peserta yang telah berkenan hadir di acara pelatihan ini. Kehadiran Anda semua adalah bukti komitmen untuk terus belajar dan berkembang, dan itu sangat dihargai.

Pelatihan ini dirancang dengan tujuan memberikan pengetahuan, keterampilan, dan wawasan yang berguna bagi semua peserta. Kami telah berusaha keras untuk menyusun materi pelatihan yang relevan dan praktis yang dapat Anda terapkan dalam pekerjaan atau kehidupan sehari-hari Anda.

Selama pelatihan ini, mari kita jalin kerjasama yang baik, bertanya dengan bebas, dan aktif dalam diskusi. Semua itu akan membantu kita memahami dan menguasai materi dengan lebih baik.

Saya juga ingin menyampaikan terima kasih kepada instruktur dan pembicara yang telah berkomitmen untuk memberikan materi yang bermanfaat kepada kita semua.

Mari manfaatkan waktu kita selama pelatihan ini sebaik mungkin. Saya yakin setiap peserta memiliki potensi besar, dan pelatihan ini adalah kesempatan untuk mengembangkan potensi tersebut.

Terima kasih sekali lagi atas partisipasi Anda dalam acara pelatihan ini. Semoga acara ini menjadi pengalaman yang berharga dan membawa manfaat yang besar bagi kita semua.

Selamat mengikuti pelatihan!

Terima kasih.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.”

Reference:

https://www.englishclub.com/business-english/meetings-opening.php


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!