person holding black tablet computer

Cara Screenshot di Macbook Mudah Tanpa Aplikasi

Meskipun mudah, mungkin beberapa dari pengguna baru belum mengetahui cara screenshot di Macbook. Screenshot atau tangkapan layar sendiri merupakan fitur yang dapat ditemui di banyak perangkat seperti laptop salah satunya.

Untuk fitur tangkapan layar di Macbook sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan laptop-laptop pada umumnya seperti Windows. Setiap pengguna tentu dapat menangkap tampilan pada layar sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Fitur ini diciptakan dengan tujuan untuk mendokumentasikan gambar yang tidak bisa diperoleh melalui opsi unduh atau simpan. Seperti misalnya saat Anda ingin menyimpan gambar dari potongan video atau kegiatan yang dilakukan di laptop.

Seperti yang sudah diketahui banyak orang bahwa Macbook menggunakan sistem operasi macOS. Hal tersebut menyebabkan laptop ini memiliki perpaduan perintah yang berbeda dengan Windows saat melakukan screenshot.

Cara Screenshot di Macbook

Untuk melakukan screenshot, Anda dapat melakukannya melalui berbagai opsi seperti untuk tampilan penuh, bagian tertentu, ataupun untuk aplikasi. Berikut ini adalah cara-cara yang perlu Anda lakukan.

1. Tangkapan Layar Tampilan Penuh

Untuk melakukan screenshot atau ss untuk layar penuh berarti Anda dapat mengambil tangkapan layar pada setiap yang ditampilkan di layar. Adapun caranya sangat sederhana, yaitu dengan menekan tombol ‘command’ + ‘3’ + ‘shift’ secara bersamaan.

Setelah itu, akan terdengar suara seperti jepretan kamera untuk menandakan berhasilnya proses screenshot. Anda dapat melihat hasil fotonya pada galeri laptop.

2. Tangkapan Layar Bagian Tertentu

Selain ss layar penuh, terdapat juga cara screenshot di Macbook untuk bagian tertentu dari yang ditampilkan saja. Sehingga, Anda dapat memilih bagian mana yang ingin ditangkap gambarnya.

Untuk caranya, hanya perlu menekan kombinasi tombol ‘command’ + ‘4’ + ‘shift’ secara bersamaan. Setelah itu, akan muncul pointer berbentuk tanda panah. Arahkan pointer untuk membuat ss pada bagian yang diinginkan dari tampilan layar.

Baca juga: Cara Update Windows 10 yang Paling Tepat

3. Tangkapan Layar Pada Aplikasi yang Terbuka

Selanjutnya adalah cara screenshot di Macbook pada jendela aplikasi yang terbuka. Misalnya, saat Anda sedang membuka Youtube dan ingin melakukan tangkapan layar. Pada kondisi ini, tangkapan layar dapat dilakukan pada tampilan layar dari Youtube tersebut.

Untuk caranya masih mirip dengan cara sebelumnya yaitu, dengan menekan tombol kombinasi antara ‘command’ + ‘4’ + ‘shift’ + ‘spasi’. Yang membedakan hanyalah adanya spasi di antara kombinasi tombol tersebut.

Setelah itu, akan muncul pointer dengan bentuk kamera dan dapat ditaruh pada aplikasi yang terbuka tersebut. Kemudian, klik pointer untuk melakukan screenshot. Cara ini juga dapat dilakukan pada aplikasi apapun sepanjang dalam keadaan terbuka.



4. Tangkapan Layar dengan Banyak Opsi

Adapun cara screenshot di Macbook dengan memunculkan berbagai opsi di atas sebelum mulai menangkap gambar. Caranya juga sangat sederhana, yaitu dengan menekan kombinasi tombol ‘command’ + ‘5’ + ‘shift’ secara bersamaan.

Setelahnya, layar akan berhenti sejenak dan kemudian memunculkan menu untuk pengaturan screenshot pada bagian bawah layar. Dengan menu tersebut, Anda dapat mengakses opsi-opsi di atas dengan lebih mudah dan tidak perlu menekan banyak tombol.

5. Tangkapan Layar Touch Bar

Dan cara screenshot di Macbook yang terakhir adalah untuk tangkapan layar melalui touch bar. Tetapi, perlu diketahui bahwa cara ini dapat dilakukan untuk Macbook Pro 15 inci atau 16 inci.

Cara yang perlu dilakukan juga sederhana, yaitu dengan menekan tombol ‘command’ + ‘6’ + ‘shift’ secara bersamaan. Setelah itu, Anda dapat mengambil ss dengan sangat lebar dan juga tipis dari touch bar.

Baca juga: 4 Cara Memotong Video di Laptop dengan Mudah

Setelah membaca penjelasan mengenai cara screenshot di Macbook, pasti Anda sependapat bahwa melakukan ss di Macbook sangatlah mudah. Mungkin untuk permulaan akan terasa asing jika sebelumnya terbiasa menggunakan sistem operasi windows.

Tetapi, dengan terus menerapkannya Anda akan terbiasa dan tidak perlu berpikir lama lagi saat ingin menggunakannya. Karena pada dasarnya segala sesuatu hanya membutuhkan waktu untuk akhirnya terbiasa dengan perubahan baru.

Oleh karena itu, melalui informasi terkait cara screenshot di Macbook, diharapkan pembaca dapat menyerapnya dengan baik. Dengan begitu, apapun jenis laptop yang digunakan, Anda tidak perlu kebingungan untuk melakukan tangkapan layar.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!