cara meningkatkan customer lifetime value

Cara Meningkatkan Customer Lifetime Value dengan Benar

Ada banyak cara meningkatkan Customer Lifetime Value untuk suatu bisnis atau usaha. Tidak sedikit juga bahwa sales person setuju mengenai hubungan jangka panjang suatu bisnis dengan pelanggan mengenai meningkatkan nilai perusahaan dari waktu ke waktu. 

Di lain sisi membuat perusahaan atau usaha bisnis yakin bahwa meningkatkan Customer Lifetime Value menjadi langkah potensial untuk menaikkan level suat perusahaan. Untuk mewujudkannya tidak bisa dikatakan dengan mudah, di mana membutuhkan proses cukup panjang. 

Alasannya karena transisi perusahaan dari awalnya berorientasi pada penjualan berubah dalam orientasi kepercayaan dengan pelanggan. Selain itu bagi perusahaan yang terpenting yaitu untuk menawarkan produk pada orang sebanyak mungkin untuk meningkatkan potensi penjualan yang dingin dicapainya.

Cara Meningkatkan Customer Lifetime Value

Untuk meningkatkan Customer Lifetime Value suatu perusahaan, maka ketika orientasinya berpihak pada pelanggan dari awal maka ketika menjadi lead menjadi pelanggan royal. Selain itu strategi yang dijalankan bukanlah strategi kutu loncat. 

Di mana sales person akan berpindah dari satu orang lead ke lead lainnya. Untuk mengetahui cara meningkatkan customer lifetime value, berikut beberapa tips bisa dilakukan oleh seseorang untuk mengembangkan perusahaan maupun bisnisnya.

1. Mencari Tahu Pelanggan Terbaik Perusahaan

Cara yang pertama yaitu mencari tahu pelanggan terbaik dalam suatu perusahaan atau bisnis. Dari semua pelanggan tentu suatu perusahaan mempunyai daftar pelanggan terbaik yang selalu merasa puas dan terus meningkatkan pembeliannya. 

Dalam hal ini, ketika ingin meningkatkan Customer Lifetime Value perlu menemukan pelanggan terbaik dan memberikan pelayan eksklusif terhadap pelanggan agar memiliki peluang penjualan yang lebih besar.

2. Melayani Semua Pelanggan dengan Baik

Pelanggan terbaik nantinya akan mendapatkan pelayanan ekslusif, di mana selanjutnya meningkatkan pelayanan terhadap peluang di luat kategori pelanggan terbaik. Meski dalam pembelian dihasilkan dari pelanggan di luar kategori pelanggan terbaik kurang terlalu besar. 

Akan tetapi peluang yang didapatkan di masa depan akan tetap jauh lebih baik. Oleh karena itu pengalaman positif akan membawa pelanggan biasa untuk menambah pembelian untuk memenuhi kebutuhannya.

3. Mengupayakan Retensi Pelanggan

Cara meningkatkan Customer Lifetime Value selanjutnya yaitu dengan mengupayakan retensi pelanggan, bik itu pelanggan baru maupun lama dengan retensi berbeda. Dalam hal ini retensi pelanggan lama yang lebih tinggi menandakan bahwa mereka puas dengan pelayanan yang sudah diberikan suatu perusahaan.

 Jika seseorang ingin meningkatkan CLV dari pelanggan-pelanggan tersebut, hal perlu dilakukan adalah menjadikan perusahaan lebih peduli lagi terhadap pembelian pelanggan atau retensinya.

4. Meningkatkan Pangsa Pasar dengan Afiliasi dan Rekomendasi

Perubahan yang mendapatkan suatu rekomendasi dari pelanggan lama menandakan bahwa perusahaan tersebut memiliki pelayanan yang baik. Jika suatu perusahaan ingin mendapatkan nilai tambah dari pelanggan dan lead. 

Maka hal yang perlu dilakukan adalah dengan meningkatkan pangsa pasar dengan rekomendasi afiliasi. Dalam hal ini, afiliasi bertujuan memberikan bonus kepada pelanggan ketika ada pelanggan baru membeli produk atau jasa melalui dirinya. 

Sehingga dalam hal ini pelanggan dengan afiliasi tersebut akan merasa senang dikarenakan mendapatkan bonus setiap ada pelanggan baru dari dirinya. Selain itu secara tidak langsung afiliasi atau rekomendasi bisa meningkatkan penjualan suatu perusahaan atau bisnis. 

5. Tujuan Untuk Meningkatkan Profit

Cara meningkatkan Customer Lifetime Value selanjutnya bagi seseorang atau suatu perusahaan yaitu perlu memiliki sebuah tujuan untuk meningkatkan sebuah profit. Di mana dalam hal ini ketika perusahaan fokus pada penjualan maka perlu mengawali strategi dengan meningkatkan nilai dari retensi pelanggan. 

Dengan melakukan fokus pada upaya meningkatkan profit, tentu suatu perusahaan akan jauh lebih peduli terhadap para pelanggan-pelanggannya. Customer Lifetime merupakan salah satu metrik yang memiliki fungsi untuk mengetahui retensi pelanggan dalam suatu bisnis atau perusahaan. 

Adanya CLV atau Customer Lifetime Value cukup berpengaruh dalam meningkatkan penjualan suatu perusahaan atau bisnis untuk memperoleh profit. Untuk cara meningkatkan customer lifetime value ada beberapa hal perlu diperhatikan, seperti mencari pelanggan terbaik di perusahaan, melayani pelanggan dengan baik, mengupayakan retensi pelanggan, meningkatkan pangsa pasar dengan afiliasi, dan sebagainya.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!