cara membuat grafik di Power Point

Cara Membuat Grafik di Power Point dengan Benar

Cara membuat grafik di Power Point dapat mempermudah anda melakukan presentase. Di era teknologi saat ini, tentunya lebih dimudahkan jika menganalisa melalui tampilan grafik dibandingkan menggunakan halaman spreadsheet.

Tentunya, hal tersebut mempermudah pengguna untuk memulai analisisnya. Karena data dalam jumlah besar, bisa dipindahkan atau disimpulkan ke dalam grafik yang ringkas dan padat, pastinya lebih mudah bukan?

Kami akan menjelaskan bagaimana anda dapat menambahkan grafik, memodifikasi data pada Ms. Power Point, serta menonjolkan tampilannya. Oleh karena itu, simak penjelasan berikut ini untuk mempelajarinya dengan mudah.

Cara Membuat Grafik di Power Point untuk Memulainya

Untuk memulai cara mudah membuat grafik di Power Point adalah dengan memasukkannya. Berikut cara yang bisa Anda aplikasikan.

  1. Carilah menu insert dan menekannya, lalu pilih menu ribbon dan tekan ikon chart untuk mulai menjalankannya.
  2. Cara membuat grafik di Power Point dengan pilih menu insert chart yang akan menampilkan berbagai pilihan template, salah satunya bisa anda pilih. Pada bagian sisi kiri, terlihat beberapa jenis grafik di dalam Ms. Power Point, diantaranya Line dan Pie.
  3. Pertimbangkan jenis data milik anda dengan tujuan dibuatnya sebuah grafik. Sehingga, akan memberikan tampilan yang pas dalam melakukan analisa, jika anda benar atau tepat dalam memilihnya.
  4. Di dalam Ms. Power Point, ada berupa grafik lanjutan yang lainnya, selain column, pie, bar, ataupun area. Hal ini seperti waterfall dan histogram. Pilihlah kategorinya berdasarkan kebutuhan data milik anda.

Baca juga: Cara membuat grafik di word

Lakukan Penginputan Data di Dalam Power Point

Lalu, bagaimana jika ingin melakukan penginputan data sebagai salah satu cara membuat grafik di Power Point? Mudah sekali dilakukan, apalagi data-data ini harus diinput untuk menunjukkan grafik yang tepat. 

Contohnya saja, dibuatlah diagram pie berbentuk (kue). Sesudah anda mulai memasukkannya, nantinya akan muncul jendela spreadsheet pada aplikasi Excel untuk menambahkan data, tidak cukup jika hanya menggunakan satu aplikasi saja.

Namun, kemudahan dalam membuatnya dalam aplikasi Power Point yaitu saat anda sering menginput data, maka akan adanya pembaharuan. Ketika dilakukan pengubahan data, di dalam grafik juga langsung berubah menyesuaikan data-datanya.

Kemudian, jika ingin menambahkan potongan pada diagram pie pada aplikasinya. Ambillah handel kotak di sekitar data, tarik ke arah bawah untuk mencantumkan baris yang lainnya.

Proses untuk Melakukan Pengeditan Pada Data-Datanya

Aplikasi Ms. Power Point diawali dari data-data dasar yang dipopulasikan ke dalam spreadsheet. Selanjutnya, pengguna bisa melakukan modifikasi untuk mencantumkan data-data miliknya ke dalam aplikasi dengan cepat.

Jika anda butuh untuk membuka ulang halaman spreadsheet dan memberikan revisi atau mengeditnya. Anda hanya perlu klik kanan pada bagian grafik dan memilih edit data.

Dengan begitu, cara membuat grafik di Power Point untuk proses pengeditan data dapat dilakukan dan disesuaikan secara langsung. Selain itu, proses pengubahan data dalam aplikasinya, kemudian juga bisa untuk mengatur style diagram yang digunakan. 

Pengaturan style dapat mudah dilakukan untuk aplikasi Microsoft Power Point sesuai keinginan dari pengguna. Sampai sini, apakah anda sudah mulai memahami bagaimana cara mudah membuat grafik di Power Point.

Baca juga: Cara membuat grafik di excel

Modifikasi Grafik dengan Berbagai Style Sesuai Kebutuhan

Langkah akhir yang harus anda perhatikan di dalam cara membuat grafik di Power Point adalah pengaturan style. Pahami beberapa penjelasan di bawah ini untuk memudahkan anda mengatur grafiknya, diantaranya:

  1. Chart Styles

Carilah menu design pada bagian ribbon Power Point, terdapat di bawah tab chart tools. Tersedia beragam pilihan preset style untuk mengubah tampilannya, bisa menambahkan bayangan atau kedalaman supaya lebih menonjol.

  1. Lakukan Pengubahan Warna

Sebagai pelengkap dalam pembuatannya, pengguna juga mudah mengubah skema pilihan warnanya. Lakukan klik di dalam chart tool dan berada pada menu design, tekan tombol change colors pada sisi kiri ribbon.

  1. Mengubah Format Pada Area

Agar benar-benar terasa akan melakukan presentase, tekan klik kanan dan pilih format chart area. Nantinya akan muncul beberapa menu dengan fitur-fitur yang bisa disesuaikan dengan grafik.

Menu tersebut mudah digunakan dan dapat dipakai sesuai kebutuhan atau keinginan pengguna. Misalnya saja dengan menambahkan warna pada background, serta border di bagian tepinya, beberapa klik untuk melakukan perubahan.

Sesudah anda mempelajari langkah-langkahnya, kini waktunya untuk mempraktekkan sendiri. Cara membuat grafik di Power Point dapat langsung diterapkan dan mempermudah proses presentase dengan mengelompokkan data-datanya.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.