cara membangun customer engagement

Cara Membangun Customer Engagement untuk Bisnis Anda

Dalam dunia bisnis, penting untuk mengetahui cara membangun customer engagement demi mengantisipasi kepergian pelanggan. Berdasarkan penelitian Gallup, bisnis yang berhasil meng-engage pelanggannya mengalami kepergian pelanggan 63% lebih sedikit.

Selain itu, jika suatu bisnis sudah memiliki hubungan yang baik dengan pelanggannya, maka mereka juga menyumbang revenue lebih besar. Yaitu sebanyak 23% lebih besar dibandingkan pelanggan biasa.

Adapun yang dimaksud customer engagement sendiri merupakan sebuah rencana bisnis untuk mendapatkan perhatian pelanggan. Dengan begitu dapat juga dipastikan apakah pelanggan mendapat pengalaman terbaik saat berinteraksi dengan bisnis Anda.

Ini Dia Beberapa Cara Membangun Customer Engagement 

Terdapat banyak cara untuk dilakukan dalam menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Mari simak cara-caranya di bawah ini:

  1. Perhatikan Perjalanan Pelanggan

Cara pertama dalam membangun customer engagement adalah mengetahui tahap perjalanan pelanggan Anda. terdapat beberapa bagian dalam perjalanan customer yang dibagi menjadi berikut:

  • Awareness, yaitu ketika calon pelanggan dapat menemukan bisnis Anda. Biasanya dapat diketahui melalui iklan atau sumber lain.
  • Research, yaitu tahapan saat customer mulai tertarik dan mencari tahu. Mereka juga akan membuka web ataupun akun media sosial bisnis tersebut.
  • Consideration. Pada tahap ini customer melakukan perbandingan. Mereka akan membandingkan beberapa produk dengan kompetitor sejenis.
  • Purchase, yaitu saat pelanggan mulai melakukan pembelian.
  • Loyalty. Di tahap ini pelanggan mulai setia melakukan pembelian berulang.
  1. Terus Berinovasi dan Tarik Perhatian Pelanggan Melalui Media Sosial

Cara membangun customer engagement selanjutnya adalah dengan terus berinovasi terhadap hal-hal baru. Media sosial bisa diandalkan pada tahap ini sebagai wadah promosi. Sehingga, penting untuk memiliki akun media sosial untuk bisnis pada era ini.

Buatlah tagline menarik seperti “siap dan ada kapanpun Anda butuhkan”. Selain itu, bisa juga ditambahkan alunan suara khas atau hashtag yang memorable agar melekat di pikiran customer.

Setelah itu, Anda bisa membuat interaksi dengan pelanggan melalui tantangan media sosial, seperti tantangan foto bersama produk dalam suatu kegiatan. Cara membangun customer engagement ini biasanya ampuh mengingat pengguna media sosial yang begitu banyak.

  1. Buat Iklan Bisnis Dengan Menarik

Iklan dapat dibuat berupa foto ataupun video yang menjelaskan produk Anda. Sebab sebuah gambar atau ilustrasi akan lebih mudah diingat dibandingkan hanya menggunakan kata-kata saja.

Gunakan jasa fotografer profesional untuk hasil yang memuaskan. Tetapi, bisa juga dilakukan sendiri, seperti menggunakan kamera ponsel. Yang terpenting sediakan penerangan memadai dengan background cantik.

  1. Buat Web Resmi

Meskipun kebanyakan orang lebih akrab dengan media sosial, membuat web juga penting untuk suatu bisnis. Selain dinilai lebih terpercaya, web juga dapat menjadi wadah untuk menjelaskan produk beserta manfaatnya dengan lebih jelas.

Cara membangun customer engagement dengan membuat web juga akan membuat bisnis terlihat lebih berkelas dan profesional. Dengan demikian, web ini merupakan investasi jangka panjang untuk masa depan.

  1. Komunikasi Lewat Email

Berkomunikasi dengan pelanggan melalui email mungkin terdengar ketinggalan jaman. Tetapi, email sebenarnya masih ampuh untuk dijadikan platform peningkatan pemasaran produk.

Anda dapat mengirimkan pemberitahuan saat bisnis sedang memberikan promo terhadap beberapa produk atau jasa. Misalnya saat anniversary perusahaan atau adanya suatu pencapaian. Dengan begitu, customer akan merasa istimewa dan semakin terikat. 

  1. Berikan Respon Positif Terhadap Tanggapan Pelanggan

Selanjutnya, Anda perlu memberikan respon dengan baik kepada setiap umpan balik yang diberikan pelanggan. Cara membangun customer engagement ini penting untuk membangun kepercayaan dan agar mereka merasa didengar.

Tanyakan juga terkait perkembangan apa yang ingin mereka usulkan untuk bisnis Anda melalui testimoni atau semacamnya. Dan tentu terus bersikap ramah kepada para pelanggan baik secara online ataupun offline.

  1. Jaga Hubungan Baik

Cara yang terakhir ini adalah yang terpenting. Jaga kualitas hubungan bisnis Anda dengan para customer setia. Menurut salah satu riset, sebanyak 80% pendapatan suatu bisnis berasal dari pelanggan setia.

Dengan hubungan yang baik, customer akan loyal untuk menggunakan produk atau jasa perusahaan Anda. Bahkan mereka tidak akan segan untuk mengajak orang terdekat untuk melakukan hal sama.

Lakukanlah langkah-langkah di atas dengan baik untuk hasil yang terbaik bagi perusahaan Anda. Beberapa saran di atas akan mempermudah pemahaman Anda terkait cara membangun customer engagement untuk bisnis.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!