10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Tips Memilih Pakaian untuk Interview

Tips Memilih Pakaian untuk Interview bagi Calon Pekerja

Tips Memilih Pakaian untuk Interview terkesan remeh namun sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini melihat ketertarikan HRD dan menunjukkan bahwa Anda sebagai pencari kerja memang memiliki intensi kuat untuk bisa bekerja di perusahaan tersebut.

Sebuah kesempatan yang luar biasa bisa diundang untuk datang langsung melaksanakan wawancara secara tatap muka. Karena aka ditemukan banyak sekali hal-hal penting dari kecil hingga besar menjadikan pembelajaran tersendiri.

Bisa datang untuk melaksanakan interview merupakan kesempatan emas di mana menjadi kebanggaan tersendiri. Namun jangan cepat berpuas diri karena masih terdapat rintangan yang harus dilalui sebelum ditetapkan menjadi karyawan di perusahaan atau kantor tersebut.

Pastikan ketika Anda ingin pergi ke tempat wawancara, semua dalam keadaan siap. Baik dari sisi komunikasi, wibawa, sopan santun, hingga pakaian apa yang baiknya dikenakan. Berikut ini akan dibagikan tips dan trik dalam memilih pakaian untuk datang ke interview.

Inilah Tips Memilih Pakaian untuk Interview wajib dicoba

Bagaiman kondisi dan latar belakang dari perusahaan yang akan Anda jadikan pilihan untuk bekerja, sebaiknya jangan lupakan penampilan. Walaupun bekerja atau sedang interview di café misalnya atau perusahaan startup, pakaian menjadi look pertama orang lihat.

Orang lain kebanyakan akan menilai Anda melalui penampilan. Jika terlihat fresh, segar, wangi, dan rapi maka orang lain juga akan menyukainya. Begitu juga sebaliknya jika terlihat kusam bajunya, kucel, kusut pakaiannya maka orang lain juga tidak akan melirik apalagi HRD.

Baca Juga: Apakah Pakaian Mempengaruhi Interview? Berikut Jawabannya

Berikut ini beberapa Tips Memilih Pakaian untuk Interview yang Anda butuhkan. Sesuaikan pula dengan kenyamanan saat berpakaian namun masih terlihat sopan dan rapi. Untuk tipsnya berikut ini penjelasan lengkapnya:

1. Gunakan celana non denim

Maksudnya dis ini yaitu sebaiknya Anda menghindari celana yang berbahan denim. Hal ini dikarenakan interview termasuk dalam suasana formal dan bertemu dengan para pihak yang berkepentingan seperti saja HRD.

Memakai celana denim bagi yang tidak terbiasa juga akan menimbulkan kesan kurang nyaman dipakai. Bahan celana yang terlalu ketat akan mengganggu Anda saat menjawab pertanyaan interview.

2. Menggunakan kemeja agar lebih sopan

Tips Memilih Pakaian untuk Interview yang kedua ini lebih diarahkan untuk menggunakan kemeja, Anda bisa memilih kemeja yang terbuat dari bahan-bahan soft, seperti katun, sifon, flanel, dan sutra. Pilih kemeja yang menurut Anda nyaman dipakai.

3. Hindari motif pakaian yang tidak terlalu mencolok

Saat ini motif dari kemeja atau blouse sangat beragam. Mulai dari mengangkat motif full tumbuhan, hewan, dan lain sebagainya. Namun jika kemeja jenis ini dipakai ketika wawancara menjadi kurang sopan dan menimbulkan kesan yang lain.

Tips Memilih Pakaian untuk Interview ini dapat Anda cermati dengan baik dalam pemilihan blouse atau kemeja yang sederhana saja. Misalnya gunakan motif bergaris yang tidka berlebihan atau tanpa motif juga bisa.

4. Pilih warna pakaian yang soft

Warna baju yang Anda pakai saat wawancara dapat membentuk persepsi pihak pewawancara terhadap kepribadian. Hal ini menandakan bahwa pentingnya pemilihan warna yang akan dikenakan. Berikut ini rekomendasi warna terbaik untuk interview.

  • Warna putih

Warna ini masuk pada zona nyaman untuk bisa dipilih. Putih sendiri memiliki filosofi yaitu keteraturan dan menandakan menjaga profesionalitas. Ketika Anda memakai pakaian berwarna putih maka dapat dikombinasikan celana warna bebas.

  • Warna hitam

Kesan yang dimiliki oleh warna hitam bukanlah ketika melayat, namun siapa sangka warna ini memberikan kesan tersendiri. Memiliki filosofi profesionalitas dan memberikan kesan elegan serta berkelas.

  • Warna biru muda

Warna berikutnya yaitu biru muda yang akan memberikan kesan bahwa Anda adalah pribadi mudah berbaur. Hal ini sangat related jika dihubungkan dengan posisi pekerjaan yang ingin Anda geluti saat melamar.

  • Pakailah sepatu yang nyaman

Tips Memilih Pakaian untuk Interview yang selanjutnya yaitu ketepatan dalam memakai sepatu saat interview. Kadangkala sepatu menjadi benda yang diabaikan, padahal pewawancara biasanya juga melihat penampilan dari atas hingga bawah.

Untuk wanita bisa menggunakan sepatu dengan ujung jari yang tertutup. Hal ini untuk memberikan kesan formal sendiri. Sedangkan untuk laki-laki bisa menggunakan sepatu yang menutupi seluruh bagian kaki.
Datang ke tempat interview bukan hanya sebatas pergi ke tempat wawancara lalu pulang. Namun terdapat hal –hal yang perlu diperhatikan yaitu pakaian. Anda dapat mencari Tips Memilih Pakaian untuk Interview menjadi bagian penting yang tidak boleh terlewatkan.

Bagikan Artikel: