10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Tips Lolos Interview HRD Dijamin Masuk Tahap Selanjutnya

Mencari tips lolos interview adalah hal wajib, karena salah satu tahapan penting dalam proses melamar kerja adalah melakukan tes wawancara dengan pihak personalia perusahaan. Oleh karenanya bila Anda berada dalam tahap ini sebaiknya pelajari tips kami agar dapat masuk ke tahapan selanjutnya.

Tahap ini biasanya terjadi bila kiriman CV dianggap menarik oleh personalia. Sehingga bila CV lolos seleksi maka kandidat akan diundang untuk datang melakukan serangkaian tes seperti tes mengerjakan psikotes dan juga wawancara.

Oleh karenanya agar proses wawancara dengan pihak personalia ini berjalan dengan lancar tentu Anda harus mempersiapkannya dengan baik. Untuk mengetahui beberapa tips agar lolos interview HRD maka simak artikel berikut hingga akhir. 

Tips Lolos Interview HRD Agar Masuk Tahap Selanjutnya

Seorang kandidat yang diundang untuk tes wawancara harus dapat mempresentasikan dirinya dengan baik. Presentasi yang dinilai tentu tidak hanya penampilan namun juga perkataan dan sikap dalam menjawab pertanyaan.

Oleh karenanya agar pelamar mampu menampilkan diri dengan meyakinkan dan professional proses wawancara harus dipersiapkan dengan baik. Lakukan tips lolos interview HRD berikut agar mampu memikatnya dan menyatakan Anda lolos untuk lanjut ke tahap selanjutnya.

  1. Pelajari Tentang Perusahaan

Menjelang hari H, sebaiknya luangkan waktu untuk menggali info terkait perusahaan seperti misi, tujuan produk hingga berbagai bentuk layanan perusahaan. Hal ini guna membantu pelamar merasa lebih percaya diri yang akan menambah peluang untuk diterima.

Kenali profil perusahaan dari situs resmi atau dari pengumuman bukaan lowongan. Biasanya situs portal yang mengumumkan adanya lowongan juga akan mencantumkan deskripsi singkat perusahaan serta persyaratan untuk melamarnya.

  1. Tepat Waktu

Datang tepat waktu sesuai undangan yang dikirimkan akan memberikan kesan bahwa pelajar memiliki jiwa disiplin, semangat dan antusias terhadap proses recruitment. Datang 15 menit lebih awal juga menjadi saran baik untuk mengantisipasi hal-hal lain.

Intinya jangan sampai membuat pihak HRD yang menunggu. Hal ini dapat memberi kesan pertama yang kurang baik. Bahkan penilaian pertama terhadap kandidat akan mengurangi ketertarikan karena dianggap menyepelekan dan tidak disiplin.

  1. Pikat di kesan pertama

Tips lolos interview HRD selanjutnya yaitu berikan kesan terbaik. Perhatikan pakaian yang Anda gunakan, gunakan Bahasa tubuh antusias, semangat dan serius dalam mengikuti proses wawancara. Hindari sikap menguap atau tampak mata yang enggan menatap rekruter.

  1. Jelaskan kekurangan dan kelebihan

Proses wawancara biasanya bertujuan untuk mengenali karakter dari setiap kandidat. Oleh karenanya penting mempelajari kekurangan dan kelebihan diri. Tunjukan beberapa kelebihan Anda sehingga pihak perusahaan merasa layak untuk memilih.

Dalam tips lolos interview HRD, selain kelebihan biasanya kandidat juga akan diminta menjelaskan kekurangannya. Dalam hal ini meskipun jawaban harus jujur namun sebaiknya hindari memberi jawaban yang akan menyebabkan potensi ditolak.

Sampaikan detail kekurangan diri namun lengkapi juga dengan cara Anda mengatasinya. Misalnya saja kekurangan  pelamar berupa pelupa, maka sampaikan juga cara mengatasinya dengan selalu membuat alarm dan membuat daftar agenda (to do list).

  1. Antisipasi Jawaban

Umumnya, saat proses wawancara HRD akan memberikan beberapa pertanyaan umum sehingga perlunya mengantisipasi sedari ini. Pastikan Anda telah menyiapkan jawaban terbaik guna memikat interviewer.

Beberapa pertanyaan umum yang biasa ditanyakan seperti alasan melamar, apa kontribusi yang akan diberikan pada perusahaan, mengapa harus menjadi yang terpilih serta beberapa pertanyaan lainnya. Tentunya perlu memprediksi jawaban terkait hal ini.

  1. Latihan Interview

Tips lolos interview HRD berikutnya yaitu berlatih. Agar saat wawancara Anda tidak gagap dan merasa gugup, maka ada baiknya lakukan latihan terlebih dahulu. Latihan dapat dilakukan di depan cermin dengan memperhatikan Bahasa tubuh, tatapan mata hingga cara berbicara.

Banyak latihan akan memupuk rasa percaya diri dalam menjawab pertanyaan di hari H. Bila perlu, latihanlah di depan teman agar mendapat feed back atau evaluasi terhadap sikap Anda.

Apapun yang akan terjadi selama proses wawancara memang tidak dapat ditebak sepenuhnya, namun dengan mempersiapkan acara penting tersebut dengan matang akan memperkecil risiko kegagalannya. Oleh karenanya kerjakan tips lolos interview HRD tersebut dengan percaya diri.

Bagikan Artikel: