10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

cara menjawab pertanyaan interview dengan metode STAR

Cara Menjawab Pertanyaan Interview dengan Metode STAR

Banyak orang di luar sana bertanya cara menjawab pertanyaan interview dengan metode STAR. Metode STAR ini sendiri memiliki efektivitas yang sangat tinggi. Nantinya ini bisa digunakan ketika menjawab pertanyaan yang basisnya adalah pengalaman.

Normalnya interviewer memberikan pertanyaan tersebut untuk melihat apa tindakan yang Anda lakukan untuk mengatasi situasi tertentu. STAR sebagai metode sendiri sebenarnya adalah singkatan. STAR tersebut berisi situation, task, action, dan result.

Situation di sini berbicara tentang situasi di mana masalah yang akan diceritakan muncul. Tentu pemilihan situasi perlu dilakukan secara objektif. Itu karena, Anda perlu cerdas dalam memilih situasi yang diinginkan oleh interviewer.

Task sendiri berbicara tentang tugas atau tanggung jawab yang Anda tanggung dalam situasi tersebut. Task ini perlu dijelaskan sekonkrit mungkin supaya interviewer bisa paham tugas apa yang Anda perlu selesaikan dalam situasi tersebut.

Poin selanjutnya dalam cara menjawab pertanyaan interview dengan metode STAR adalah action. Inti dari action ini adalah aksi yang dilakukan untuk mengatasi task yang sebelumnya dijelaskan. Di sini akan terlihat bagaimana Anda menangani masalah.

Poin terakhir sendiri adalah result di mana Anda harus menjelaskan hasil yang didapat ketika masalah tersebut coba diselesaikan. Pada poin ini akan terlihat jelas apakah metode yang Anda coba efektif atau tidak.

Cara Menjawab Pertanyaan Interview dengan Metode STAR

Masih banyak orang yang kebingungan mengenai cara untuk menjawab pertanyaan interview dengan metode STAR. Kebingungan ini sendiri sebenarnya wajar mengingat pengaplikasiannya tidak bisa dilakukan hanya dengan memahami singkatannya.

Jika Anda masih bingung mengenai cara tersebut, ini adalah tempat yang sangat tepat. Di kesempatan kali ini akan diuraikan secara lebih rinci mengenai beberapa cara yang bisa dipraktikkan.

1. Cari Contoh

Hal pertama yang sangat vital dalam cara menjawab pertanyaan interview dengan metode STAR berhubungan dengan contoh. Intinya carilah contoh kasus yang memang sesuai dengan keinginan interviewer.

Jika bisa, pilihlah kasus yang memang cocok dengan posisi kerja Anda. Sebenarnya sangat mungkin interviewer menginginkan kasus yang topiknya di luar posisi kerja. Jika kondisinya seperti ini, ikuti saja keinginan interviewer tersebut.

Tetapi yang pasti, pastikan kalau kasus yang dipilih memang sangat Kamu kuasai. Jika kasus tersebut tidak terlalu Kamu kuasai, hasilnya bisa sangat negatif.

2. Persingkat

Cara menjawab pertanyaan interview dengan metode STAR berikutnya adalah dengan mempersingkatnya. Beberapa orang memang sering tergoda untuk memaparkan situasinya sedetail mungkin. Ini dilakukan agar interviewer bisa benar-benar paham.

Padahal itu bukan hal yang diinginkan interviewer. Interviewer lebih suka pada penjelasan yang singkat namun membuatnya mengerti akan situasi tersebut. Di sini, pemilihan kata jelas menjadi hal vital yang penting untuk diperhatikan.

Baca juga: Inilah Pertanyaan Interview Kerja dan Tips Menjawabnya

3. Peran dan Tanggung Jawab

Ketika situasi sudah dijelaskan secara singkat dan jelas, hal penting selanjutnya yang perlu diuraikan adalah peran dan tanggung jawab Anda. Perlu diingat, ada beberapa situasi di mana tanggung jawab yang ada sebenarnya akan diselesaikan bersama.

Jika situasinya seperti itu, Anda perlu menjelaskan secara rinci mengenai siapa saja yang bertanggung jawab akan situasi tersebut. Setelah itu, jangan lupa juga untuk menjelaskan secara spesifik bagian mana yang benar-benar Anda tanggung sendiri.

4. Tindakan

Ketika masalahnya sudah jelas, sekarang adalah waktunya untuk menjelaskan tindakan yang Anda lakukan. Di sini hal vital yang perlu diperhatikan adalah efektivitas. Pastikan setiap hal yang dijelaskan memang berkaitan dengan masalah yang dihadapi.

Jangan lupa juga untuk memberikan alasan dari setiap tindakan yang dilakukan. Intinya setiap tindakan yang Anda lakukan perlu didasari oleh alasan yang kuat. Tentu alasan tersebut sifatnya harus objektif dan berdasarkan pertimbangan tertentu.

5. Hasil

Hal terakhir yang tidak kalah penting dalam cara menjawab pertanyaan interview dengan metode STAR adalah hasil. Di sini Anda bisa menguraikan secara rinci mengenai hasil yang didapat ketika tindakan sudah dilakukan.

Dalam menyampaikan soal hasil, penting untuk memerhatikan apakah Anda memiliki data berupa angka dari hasil tersebut. Jika ada data berupa angka, ini akan meyakinkan interviewer akan efektivitas kerja yang Anda lakukan.

Pastikan untuk detail dalam memerhatikan setiap poin dalam metode STAR. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memerhatikan cara menjawab pertanyaan interview dengan metode STAR di atas dengan sebaik mungkin.

Bagikan Artikel: