Tanda Gagal Interview Kerja

10 Tanda Gagal Interview Kerja yang Wajib Diketahui Pelamar

Umumnya, pelamar kerja pasti tahu kalau tahap wawancara kerja menjadi salah satu tahapan rekrutmen yang berperan besar atas lulus atau tidaknya seseorang ketika melamar kerja.

Namun hanya sedikit yang mengetahui tanda-tanda gagal interview kerjanya. Kebanyakan orang hanya menunggu kabar dari recruiter secara langsung saja.

Meski begitu, sebenarnya ada lho tanda yang bisa Anda waspadai jika ternyata wawancara yang Anda jalani tidak memberikan kesan memuaskan bagi recruiter.

Nah, untuk mengetahui tanda gagal interview kerja, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Tanda Gagal Interview Kerja

Bagaimana cara mengetahui kalau kita gagal dalam tahap interview kerja? Kalau Anda memiliki pertanyaan seperti itu, berikut jawabannya untuk Anda.

1. Interviewer Tidak Menunjukkan Ketertarikan

Menurut Career Sidekick, ketika seorang interviewer tertarik dengan kandidat yang diwawancarai, ia akan memberikan senyuman, menganggukkan kepala, dan menunjukkan minatnya terhadap apa yang disampaikan.

Namun jika interviewer tidak memberikan perhatian terhadap Anda, dan mereka tidak bertanya lebih jauh tentang Anda sehingga pembicaraan terasa membosankan, kemungkinan besar interviewer tidak tertarik dengan Anda.

Terlebih lagi jika selama wawancara, interviewer menunjukan ekspresi bosan dengan melihat jam tangan atau menguap berkali-kali, ini bisa jadi pertanda kalau Anda harus segera mencari opsi kerja di tempat lain.

2. Durasi Wawancara yang Berlangsung Pendek

Selanjutnya dapat diketahui ketika interviewer memotong durasi wawancaranya. Pemotongan durasi ini bisa menjadi pertanda kalau Anda dirasa kurang ideal untuk mengisi posisi yang dibutuhkan.

Adapun tindakan wawancara pendek yang dimaksud misalnya apabila di dalam jadwal wawancara telah tertulis bahwa durasi berlangsung selama 1 jam namun pewawancara malah memotong waktu tersebut menjadi sangat singkat, maka ini bisa dikatakan sebagai tanda gagal interview kerja.

3. Interviewer Menyampaikan Kekhawatirannya

Biasanya, tanda gagal interview kerja akan semakin terlihat jelas ketika interviewer memberitahu Anda bahwa mereka memiliki kekhawatiran terhadap pengalaman kerja atau bahkan mengenai tanggapan Anda saat menjawab pertanyaan mereka.

Namun tak perlu khawatir, adanya hal ini juga bisa menandakan bahwa mereka masih memberi kesempatan untuk Anda. Jadi, Anda tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan untuk memberikan jawaban terbaik dan menunjukkan bahwa Anda pantas mengisi posisi tersebut.

Baca juga: Ini 10 Penyebab Tidak Di panggil Interview, Salah Satunya Overqualified



4. Interviewer Fokus pada Sisi Negatif dari Posisi yang Dilamar

Umumnya, sisi negatif yang dimaksud di sini bukanlah aib atau keburukan Anda, ya. Melainkan seputar posisi yang dilamar, misalnya jam kerja yang panjang.

Pihak interviewer bisa saja menyampaikan ini untuk menghalangi Anda melamar di posisi yang menurut mereka tidak cocok untuk Anda.

Apabila Anda mendapatkan sikap ini dari pihak interviewer, Anda dapat memberikan respons yang menunjukkan sikap optimis dan pandangan positif terhadap posisi yang dilamar.

Dengan begitu Anda dapat membangun impresi yang positif dari hiring manager di perusahaan tersebut.

5. Tidak Diberikan Pertanyaan Lanjutan dari Jawaban Anda

Nah, salah satu tanda paling jelas kalau Anda tidak lolos interview user adalah ketika mereka tidak memberi pertanyaan lanjutan dari jawaban yang diberikan.

Interviewer yang tertarik pada kandidat biasanya akan meminta pihak pelamar mengelaborasikan jawabannya karena mereka ingin mendengar perspektif lain dari pelamar.

6. Interviewer Tidak Menjelaskan Tugas saat Bekerja

Biasanya, wawancara menjadi cara pelamar bisa mengetahui jobdesk yang akan dikerjakan di posisi yang dilamar secara lebih detail dan mendalam.

Namun, jika ternyata rekruter tidak menjelaskan tugas yang akan Anda kerjakan, mungkin ini menjadi salah satu tanda Anda gagal interview kerja.

7. Tidak Menanyakan Skill dan Pengalaman Kerja Anda

Skill dan pengalaman kerja pelamar merupakan poin utama yang harus diketahui oleh seorang recruiter. Maka dari itu mereka pasti menanyakan hal tersebut pada saat wawancara berlangsung.

Tapi apabila interviewer tidak menanyakan sama sekali tentang pengalaman kerja atau keterampilan Anda, bisa jadi interview tersebut gagal karena rekruter tidak tertarik pada Anda.

Biasanya, hal ini terjadi karena jawaban yang diberikan pada awal wawancara kurang menarik hati rekruter.

8. Tidak Ada Chemistry saat Interview Berlangsung

Tahukah Anda, wawancara kerja dapat diartikan seperti halnya kencan pertama.

Maka antara seorang pelamar dengan rekruter harus memiliki chemistry atau perasaan saling terhubung yang baik saat pertama kali bertemu.

Nah, jika Anda berada di posisi sebagai pelamar, Anda dapat mencari tahu bagaimana bahasa tubuh rekruter ketika melakukan wawancara tersebut.

Baca juga: Bolehkah Menanyakan Hasil Interview ke HRD? Pahami Hal Ini!

Bila mereka kerap memperlihatkan bahasa tubuh yang tidak nyaman, maka ini bisa mengindikasikan bahwa kemungkinan besar Anda tidak lolos.



9. Suasana Wawancara Seperti Interograsi

Pernahkah Anda mengikuti interview yang terasa seperti interograsi? Menurut Recruiter.com, ini bisa menjadi tanda bahwa Anda gagal interview kerja, lho.

Wawancara yang berjalan sukses akan terasa seperti percakapan yang bersahabat dan santai, bukan seperti diinterogasi polisi.

Kalau Anda berada dalam wawancara yang terasa sepihak tidak memberikan peluang untuk bertanya kembali, kemungkinan besar mereka tidak tertarik merekrut Anda.

10. Interviewer Tidak Mendiskusikan Tahap Berikutnya

Sebagaimana yang diketahui, setiap proses rekrutmen tentunya memiliki berbagai tahap yang harus dilalui.

Maka dari itu, bila Anda merupakan salah satu kandidat yang berhasil dalam proses interview, perekrut akan mendiskusikan proses seleksi selanjutnya dengan Anda.

Pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan tahap selanjutnya biasanya menanyakan tentang kesediaan untuk mengikuti tes lagi setelah interview.

Selain itu, rekruter yang tertarik kepada pelamar akan banyak bertanya tentang skill, kemampuan, dan lainnya kepada pelamar.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.