contoh jawaban mengapa anda ingin kerja disini

Contoh Jawaban “Mengapa Anda Ingin Kerja Disini?” dan Tips Menjawabnya

Biasanya ketika masuk ke tahapan interview kerja, Anda akan ditanya mengenai beberapa pertanyaan untuk meyakinkan rekruter seberapa tertariknya Anda dengan posisi dan perusahaan yang dilamar. Salah satu pertanyaan yang diberikan seperti “Mengapa Anda ingin kerja disini?”. Pertanyaan seperti ini biasanya cukup menjebak karena rekruter ingin tahu seberapa besar ketertarikan Anda dengan perusahaan dan apa yang menjadi alasan Anda tersebut. 

Untuk itu, ketika menjawab pertanyaan tersebut harus dipikirkan dengan baik. Jangan sampai Anda mengatakan alasan yang terkesan dibuat-buat. Berikut beberapa contoh jawaban “Mengapa Anda ingin kerja disini” dengan benar. 

Baca juga: Contoh Jawaban “Apa yang Membuat Anda Unik?” Serta Tips Menjawabnya

Mengapa Pertanyaan Tersebut Sering Ditanyakan?

Beberapa pertanyaan yang diajukan HRD biasanya selain dilakukan untuk mengenal Anda secara pribadi, juga digunakan untuk melihat seberapa tertariknya Anda dengan perusahaan tersebut. 

Salah satunya pertanyaan seperti mengapa Anda ingin bekerja disini. Pertanyaan ini justru banyak ditanyakan untuk menentukan apakah Anda bisa diterima di perusahaan tersebut atau tidak. 

Selain itu, rekruter juga ingin tahu apakah Anda sudah melakukan riset mengenai perusahaan atau belum. Menjawab dengan jelas dan tegas, bisa menjadi bukti jika Anda sudah melakukan riset mengenai perusahaan yang dilamar. Dengan begitu HRD bisa yakin dengan kesungguhan Anda ingin menjadi bagian dari perusahaan tersebut. 

Menurut Career Sidekick, pertanyaan tersebut ditujukan untuk mengetahui apakah Anda sudah memikirkan karir kedepannya dan tahu apa yang Anda inginkan dalam karir.

Tips Menjawab Pertanyaan “Mengapa Anda Ingin Kerja Disini?”

Berikut adalah beberapa tips menjawab pertanyaan “Mengapa Anda ingin kerja disini?” yang bisa Anda jadikan acuan untuk menjawab.

1. Jelaskan hubungan antara keterampilan yang Anda miliki dengan posisi yang dilamar

Pengalaman kerja dan keterampilan akan sangat berpengaruh selama proses interview. Jika ingin diterima, maka lebih baik sebutkan keterampilan yang Anda miliki serta prestasi atau capaian apa yang sudah pernah Anda raih. 

Kaitkan semua hal tersebut dengan posisi yang sedang Anda lamar denga tegas, jelas, tenang dan meyakinkan HRD. Dengan begitu rekruter akan memiliki ekspektasi yang baik pada pribadi Anda. 

Jika belum memiliki pengalaman kerja, maka bisa mengaitkannya dengan visi misi perusahaan. 

2. Fokus pada keunggulan perusahaan yang berhubungan dengan minat dan kemampuan Anda

Menjawab karena perusahaan sedang membuka lowongan atau karena Anda sedang membutuhkan pekerjaan adalah jawaban yang tidak disarankan. Jawaban tersebut memang jujur, hanya saja tidak menunjukkan ketertarikan Anda pada perusahaan. 

Anda bisa fokus untuk memberikan jawaban mengenai kelebihan yang dimiliki perusahaan tersebut dan tidak ada di perusahaan lain. Selanjutnya hubungkan hal tersebut dengan kemampuan Anda. 



3. Hubungkan tujuan Anda dengan branding produk

Anda dapat menghubungkan dengan produk ketika diberi pertanyaan mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami. Namun sebelum itu, pahami terlebih dahulu produk perusahaan tersebut. 

Tunjukkan bahwa Anda bersemangat untuk bekerja di perusahaan dengan produk yang juga sejalan dengan visi misi Anda. 

4. Tunjukkan semangat pada posisi yang dilamar

Manfaatkan pertanyaan tersebut untuk menunjukkan bahwa Anda berantusias dengan posisi yang dilamar dan perusahaan tersebut. Perlihatkan jika Anda benar-benar tertarik untuk bergabung. Akan tetapi, sebelumnya Anda harus sudah memiliki pengetahuan dasar mengenai perusahaan dan posisi yang dilamar. 

Baca juga: Daftar Pertanyaan Interview Gen Z Hingga Tips Menginterview Gen Z

Contoh Jawaban “Mengapa Anda Ingin Kerja Disini?”

Jika sudah menerapkan beberapa tips diatas, berikut contoh jawaban yang bisa Anda gunakan.

1. Menunjukkan kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan

“Saya lihat perusahaan ini sudah fokus untuk mengoptimalkan strategi marketing sosial. Di pengalaman saya sebelumnya, tim kami juga mengalami kesulitan untuk menemukan cara terbaik. Saya ingin mengaplikasikan juga kemampuan tersebut dalam media planning, influencer marketing, dan analysis di perusahaan ini”

2. Ketertarikan karena pencapaian perusahaan

“Perusahaan ini termasuk perusahaan yang memiliki pencapaian baik karena sudah dianggap sebagai peringkat 3 besar di kategori kesehatan. Sebagai pribadi yang berkeinginan untuk terus berkembang, saya ingin menjadi bagian dari tim dengan kinerja baik seperti di perusahaan ini”



3. Berhubungan hobi atau minat pribadi

“Ketika kuliah, saya menyadari bahwa minat saya ada di bidang marketing walaupun tidak sejalan dengan jurusan saya. Saya mendapatkan kepuasan ketika diminta untuk mencari inisiatif marketing. Oleh karena itu, saya melihat lowongan ini sangat sesuai dengan minat saya”

4. Memanfaatkan tantangan dan peluang yang dihadapi perusahaan

“Perusahaan Anda sedang berencana ekspansi ke luar negeri. Dengan pengalaman saya di bidang pemasaran dan kemampuan Bahasa Inggris yang baik, saya yakin keterampilan ini bisa menjadi nilai tambah dan keuntungan bagi perusahaan”

5. Sesuai dengan aspirasi atau impian

“Impian saya dari lama adalah bekerja di perusahaan yang fokus di bidang pertanian dan memberdayakan petani sekitar. Dengan kualifikasi serta pengalaman saya, saya ingin sekali berkontribusi dalam mengembangkan perusahaan ini”

6. Menunjukkan pengalaman pribadi yang unik

“Dari beberapa customer service yang pernah saya hubungi, hanya CS di perusahaan ini yang benar-benar membantu kendala saya. Dari sana, saya menilai bahwa perusahaan memiliki SOP yang baik serta sistem da kultur yang mengutamakan konsumen. Dengan pengalaman saya selama 5 tahun di posisi yang sama, saya siap berkontribusi untuk menyempurnakan pencapaian tersebut”

7. Berikan jawaban yang spesifik

“Saya ingin bekerja di perusahaan ini karena menyukai produk dari perusahaan iini. Saya sudah menggunakan produk sejak dari awal dirilis hingga sekarang. Menurut saya produk tersebut memiliki keunggulan yang bisa membantu masalah saya. Oleh karena itu, saya ingin berkontribusi secara langsung dengan kemampuan saya”

8. Jelaskan bagaimana Anda akan menikmati posisi tersebut

“Sudah menjadi keinginan saya untuk mempelajari hal baru. Saat masih menempuh pendidikan, saya terbiasa menjadi tutor untuk anak-anak kecil di lingkungan rumah saya. Oleh karena itu saya merasa senang dan bersemangat ketika mengajar”

Itulah contoh jawaban “Mengapa ingin kerja disini” yang bisa Anda terapkan ketika mendapati pertanyaan yang mirip. Jawablah dengan jelas dan meyakinkan bahwa Anda benar-benar tertarik dan ingin bekerja di perusahaan tersebut. 


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.