contoh jawaban apa yang membuat anda unik

Contoh Jawaban “Apa yang Membuat Anda Unik?” Serta Tips Menjawabnya

Biasanya interview kerja yang dilakukan dengan HRD akan menanyakan mengenai hal-hal dasar atau ingin mengulik lebih dalam tentang kandidat. Salah satu pertanyaan yang biasanya diberikan adalah “Apa yang membuat Anda unik”. Seringkali pertanyaan seperti ini justru sulit untuk dijawab karena banyak kandidat yang belum benar-benar mengenal diri mereka sendiri. 

Lalu, bagaimana cara menjawab pertanyaan tersebut? Berikut contoh jawaban “Apa yang membuat Anda unik” serta tips untuk menjawabnya. 

Baca juga: 8 Pertanyaan Interview Magang dan Contoh Jawaban yang Profesional

Contoh Jawaban “Apa yang Membuat Anda Unik?”

1. “Saya sangat menikmati mempelajari hal-hal baru dan terus mencari kesempatan untuk belajar hal baru”

Dengan menyebutkan jika Anda memiliki keinginan untuk mempelajari hal-hal baru, hal tersebut menunjukkan jika Anda tidak takut pada tantangan dan menyukai pertumbuhan. Selain itu, menjawab dengan cara tersebut juga sebagai cara mengingatkan rekruter jika Anda bisa menjadi kandidat untuk memenuhi posisi yang dilamar. 

2. “Saya adalah komunikator yang baik dan mudah bagi saya untuk berhubungan dengan orang lain”

Anda bisa mempertimbangkan untuk menyebutkan ciri kepribadian yang menurut Anda cocok untuk posisi tersebut. Misalnya Anda melamar untuk posisi desain grafis, maka Anda dapat menyebutkan bahwa Anda adalah orang yang kreatif. 

3. “Bekerja di perusahaan startup memberikan saya kesempatan untuk bisa memahami seluk beluk industri ini dengan lebih detail yang mungkin tidak bisa saya dapatkan di industri besar. Saya berfikir bahwa pengalaman ini bisa memberikan saya keunggulan dibandingkan kandidat lain”

Menjawab dengan pertimbangan latar belakang pekerjaan sebelumnya juga bisa menjadi nilai tambah. Contohnya jika sebelumnya Anda bekerja di perusahaan kecil dan pindah ke perusahaan besar, jelaskan bagaimana keterampilan Anda di perusahaan sebelumnya dapat berguna untuk perusahaan yang Anda tuju. 



4. “Pengalaman saya sebelumnya di bidang pelayanan telah memberikan saya banyak keterampilan teknis yang bisa saya terapkan untuk posisi ini nantinya”

Jika Anda memiliki pengalaman sebelumnya yang berbeda dengan posisi yang Anda lamar, coba gunakan kesempatan tersebut untuk bagaimana pengalaman Anda dapat berguna untuk posisi yang baru. 

Tujuannya untuk meredakan kekhawatiran rekruter karena latar belakang pekerjaan Anda yang jauh berbeda. 

Contoh jawaban “Apa yang membuat Anda unik” dalam bahasa Inggris

5. “I have strong background in data analysis combined with excellent communication skills. This make me able to translate complex data into actionable insights for everyone, ensuring we have on the same page”

Menggabungkan antara kelebihan hard skill dan soft skill bisa menjadi pilihan ketika Anda menjawab pertanyaan mengenai “Apa yang membuat Anda unik” Dengan begitu, diharapkan rekruter dapat mempertimbangkan proses rekrutmen Anda.

6. “During my internship program, I implemented several social media strategies to increased brand awareness by 30% and generated a 20% lead increase. This experience demonstrates my ability to develop and execute effective social media campaign”

Biasanya rekruter akan tertarik dengan kandidat yang memberikan hasil dari pengalaman di pekerjaan atau tempat magang yang sebelumnya. Terutama jika Anda sudah masuk ke tahap interview dengan user, biasanya jawaban yang sekaligus memberikan hasil biasa akan memberikan nilai tambah untuk Anda.

7. “In my previous role, the company implemented a new sofware program. I went above and beyond to learn it quickly, even attending seminar outside of work hours. This not only improved my knowledge but also my skills”

Kemampuan untuk bekerja dengan cepat dan mengikuti pace sangat dibutuhkan dalam pekerjaan. Oleh karena itu, penting untuk menjelaskan kepada rekruter mengenai kemampuan Anda terkait dengan beradaptasi di lingkungan kerja dengan cepat.

Baca juga: Mengenal Behavioral Interview: Contoh Pertanyaan dan Tipsnya

Tips Menjawab Pertanyaan “Apa yang membuat Anda unik?”

Ketika Anda dihadapkan dengan pertanyaan tersebut, tentunya tidak bisa dijawab dengan sembarangan karena sudah pasti akan berpengaruh pada hasil interview selanjutnya. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika diberi pertanyaan tersebut. 



1. Gunakan jawaban yang valuable

Anda harus menyiapkan jawaban yang valuable atau bernilai untuk perusahaan. Anda dapat memberikan jawaban dengan membawa kemampuan dan perspektif guna membantu perusahaan mencapai tujuan bisnisnya. 

2. Baca job description sebelum interview

Sebelum interview Anda juga harus melakukan riset mengenai apa saja pekerjaan harian atau mingguan yang dilakukan posisi yang Anda lamar. Hal ini akan membantu Anda dalam menjawab pertanyaan apa keunikan Anda. 

3. Jawab dengan jujur

Salah satu tujuan ditanyakannya pertanyaan ini biasanya untuk mengetahui kemampuan soft skill Anda. Oleh karena itu, penting agar bisa menjawab dengan jujur dan tidak berlebihan. Melansir dari The Balance Career, memberikan jawaban yang jujur, akan membuat jawaban Anda tersampaikan dengan baik pada rekruter.

4. Hubungkan dengan kepribadian Anda

Kepribadian Anda sehari-hari atau cara Anda bergaul dengan rekan kerja hingga keluarga dan teman bisa menjadi salah satu keunikan. Coba hubungkan kepribadian baik tersebut dengan pekerjaan yang akan Anda lamar dimana hal tersebut juga bisa menguntungkan perusahaan.

Contohnya: “Saya tidak segan untuk membantu rekan kerja yang membutuhkan bantuan, walaupun bukan termasuk dalam ranah pekerjaan saya, namun saya tahu batasan mana yang bisa saya bantu dan mana yang tidak”

5. Menjadi diri sendiri

Dalam menjawab pertanyaan ini, sangat penting jika Anda bisa menjadi diri sendiri. Hal ini karena pertanyaan seperti ini memang bertujuan untuk mengetahui kepribadian Anda. Coba untuk menggunakan contoh-contoh yang biasanya terjadi di kesehatian Anda agar rekruter lebih percaya.

6. Pastikan jawaban jelas dan singkat

Tips menjawab pertanyaan “Apa yang membuat Anda unik?” selanjutnya adalah jawab dengan jawaban yang singkat dan jelas. Berikan jawaban yang jelas dan akan meninggalkan kesan baik bagi rekruter. Hindari menjawab atau menjelaskan terlalu panjang. Anda bisa fokus pada skill atau kemampuan apa yang bisa ditonjolkan.

Baca juga: 6+ Pertanyaan Wawancara Kedua, Lengkap dengan Contoh Jawabannya!

Itulah beberapa contoh jawaban “Apa yang membuat Anda unik”? serta tips untuk menjawabnya agar bisa memberikan kesan yang baik pada rekruter hingga Anda dapat lolos ke tahapan yang selanjutnya.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.