contoh undangan setengah resmi

Inilah Pengertian, Unsur dan Contoh Undangan Setengah Resmi

Hampir sebagian besar sudah mengetahui undangan resmi dan tidak resmi, lalu bagaimana contoh undangan setengah resmi? Apakah ada perbedaan antara ketiga undangan tersebut?

Undangan setengah resmi ini biasanya digunakan atau dibuat oleh seseorang untuk kepentingan tertentu, pengajian, kerja bakti, pernikahan atau dan yang lainya. Dengan demikian undangan setengah resmi ini tentu berbeda dengan undangan tidak resmi atau undangan resmi.

Apa Pengertian Undangan Setengah Resmi?

Sebelum membahas bagaimana contoh undangan setengah resmi alangkah baiknya untuk mengetahui pengertian dari undangan setengah resmi itu sendiri.

Surat undangan setengah resmi merupakan sebuah surat yang dibuat atau ditulis oleh individu yang dikirimkan ke suatu lembaga dengan menggunakan bahasa yang resmi atau bahasa formal. Atau dengan kata lain surat undangan setengah resmi merupakan sebuah dokumen dengan bahasa formal.

Namun, jika dilihat dari kepentingannya dokumen ini untuk kepentingan yang tidak resmi. Itulah sebabnya dokumen atau surat ini disebut dengan surat undangan setengah resmi.

Unsur-unsur dalam Undangan Setengah Resmi

Tidak hanya surat resmi saja, surat undangan setengah resmi juga memiliki beberapa unsur yang harus ada di dalamnya. Sebelum membuat contoh undangan setengah resmi, perhatikan beberapa unsur berikut ini.

1. Tanggal surat

2. Alamat tujuan

3. Salam pembuka

4. Isi surat

5. Penutup

6. Nama terang dan tanda tangan pengirim

Baca juga: 5 Contoh Undangan Tidak Resmi. Bagaimana? Simak Selengkapnya

3 Contoh Undangan Setengah Resmi

Setelah mengetahui pengertian dan unsur-unsur yang harus ada dalam surat setengah resmi, Agar Anda lebih memahami bagaimana contohnya berikut adalah beberapa contoh yang bisa dijadikan referensi.

1. Contoh Undangan Setengah Resmi Kerja Bakti

Ngawi, 17 Oktober 2021

Kepada Yth.

Semua warga RT.01 RW.01

Desa Kedungbanjar, Kecamatan Hargomulyo, Surakarta

Dengan hormat,

Sehubungan dengan hasil rapat pertemuan RT pada 15 September 2021 yang berada di kediaman bapak Sutaji. Mengingat sekarang ini cukup banyak wabah penyakit yang mulai menyerang warga, maka kami selaku pengurus RT mengajak seluruh warga Desa Kedung Banjar untuk melakukan kerja bakti.

Setiap warga RT.01 RW.01 membersihkan lingkungan sekitar rumah, menyapu lingkungan sekitar dan membakar sampah. Mengingat sekarang ini musim hujan maka disarankan untuk membersihkan saluran air. Hal ini bertujuan agar tidak menjadi sarang nyamuk dan banjir.

Kegiatan kerja bakti tersebut akan dilaksanakan pada:

Hari, tanggal : Minggu, 25 Oktober 2021

Titik Pertemuan : DI halaman rumah Bapak RT.01 RW.01

Waktu : 06.00 s.d selesai

Demikian surat undangan ini kami sampaikan. Semoga semua warga Desa Kedung Banjar RT.01 RW.01 dapat menghadiri acara kerja bakti sebagai bentuk rasa disiplin dan tanggung jawab.

Atas perhatiannya kami sampaikan terimakasih

Ketua RT

Ahmad Firdaus



2. Contoh Undangan Setengah Resmi Ulang Tahun

Sidoarjo, 29 April 2020

Kepada : Ayuningtyas Miranti

Di

Jl. Kartini No. 40 Blog A Timur, Waru, Sidoarjo

Salam Sejahtera,

Teman-temanku yang sayang sayangi, saya berencana mengundang kalian untuk hadir dalam pesta ulang tahun saya yang mana akan dilaksanakan pada:

Hari, tanggal : Sabtu, 03 Mei 2020

Waktu : 19.00 s/d selesai

Tempat : Di cafe Halilintar, jl. Serayu No. 04 Waru, Sidoarjo.

Besar harapan saya teman-teman bisa hadir di acara tersebut. saya sangat menantikan kehadiran teman-teman semua. Sebelum dan sesudahnya, saya ucapkan terima kasih banyak atas perhatian teman-teman semua.

Temanmu,

Elliya Dewi Maharani

3. Contoh Undangan Setengah Resmi Izin Tidak Masuk Sekolah

Semarang, 20 November 2021

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali kelas IX-A

SMPN 2 Nusa Indah

Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku orang tua murid dari siswa yang ber:

Nama : Farel Yudha Oktavia

Siswa : Kelas IX-A di SMPN 2 Nusa Indah

Alamat : Jl. Basuki Rahmat No. 16 Semarang

Memberitahukan bahwa anak sayang tersebut tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, 20 November 2021 dikarenakan sakit. Oleh karenanya, kami selaku orang tua memohon kepada Bapak/Ibu Guru Wali kelas IX-A agar memberikan izin.

Demikian yang bisa kami sampaikan. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Sandra Ayu Wilanda

Baca juga: Cara Membuat Contoh Undangan Resmi Menggunakan Bahasa Inggris

Memang hampir sebagian besar orang hanya mengetahui perihal surat resmi dan surat tidak resmi. Setelah mengetahui contoh undangan setengah resmi diatas kini Anda bisa membedakan apakah undangan tersebut tergolong undangan resmi atau undangan tidak resmi.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.