10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Cara Menjadi Pegawai Bank dan Tahapan yang Dilalui Pelamar

Sudah lulus kuliah dan ingin mengetahui cara menjadi pegawai bank? Artikel dari kami ini mungkin bisa membantu Anda. Menjadi pegawai bank memang menjadi list utama bagi fresh graduate entah dari jurusan mana saja.

Selain bergengsi, bekerja di perusahaan perbankan juga menjanjikan gaji yang cukup tinggi. Sehingga banyak orang yang berminat untuk masuk. Tentu saja, jika ingin menjadi bagian perusahaan perbankan, pelamar wajib melalui sesi rekruitment.

Jangan takut jika saingannya banyak, karena siapa saja boleh melamar. Diterima atau tidak, itu urusan nanti, paling penting adalah usaha terlebih dulu

Cara Menjadi Pegawai Bank di Perusahaan Ternama

Menjadi pegawai bank memang terlihat sangat bergengsi, berpakaian rapi, selalu terlihat berwibawa juga. Selain itu, gaji juga besar, dengan jenjang karier yang menjanjikan tentu banyak peminatnya.

Akan tetapi, cara menjadi pegawai bank itu perlu perjuangan cukup keras. Apalagi jika Anda ingin mendaftarkan diri pada bank milik BUMN, itu harus bersaing juga dengan para kandidat di seluruh Indonesia.

Maka dari itu, jika sejak awal ingin masuk ke perusahaan perbankan, perlu mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin.

Tahapan yang akan Anda lalui juga panjang hingga nanti benar-benar diterima di sana. Bidang perbankan memang menjadi salah satu bidang pekerjaan paling diburu oleh fresh graduate.

Apalagi sekarang, cara menjadi pegawai bank tidak perlu dari jurusan ekonomi. Sebab, beberapa pegawai bank juga bahkan dulunya lulusan dari fakultas pendidikan ada banyak.

Sebelum kami memberikan cara dan tahapan masuknya, berikut beberapa tips yang perlu Anda lakukan agar bisa terus masuk dari tahap satu hingga akhir, yaitu :

  1. Tips pertama Anda harus mencari informasi sedetail mungkin mengenai lowongan tersebut. Ada banyak lowong pekerjaan bank yang palsu, jadi jika dapat pengumuman, cek baik-baik.
  2. Perhatikan juga batas waktu pengiriman surat lamaran pekerjaan. Entah itu dikirim melalui kantor pos atau online, wajib dikirim tepat waktu atau jauh-jauh hari sebelum penutupan.
  3. Jangan mudah berpuas diri dengan lamaran ke-1 dan ke-2 jika diterima. Sebab, ketika sesi wawancara, ada kemungkinan gugur. Jadi, selagi menunggu pengumuman, daftar ke instansi lainnya.
  4. Bangun relasi pada orang yang bekerja di bank, agar bisa mendapatkan pengumuman lowongan di bank lebih cepat.

Tips di atas perlu dilakukan jika ingin semua cara menjadi pegawai bank bisa dilalui dengan awal yang baik. 

Sebagai tambahan informasi untuk Anda, ada baiknya ketahui beberapa tahapan recruitment pegawai bank, agar nanti bisa belajar terlebih dulu. Berikut tahapan yang harus dilalui pelamar hingga bisa diterima pada perusahaan perbankan terkemuka :

  1. Seleksi Administrasi

Tahap pertama, bisa masuk sebagai pegawai bank adalah dengan lulus seleksi administrasi terlebih dulu. Pada seleksi ini, Anda harus melengkapi syarat-syarat rekrutmen berupa identitas diri dan dokumen penunjang.

  1. Tes Kompetensi

Pada tahapan kedua ini, akan diuji pengetahuan umum dan juga pengetahuan spesifik. Biasanya dibarengi juga dengan tes bahasa seperti TOEFL. 

Beberapa perusahaan perbankan, juga mewajibkan karyawannya untuk bisa berbahasa Inggris dengan tujuan Masyarakat Ekonomi ASEAN dn Global

  1. Ujian Psikotes

Tes ini sering kali dilakukan pada perekrutan calon pegawai suatu instansi atau perusahaan. Pada psikotes ini tujuannya adalah mengukur tingkat intelegensi  Anda.

  1. Focus Group Discussion (FGD)

Lalu, cara menjadi pegawai bank adalah melalui Focus Group Discussion (FGD). Tidak semua bank melakukan tes FGD, tapi jika Anda mendaftar ke bank BCA, pasti ada.

Tujuan dari FGD sendiri adalah untuk mengetahui bagaimana Anda menghadapi masalah dalam dunia kerja. Serta bagaimana kemampuan Anda untuk menemukan solusi terbaik.

  1. Melakukan Interview

Interview tahap pertama biasanya akan dilakukan bersama HRD. Untuk mengulik calon pegawai lebih dalam, akan ada interview user.

  1. Tes Kesehatan

Anda perlu juga menjaga kesehatan. Sebab, ada tes kesehatan terutama kondisi fisik harus proporsional dan sehat jiwa serta raga.

  1. Masa Pelatihan

Jangan senang dulu jika sudah lulus semua tes di atas, karena masih ada masa pelatihan. Jika Anda lulus selama masa training, maka akan dinyatakan sebagai pegawai tetap.

Berdasarkan penjelasan yang ada di atas, yakinkan diri dulu untuk mendaftar sebagai pegawai bank. Jika sudah siap, belajar dengan baik dan ikuti cara menjadi pegawai bank sebaik mungkin hingga lulus.

Bagikan Artikel: