10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

manajemen restoran

Tips Manajemen Restoran yang Penting Untuk diketahui!

Menjalankan bisnis restoran dapat menjadi suatu tantangan tersendiri bagi seorang pebisnis. Setiap bidang bisnis tentu mempunyai karakter dan trik pengelolaannya masing-masing, begitu pula dengan bisnis restoran. Supaya restoran Anda dapat berjalan baik dan bertumbuh secara sehat, mengelola manajemen restoran ternyata tidak hanya perihal pelanggan saja yang perlu diperhatikan. Keseluruhan aspek mulai dari staf hingga laporan keuangan harus dikelola secara optimal.

Pelajari apa saja tips dan trik mengelola manajemen restoran yang paling penting untuk diketahui. Jadikan restoran Anda sebagai restoran yang tidak hanya memuaskan hati pelanggan, tetapi juga menjadi tempat bekerja yang nyaman untuk para staf. 

Baca juga: Cara Meminta Reschedule Interview yang Baik dan Benar

Hal yang Perlu diperhatikan Dalam Mengelola Restoran

Sebuah perusahaan bisa menjadi maju tentu dikarenakan semua SDM yang berkualitas dan bekerja dengan baik. Ketika restoran baru didirikan, pastikan Anda telah merekrut staf yang benar-benar profesional sehingga tujuan yang telah ditetapkan bisa tercapai sesuai rencana.

Restoran yang mempunyai kebiasaan mengganti karyawan terlalu sering pada umumnya akan sulit bertumbuh.

Jika Anda merasa ketrampilan karyawan restoran Anda kurang memadai, jangan buru-buru untuk memberikan hukuman atau justru memecatnya. Anda bisa memberikan pelatihan kerja agar kinerjanya kemudian bisa sesuai dengan apa yang diharapkan. Berikan suasana dan lingkungan kerja yang nyaman. Karyawan juga perlu untuk diapresiasi dan dihargai jerih payahnya.

Mengelola Tenaga Kerja Restoran

Mengelola tenaga kerja restoran dapat dikatakan lebih sulit dari yang dibayangkan. Anda bisa merekrut manager restoran yang mempunyai karakter kepemimpinan yang baik. Manager tentu dapat membantu tugas Anda untuk memimpin dan mengelola tim yang banyak serta berkontribusi dalam manajemen restoran. Supaya karyawan dapat memenuhi ekspektasi yang ditetapkan, tentu Anda harus menyusun aturan yang jelas untuk keseluruhan karyawan.

Dengan ditetapkannya aturan dan standar operasional, tentu karyawan akan mempunyai pedoman tentang apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan. Manager pun bisa mengelola tim berdasarkan standar yang ada. Sebagai pemilik restoran, peran serta Anda juga dibutuhkan dalam mengevaluasi karyawan.

Jika ada suatu target baru, Anda bisa menginformasikan kepada seluruh karyawan. Namun jika ada sesuatu yang kurang Anda sukai, lebih baik untuk memanggil yang bersangkutan secara pribadi. Hindari menegur berlebihan di depan umum karena karyawan akan merasa tidak nyaman dan akan berdampak pada menurunnya kinerja.

Lakukan evaluasi karyawan secara rutin, Anda bisa menjadwalkan agenda untuk penampungan kritik dan masukan dari setiap pribadi karyawan. Sebagai pemilik restoran, Anda juga perlu memberikan motivasi supaya para karyawan lebih bersemangat lagi dalam bekerja. Motivasi bisa berupa hadiah jika menyelesaikan tantangan, bisa berupa liburan, tambahan cuti, atau bahkan sekadar kalimat motivasi.

Baca juga: Cara Menolak Interview Kerja yang Baik dan Benar

Merekrut Tenaga Kerja Restoran Ketika High Season

Pada saat high season, tentu kondisi restoran akan jauh lebih ramai pelanggan dibandingkan hari-hari biasa. Pada musim seperti ini, biasanya staf restoran akan kewalahan karena pesanan yang membludak dan tuntutan dari banyaknya pelanggan. Supaya performance restoran Anda tetap terjaga, Anda bisa merekrut tenaga kerja restoran ketika high season tiba. Langkah ini penting dilakukan dalam manajemen restoran ketika membludaknya pelanggan yang datang.

Lalu bagaimana cara merekrut karyawan secara cepat? Anda bisa membuka lowongan pekerjaan tenaga kerja casual atau event di mana pelamarnya harus mengetahui bahwa lowongan tersebut memang diperuntukkan sebagai tenaga pembantu selama high season saja. Persyaratan yang dicantumkan dalam lowongan kurang lebihnya sama dengan persyaratan yang biasa dicantumkan untuk merekrut karyawan kontrak.

Prioritaskan memilih pelamar dari pengalamannya di dunia restoran. Pelamar yang pernah bekerja di restoran pasti sedikit banyak mengetahui gambaran jobdesk dalam restoran. Sehingga manager atau tim yang telah ada tidak perlu mengajari terlalu banyak demi mengefisiensi waktu menghadapi lonjakan pelanggan.

Ketika high season tiba, tentu Anda tidak bisa memberikan banyak pelatihan secara santai kepada tenaga kerja baru yang bekerja khusus event tersebut. Supaya tidak terlalu menghabiskan banyak waktu untuk training, Anda bisa mengalokasikan jobdesk ringan yang bisa dilakukan hanya dalam sekali mengajari saja.

Misalnya seperti membantu mencatat menu, mengantarkan pesanan, membersihkan meja, menyapu dan mengepel, hingga mencuci bahan masakan maupun piring-piring kotor. Untuk pekerjaan inti seperti chef, hendaknya Anda mencari yang benar-benar berpengalaman sebagai koki supaya rasa masakan di restoran Anda tidak menurun kualitasnya.

Baca juga: Kerugian Jadi Kutu Loncat dalam Pekerjaan yang Perlu diketahui

Yang Harus diperhatikan Saat Merekrut Tenaga Kerja Restoran

Supaya tenaga kerja yang direkrut adalah yang terbaik dan dapat memberikan yang optimal untuk kemajuan restoran, hendaknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut saat merekrut tenaga kerja restoran:

Ulik Pengalaman Pelamar Kerja

Terkadang pengalaman kerja menjadi jauh lebih penting dibandingkan dengan tingkat pendidikan pelamar kerja. Ilmu yang diperoleh selama bekerja tentu akan lebih bermanfaat untuk diterapkan dalam dunia kerja. Dalam menyeleksi calon tenaga kerja, HRD hendaknya mengulik betul bagaimana pengalaman kerja si pelamar.

Sesuaikan dengan lowongan yang sedang dibuka, apakah untuk koki, pelayan, hingga bagian kasir. Mencari tenaga kerja yang non pengalaman sebenarnya boleh dicoba tetapi berikan posisi yang mudah dipelajari, misalnya pelayan. Selama bergabung sebagai karyawan, beri pelatihan tambahan dan evaluasi apakah setiap karyawan menunjukkan kualifikasi yang pantas untuk diberikan jobdesk di posisi lain atau tidak.

Karakter dan Attitude Nomor Satu

Meskipun seorang pelamar kerja mempunyai pengalaman yang banyak dan jam kerja yang tinggi, namun karakter dan attitudenya sangat kurang, tentu harus menjadi pertimbangan tersendiri bagi HRD. Rekruter harus mencoba mempelajari bagaimana karakter dan sopan santun si pelamar kerja. Peran rekruter dalam mencari kandidat tentu sangat berpengaruh dalam rangkaian manajemen restoran.

Dunia restoran bukanlah dunia yang cukup mudah untuk dijalani. Tenaga kerja restoran wajib mempunyai karakter yang jujur, bersemangat, dan bertanggung jawab. Pertimbangkan ulang apabila pelamar menunjukkan indikasi karakter yang berlawanan dari kualifikasi yang dibutuhkan. Karyawan dengan karakter yang jujur, bersemangat, serta bertanggung jawab tentu akan lebih mudah diarahkan dan diajak berkembang bersama perusahaan.

Berikan Masa Training dan Uji Coba

Sebelum buru-buru memberinya kontrak bekerja untuk masa setahun, lebih baik untuk menerapkan masa training dan uji coba. Anda bisa memberikan opsi uji coba 1 bulan hingga 3 bulan untuk menilai dan mengevaluasi apakah si tenaga kerja baru ini mampu dan sanggup bergabung menjadi tim di restoran untuk jangka waktu yang lebih lama.

Konsistensi hasil kinerja karyawan harus terus diperhatikan untuk mengetahui apakah si karyawan tersebut benar-benar sanggup menangani jobdesk yang diberikan atau justru sebaliknya. Jika lolos masa uji coba, Anda baru bisa memberikan kontrak kerja yang lebih lama daripada masa uji coba yang baru dilakukan.

Baca juga: Berikut Perbedaan UMK dan UMR Secara Sederhana

Kesimpulan

Tips mengelola sebuah restoran tentu harus mencakup keseluruhan aspek di dalam berdirinya sebuah restoran. Mulai dari pemilihan tenaga kerja, menu, penyuplai bahan masakan, dekorasi, hingga trik pemasaran. Untuk bisa menjalankan keseluruhan role pekerjaan dengan baik, Anda perlu merekrut tenaga kerja yang juga baik.

Pemilik restoran bisa memulai rekrutmen untuk posisi HRD dan manager restoran. HRD akan membantu Anda untuk merekrut tim untuk role lainnya, dan manager akan membantu untuk memimpin tim tenaga kerja serta mengelola manajemen restoran Anda. Pastikan untuk mempertimbangkan bagaimana pengalaman kerja, karakter, hingga sopan santun pelamar kerja sebelum memilihnya sebagai tenaga kerja baru di restoran yang Anda miliki.

Di Pintarnya Anda dapat merekrekrut dengan lebih cepat dan lebih baik. Kunjungi https://bit.ly/PintarnyaPasangLoker .

Bagikan Artikel: