contoh surat referensi kerja

7+ Contoh Surat Referensi Kerja Beserta Fungsi Kegunaannya

Beberapa dari Anda mungkin masih belum tahu contoh surat referensi kerja itu seperti apa. Jika belum tahu, surat referensi kerja adalah surat yang dibuat oleh perusahaan untuk memberikan penjelasan tentang jabatan, kinerja, dan perilaku mantan karyawannya.

Tentu saja penilaian tersebut bisa dilakukan setelah Anda bekerja di perusahaan tersebut dalam jangka waktu tertentu. Biasanya memang surat referensi dibuat untuk karyawan yang sudah keluar dan pindah ke perusahaan lain.

Nanti calon perusahaan tempat Anda bekerja, bisa mempertimbangkannya melalui surat referensi tersebut. Dan berikut, akan kami perkenalkan bagaimana contoh surat referensi kerja yang benar.

Baca juga: Contoh izin tidak masuk kerja lewat whatsapp

Pengertian Surat Referensi Kerja

Surat referensi kerja adalah dokumen tertulis yang dikeluarkan oleh pihak perusahaan atau organisasi tempat seorang karyawan atau mantan karyawan bekerja. Surat ini berfungsi sebagai rekomendasi atau referensi yang menyatakan pengalaman kerja, kompetensi, dan karakteristik individu yang bersangkutan. Biasanya surat referensi kerja diminta oleh individu yang akan melamar pekerjaan baru atau memasuki pendidikan lanjutan.

Menurut Indeed surat referensi kerja adalah dokumen yang merinci waktu karyawan dengan perusahaan, pencapaian mereka, dan terkadang, dukungan. Seorang manajer, perwakilan sumber daya manusia, mentor atau pemberi kerja biasanya menulis surat referensi pemberi kerja.

Baca Juga : Contoh Surat Lamaran Kerja dengan Format yang Tepat

Struktur Contoh Surat Referensi Kerja

Mendapatkan pekerjaan di perusahaan impian, tapi harus meminta surat referensi dari perusahaan lama, bagaimana caranya? Sebenarnya setiap perusahaan memiliki kewajiban memberikan surat referensi kepada mantan karyawannya yang membutuhkan.

Jika Anda belum tahu bagaimana contoh surat referensi kerja, ini berisi tentang riwayat Anda selama bekerja di perusahaan itu. Tujuannya, sebagai bahan pertimbangan perusahaan baru untuk mengontrak Anda sebagai karyawan tetap.

Memang untuk meminta surat tersebut, yang membuat perusahaan. Karyawan yang memintanya hanya menerima hasil jadinya saja. Tapi tidak salah juga jika Anda mengetahui struktur dari contoh surat referensi kerja yang benar seperti berikut :

  1. Kop Surat

Untuk yang pertama, sudah jelas isinya merupakan kop surat yang menerangkan nama perusahaan, alamat dan juga telepon. Seperti kop surat pada umumnya.

  1. Perihal Surat

Lalu ada perihalnya, yaitu Surat Keterangan Kerja. Biasanya ada yang meletakkan itu persis di bawah suratnya.kop surat. Di bawah perihal ada nomor surat.

  1. Isi Surat

Jangan lupa ada isi surat yang berisi nama yang membuat surat, jabatannya, nomor KTP dari pembuat surat. Kemudian keterangan dari karyawan yang meminta surat referensi.

Untuk keterangan karyawan yang meminta referensi diantaranya ada nama, tempat dan tanggal lahir, jabatan terdahulu, masa jabatan dan juga alamat.

  1. Penutup

Jangan lupa terdapat kalimat penutup untuk mengakhiri suratnya. Ini memang sudah menjadi ciri khas dari surat formal.

  1. Pengesahan

Dan terakhir, ada pengesahan dari pihak yang menerbitkan surat referensi tersebut dengan membubuhkan tanda tangan.

Baca juga: Cara kerja di lingkungan under pressure

Fungsi Surat Referensi Lamaran Kerja yang Dibuat Perusahaan

Apa fungsi keberadaan contoh surat referensi kerja untuk karyawan itu sendiri? Sebenarnya ada dua fungsi kenapa seorang karyawan meminta surat tersebut.

Bukan berarti semua karyawan yang meminta surat ini hanya keperluan melamar ke perusahaan lain. Tapi ada juga orang membutuhkan surat referensi untuk memenuhi syarat administrasi ke bank.

Berikut adalah fungsi surat referensi pekerjaan yang perlu Anda ketahui agar tahu kegunaannya nanti :

  1. Untuk Melamar Pekerjaan

Fungsi utama dari surat referensi kerja, yaitu untuk melamar pekerjaan. Tidak semua orang bisa berlama-lama di perusahaan yang dulu dengan alasan tertentu, karena itu mereka keluar dan melamar ke pekerjaan lain.

Jika Anda resign dari perusahaan yang lama dalam keadaan baik, pasti bisa mendapatkan surat rekomendasi pekerjaan

  1. Keperluan Perbankan

Bisa juga untuk keperluan perbankan. Jika Anda ingin kredit rumah, meminjam uang dalam jumlah besar, hingga membuat kartu kredit, harus ada surat referensi kerja.

Tujuannya, agar pihak bank juga yakin bahwa Anda statusnya masih seorang karyawan disebuah perusahaan dengan gaji stabil. Jadi, bayar cicilan tidak nunggak.

  1. Pengajuan Beasiswa

Biasanya beasiswa untuk studi lanjutan, S2 atau S3 memang ada yang memberlakukan referensi kerja.

Jika dari pengalaman kerja bagus, pihak pemberi beasiswa merasa Anda layak mendapatkannya dengan pengalaman kerja bagus.

  1. Syarat Menarik Dana BPJS Kesehatan

Ini untuk jenis BPJS Ketenagakerjaan. Memang syarat untuk bisa menarik dananya, harus ada surat referensi kerja dari perusahaan yang membuat BPJS tersebut.

Ketika Anda mengajukan penarikan dana, surat asli dan fotokopi wajib dilampirkan dengan dokumen lainnya, sehingga pihak BPJS bisa mencairkannya dengan mudah.

Betapa pentingnya surat referensi pekerjaan bagi seorang karyawan. Jadi, Anda harus menjadi pegawai teladan dulu agar nanti catatannya bagus saat membuat surat seperti ini untuk pentingan di atas.

Untuk Anda yang ditugaskan membuat surat referensi, pastikan menanyakan CV kepada mantan karyawan. Ikuti contoh surat referensi kerja yang telah kami berikan di atas, agar bisa membuat surat dengan benar.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan yang Menurun, Ini Tipsnya 

Cara Membuat Surat Referensi Kerja



1. Pahami Permintaan

Jika surat referensi diminta oleh karyawan atau mantan karyawan, pastikan Anda memahami dengan jelas tujuan dan konteks surat referensi yang diminta.

2. Gunakan Format Bisnis Standar

Gunakan format bisnis standar untuk surat, dengan kepala surat yang mencakup nama perusahaan, alamat, nomor telepon, dan alamat email.

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

3. Rekomendasi

Sampaikan rekomendasi positif untuk karyawan, seperti dukungan untuk melamar pekerjaan baru atau pendidikan lebih lanjut.

4. Edit dan Revisi

Pastikan untuk memeriksa tata bahasa, ejaan, dan format surat secara menyeluruh.

5. Kirim

Setelah surat selesai, kirimkan surat referensi kepada pihak yang meminta referensi.

Baca Juga : Cara Mencari Karyawan Online untuk Perusahaan Anda. Ini 4 Cara Jitunya!



Contoh Surat Referensi Kerja

1. Surat Referensi Kerja Perusahaan Swasta

[Alamat Perusahaan]

[Tanggal]

[Alamat Penerima Surat]

[Perhatian: Nama Penerima Surat]

Surat Referensi Kerja Perusahaan Swasta

Dengan hormat,

Kami dengan ini memberikan surat referensi kerja untuk:

**Nama Karyawan:** [Nama Lengkap Karyawan]

**Jabatan:** [Jabatan Karyawan]

**Periode Kerja:** [Tanggal Mulai] – [Tanggal Berakhir (jika ada)]

Selama bekerja di perusahaan kami, [Nama Karyawan] telah menunjukkan dedikasi, profesionalisme, dan kontribusi yang luar biasa dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Kami ingin menyatakan beberapa poin penting terkait kinerjanya:

– [Deskripsi Tugas dan Tanggung Jawab Karyawan]

– [Prestasi dan Kontribusi Spesifik yang Dicapai oleh Karyawan]

Karyawan ini memiliki kemampuan yang kuat dalam [sebutkan kemampuan atau keterampilan khusus, misalnya komunikasi, analisis data, kepemimpinan, dll] dan telah mengintegrasikan dengan baik dalam lingkungan kerja kami. [Nama Karyawan] juga dikenal karena etika kerjanya yang tinggi, kejujuran, dan tanggung jawab dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Selama masa kerjanya, [Nama Karyawan] juga menunjukkan kemampuan untuk bekerja dalam tim dan memiliki hubungan kerja yang positif dengan rekan kerja dan atasan. Dia adalah seorang individu yang berkolaborasi dengan baik dan memberikan kontribusi berarti dalam mencapai tujuan perusahaan.

Kami dengan senang hati merekomendasikan [Nama Karyawan] untuk melanjutkan karirnya. Kami yakin bahwa dia akan memberikan nilai tambah yang signifikan di lingkungan kerja baru.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan merujuk kepada kami di [Kontak Anda atau Kontak HR Perusahaan].

Hormat kami,

[Tanda Tangan Anda]

[Nama Anda]

[Jabatan Anda]

[Cap Perusahaan (jika ada)]

[Alamat Email]

[Nomor Telepon]

2. Surat Referensi Kerja Untuk Melamar Pekerjaan

[Alamat Perusahaan]

[Tanggal]

[Alamat Penerima Surat]

[Perhatian: Nama Penerima Surat]

Surat Referensi Kerja Melamar Kerja

Dengan hormat,

Kami dengan ini memberikan surat referensi kerja untuk:

**Nama Karyawan:** [Nama Lengkap Karyawan]

**Jabatan Terakhir:** [Jabatan Terakhir Karyawan]

**Periode Kerja:** [Tanggal Mulai] – [Tanggal Berakhir (jika ada)]

Selama bekerja di perusahaan kami, [Nama Karyawan] telah menunjukkan dedikasi, profesionalisme, dan komitmen dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Kami ingin menyatakan beberapa poin penting terkait kinerjanya:

– [Deskripsi Tugas dan Tanggung Jawab Karyawan]

– [Prestasi dan Kontribusi Spesifik yang Dicapai oleh Karyawan]

[Sebutkan kualitas atau kemampuan khusus yang relevan, misalnya kemampuan analisis, kepemimpinan, komunikasi, dll] adalah salah satu kekuatan utama [Nama Karyawan]. [Dia/Dia] memiliki kemampuan yang kuat dalam [sebutkan kemampuan atau keterampilan khusus, misalnya komunikasi, analisis data, kepemimpinan, dll] dan telah mengintegrasikan dengan baik dalam lingkungan kerja kami. [Nama Karyawan] juga dikenal karena etika kerjanya yang tinggi, kejujuran, dan tanggung jawab dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Selama masa kerjanya, [Nama Karyawan] juga menunjukkan kemampuan untuk bekerja dalam tim dan memiliki hubungan kerja yang positif dengan rekan kerja dan atasan. [Dia/Dia] adalah seorang individu yang berkolaborasi dengan baik dan memberikan kontribusi berarti dalam mencapai tujuan perusahaan.

Kami percaya bahwa [Nama Karyawan] akan memberikan nilai tambah yang signifikan di lingkungan kerja baru dan kami dengan senang hati merekomendasikan [Dia/Dia] sebagai calon yang berkualifikasi untuk pekerjaan yang [Dia/Dia] lamar.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan merujuk kepada kami di [Kontak Anda atau Kontak HR Perusahaan].

Hormat kami,

[Tanda Tangan Anda]

[Nama Anda]

[Jabatan Anda]

[Cap Perusahaan (jika ada)]

[Alamat Email]

[Nomor Telepon]

3. Surat Referensi Kerja Untuk Bank

[Alamat Bank]

[Tanggal]

[Alamat Penerima Surat]

[Perhatian: Nama Penerima Surat]

Surat Referensi Kerja Untuk Bank

Dengan hormat,

Kami dengan ini memberikan surat referensi kerja untuk:

**Nama Karyawan:** [Nama Lengkap Karyawan]

**Jabatan Terakhir:** [Jabatan Terakhir Karyawan]

**Periode Kerja:** [Tanggal Mulai] – [Tanggal Berakhir (jika ada)]

Selama bekerja di [Nama Bank], [Nama Karyawan] telah menunjukkan komitmen, profesionalisme, dan kemampuan yang luar biasa dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Kami ingin menyatakan beberapa poin penting terkait kinerjanya:

– [Deskripsi Tugas dan Tanggung Jawab Karyawan]

– [Prestasi dan Kontribusi Spesifik yang Dicapai oleh Karyawan]

Kemampuan analisis [Nama Karyawan] adalah salah satu kekuatan utama yang kami nilai selama masa kerjanya di [Nama Bank]. [Dia/Dia] memiliki pemahaman yang mendalam tentang [sebutkan bidang terkait, misalnya analisis kredit, manajemen risiko, dll] dan telah secara konsisten memberikan hasil yang luar biasa.

Selama periode tersebut, [Nama Karyawan] juga menunjukkan kemampuan untuk bekerja dalam tim dan memiliki kemampuan komunikasi yang efektif. [Dia/Dia] adalah individu yang tanggap dan memiliki etika kerja yang tinggi.

Kami yakin bahwa [Nama Karyawan] akan menjadi aset yang berharga bagi tim di bank baru dan dengan tulus merekomendasikan [Dia/Dia] sebagai calon yang sangat potensial untuk posisi yang [Dia/Dia] lamar.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan merujuk kepada kami di [Kontak Anda atau Kontak HR Bank].

Hormat kami,

[Tanda Tangan Anda]

[Nama Anda]

[Jabatan Anda]

[Cap Bank (jika ada)]

[Alamat Email]

[Nomor Telepon]

4. Surat Referensi Kerja Untuk Freelancer

[Alamat Pemberi Referensi]

[Tanggal]

[Alamat Penerima Surat]

[Perhatian: Nama Penerima Surat]

Surat Referensi Freelancer

Dengan hormat,

Kami dengan ini memberikan surat referensi untuk:

**Nama Freelancer:** [Nama Lengkap Freelancer]

**Jenis Layanan:** [Jenis Layanan yang Disediakan oleh Freelancer]

**Periode Kerja:** [Tanggal Mulai] – [Tanggal Berakhir (jika ada)]

Selama bekerja dengan kami sebagai freelancer, [Nama Freelancer] telah menunjukkan komitmen, profesionalisme, dan kualitas kerja yang luar biasa dalam menyediakan layanan [jenis layanan] kepada kami. Kami ingin menyatakan beberapa poin penting terkait kinerjanya:

– [Deskripsi Layanan yang Disediakan oleh Freelancer]

– [Keahlian atau Keterampilan Khusus yang Dimiliki Freelancer]

Kemampuan [Nama Freelancer] dalam [sebutkan kemampuan khusus, misalnya desain grafis, penulisan konten, pengembangan web, dll] sangat mengesankan. [Dia/Dia] telah memberikan hasil yang konsisten dan berkualitas tinggi dalam setiap proyek yang kami kerjakan bersama.

Selama periode kerja, [Nama Freelancer] juga menunjukkan kemampuan untuk bekerja mandiri dan memiliki kemampuan komunikasi yang efektif dalam berkoordinasi dengan tim kami.

Kami sangat puas dengan hasil kerja [Nama Freelancer] dan dengan senang hati merekomendasikan [Dia/Dia] sebagai freelancer yang handal dan berkualifikasi untuk proyek-proyek di bidang [jenis layanan] di perusahaan lain.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan merujuk kepada kami di [Kontak Anda atau Kontak Perusahaan].

Hormat kami,

[Tanda Tangan Anda]

[Nama Anda]

[Posisi Anda (jika ada)]

[Alamat Email]

[Nomor Telepon]

5. Surat Referensi Kerja Untuk Staff

[Alamat Perusahaan]

[Tanggal]

[Alamat Penerima Surat]

[Perhatian: Nama Penerima Surat]

Surat Referensi Kerja Untuk Staff

Dengan hormat,

Kami dengan ini memberikan surat referensi kerja untuk:

**Nama Staff:** [Nama Lengkap Staff]

**Jabatan Terakhir:** [Jabatan Terakhir Staff]

**Periode Kerja:** [Tanggal Mulai] – [Tanggal Berakhir (jika ada)]

Selama bekerja di perusahaan kami, [Nama Staff] telah menunjukkan dedikasi, profesionalisme, dan komitmen yang luar biasa dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Kami ingin menyatakan beberapa poin penting terkait kinerjanya:

– [Deskripsi Tugas dan Tanggung Jawab Staff]

– [Prestasi dan Kontribusi Spesifik yang Dicapai oleh Staff]

Staff ini memiliki kemampuan yang kuat dalam [sebutkan keterampilan khusus yang relevan, misalnya manajemen proyek, komunikasi interpersonal, dll] dan telah mengintegrasikan dengan baik dalam tim dan lingkungan kerja kami. [Dia/Dia] juga dikenal karena etika kerja yang tinggi, kerja keras, dan kemampuan untuk mengatasi tantangan.

Selama masa kerjanya, [Nama Staff] juga menunjukkan kemampuan untuk berkolaborasi dalam tim dan memiliki hubungan kerja yang positif dengan rekan kerja dan atasan. [Dia/Dia] adalah individu yang proaktif dan selalu siap memberikan kontribusi terbaik dalam mencapai tujuan perusahaan.

Kami percaya bahwa [Nama Staff] akan menjadi aset yang berharga bagi tim dan dengan senang hati merekomendasikan [Dia/Dia] sebagai calon yang sangat potensial untuk posisi yang [Dia/Dia] lamar.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan merujuk kepada kami di [Kontak Anda atau Kontak HR Perusahaan].

Hormat kami,

[Tanda Tangan Anda]

[Nama Anda]

[Jabatan Anda]

[Cap Perusahaan (jika ada)]

[Alamat Email]

[Nomor Telepon]

6. Surat Keterangan Kerja Untuk Pengajuan KPR

[Alamat Perusahaan]

[Tanggal]

[Alamat Penerima Surat]

[Perhatian: Nama Penerima Surat]

Surat Keterangan Kerja Untuk Pengajuan KPR

Dengan hormat,

Kami dengan ini memberikan surat keterangan kerja untuk:

**Nama Karyawan:** [Nama Lengkap Karyawan]

**Nomor Induk Karyawan:** [Nomor Induk Karyawan]

**Jabatan:** [Jabatan Karyawan]

**Gaji Bulanan:** [Jumlah Gaji Bulanan]

**Periode Kerja:** [Tanggal Mulai] – [Tanggal Berakhir (jika ada)]

Karyawan kami, [Nama Karyawan], telah bekerja di perusahaan kami sejak [Tanggal Mulai]. [Dia/Dia] menjabat sebagai [Jabatan] dan saat ini masih aktif bekerja di perusahaan kami.

Rincian pekerjaan dan gaji karyawan kami adalah sebagai berikut:

– [Deskripsi Tugas dan Tanggung Jawab Karyawan]

– [Informasi Gaji dan Tunjangan Bulanan]

Kami memberikan surat keterangan ini sebagai salah satu persyaratan untuk pengajuan KPR oleh [Nama Karyawan]. Kami memahami bahwa [Dia/Dia] berencana untuk membeli rumah dan kami memberikan informasi ini dengan tujuan untuk membantu dalam proses pengajuan KPR.

Harap diperhatikan bahwa [Nama Karyawan] adalah karyawan yang memiliki rekam jejak kerja yang baik dan kami memiliki keyakinan penuh pada kemampuan [Dia/Dia] untuk memenuhi kewajiban keuangan yang terkait dengan pengajuan KPR.

Jika diperlukan informasi lebih lanjut atau verifikasi lebih lanjut, kami dapat dihubungi di [Kontak Perusahaan].

Hormat kami,

[Tanda Tangan Anda]

[Nama Anda]

[Jabatan Anda]

[Cap Perusahaan (jika ada)]

[Alamat Email]

[Nomor Telepon]

7. Surat Referensi Kerja Dalam Bahasa Inggris

[Company Address]

[Date]

[Recipient’s Address]

[Attention: Recipient’s Name]

Letter of Reference

Dear [Recipient’s Name],

We are writing to provide a letter of reference for:

**Employee’s Name:** [Full Name of the Employee]

**Last Position:** [Employee’s Last Position]

**Employment Period:** [Start Date] – [End Date (if applicable)]

During their tenure at our company, [Employee’s Name] demonstrated dedication, professionalism, and exceptional commitment to their role and responsibilities. We would like to highlight some key points regarding their performance:

– [Description of Employee’s Duties and Responsibilities]

– [Specific Achievements and Contributions made by the Employee]

[Employee’s Name] possesses a strong skill set in [mention specific skills or areas of expertise, such as project management, communication, etc.], which has been highly valuable to our team. They consistently integrated well within our work environment and displayed a high level of work ethics, honesty, and accountability.

Throughout their employment, [Employee’s Name] displayed the ability to work collaboratively in a team and maintained positive working relationships with colleagues and superiors alike. They are a proactive individual and consistently made significant contributions towards achieving company objectives.

We are confident that [Employee’s Name] will be an asset to any organization and are pleased to recommend them as a highly qualified candidate for the position they are applying for.

For further information or verification, you may contact us at [Your Contact Information].

Sincerely,

[Your Signature]

[Your Name]

[Your Position]

[Company Stamp (if applicable)]

[Email Address]

[Phone Number]

Berikut tadi merupakan contoh dan penjelasan lengkap terkait surat referensi, jangan lupa selalu kunjungi blog Pintarnya untuk selalu update informasi terbaru yang bermanfaat lainnya ya!!!


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!