izin tidak masuk kerja lewat WhatsApp

Contoh Izin Tidak Masuk Kerja Lewat WhatsApp Secara Profesional

Di era digital seperti sekarang, banyak instansi yang memberlakukan izin tidak masuk kerja lewat WhatsApp. Hal ini bertujuan agar karyawan yang mendadak ada keperluan, bisa langsung meminta izin tanpa harus mengirimkan surat secara fisik atau email.

Tapi meski diperbolehkan menggunakan media WhatsApp, agar tetap terlihat profesional ada aturan ketika meminta izin tidak masuk ke atasan. Dan hal ini perlu diperhatikan oleh Anda dan lainnya yang masih bekerja sebagai karyawan.

Perusahaan atau instansi pasti memahami, ketika karyawannya sedang menghadapi situasi mendesak, mereka tidak sempat membuat surat izin untuk tidak berangkat. Jadi, tidak masalah bila mengajukan izin tidak masuk kerja lewat WhatsApp.

Kenapa Harus Izin Melalui WhatsApp Jika Tidak Masuk Kerja?

Mengapa setiap instansi atau perusahaan sekarang, memberlakukan kebijakan izin tidak masuk kerja lewat WhatsApp? Ada beberapa alasan yang mendasarinya, di atas kami sudah menyinggungnya sedikit.

Setiap karyawan memang sudah menjadi suatu kewajiban untuk datang ke kantor sesuai jam kerja, dan pulang sesua ketentuan.

Sudah merupakan tanggung jawab pula para karyawan untuk mengerjakan tugasnya untuk mencapai target perusahaan. Tapi memang ada kalanya, halangan membuat Anda sebagai karyawan tidak datang ke kantor.

Entah itu karena sakit, harus kontrol ke dokter karena ada janji, bisa juga sedang mengurus pernikahan, bahkan melahirkan.

Tidak masalah jika Anda tidak berangkat, pekerjaan hari itu bisa dialihkan ke karyawan lain dulu. Akan tetapi, wajib meminta izin.

Kini, karyawan di beberapa perusahaan atau instansi diperbolehkan untuk izin tidak masuk kerja lewat WhatsApp. Alasan utamanya, agar praktis dan cepat. Karena terkadang Anda tidak bisa membuat surat dan mengirimkannya.

Lalu alasan kedua, kenapa lebih baik izin melalui WA, agar tidak dianggap bolos kerja. Memang sopannya menggunakan surat atau email. Tapi melalui WA lebih praktis, jadi izin saja melalui aplikasi tersebut agar tidak dianggap bolos.

Kemudian alasan berikutnya menunjukkan etika yang sopan sebagai seorang karyawan. Meski tidak menggunakan surat, dengan mengabari melalui WA dengan bahasa sopan, itu adalah hal yang perlu diapresiasi.

Dan terakhir, alasan harus meminta izin ke perusahaan jika tidak masuk, berarti Anda mematuhi aturan yang berlaku. Meski menggunakan WA, itu bukti yang cukup jika Anda pegawai teladan.

Baca juga: Contoh surat izin tidak masuk kerja

Cara Mudah Izin Tidak Masuk Kerja Lewat Whatsapp

Di atas kami sudah mengatakan jika izin tidak masuk kerja lewat WhatsApp itu diperbolehkan, asa harus secara sopan dan masih terlihat profesional.

Jangan seperti mengirim pesan kepada seorang teman. Ini meminta izin langsung kepada HRD perusahaan atau instansi, karena ada halangan jadi tidak bisa masuk kerja seperti biasa.

Tidak hanya dengan bahasa yang sopan saja, ada tata cara yang bisa Anda lakukan jika ingin meminta izin melalui WhatsApp agar terlihat sopan dan terlihat seperti surat izin resmi :

1. Awali dengan Salam

Langkah pertama, memang harus dimulai dengan salam. Itu wajib agar terlihat sopan dan formal. Jadi, bisa membedakan antara chat dengan perusahaan atau personal kepada teman.

Baca juga: 7 Alasan tidak masuk kerja yang masuk akal

2. Tuliskan Izin dengan Alasan yang Jelas

Setelah mengucapkan salam, pastikan untuk menyebutkan alasan kenapa izin tidak bisa masuk kerja. Mungkin karena sakit, ada urusan keluarga, mendadak kecelakaan saat berangkat dan lain sebagainya.



3. Sebutkan Durasi Waktu Izin Cuti

Setiap izin, Anda perlu mencantumkan durasi waktu cutinya berapa. Misalnya cuti karena sakit hingga harus dirawat di rumah sakit. Minta izin 7 hari, hingga kembali sehat dan dapat beraktivitas seperti biasa.

4. Sebutkan Pekerjaan yang Mungkin Tertunda dan Solusinya

Jangan lupa, sebutkan beberapa pekerjaan yang mungkin tertunda selama Anda cuti. Sebutkan pula solusinya. Dengan begitu, gaji Anda nanti tidak dipotong begitu saja.

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

5. Salam Penutup

Jika sudah Anda lakukan semua pada langkah di atas, beri salam penutup dan ucapkan terimakasih karena diperbolehkan mengambil cuti.

Ingatlah bahwa bahasa yang Anda gunakan harus sopan, tidak ada singkatan. Luangkan waktu sejenak untuk menuliskan izin melalui WA agar tidak typo.

Sebelum melakukan tindakan ini, Anda juga harus mengetahui aturan dari kantor, diperbolehkan izin tidak masuk kerja lewat WhatsApp saja, atau nanti setelah berangkat harus menyertakan surat biasa.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!