contoh surat izin tidak masuk kerja

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja yang Benar

Pahami contoh surat izin tidak masuk kerja jika memang ingin absen sehari atau beberapa hari. Setiap perusahaan itu ada aturan yang harus diikuti setiap karyawan yang bekerja. Jadi, jika tidak ingin berangkat, maka Anda harus membuat surat izin.

Masih ada yang tidak tahu bagaimana caranya untuk membuat surat izin dengan baik? Barang kali Anda adalah karyawan baru, seorang fresh graduate. Jadi, masih belum paham bagaimana cara membuat surat izin dan sistem absensi yang diperbolehkan oleh atasan

Ingat, Anda tidak boleh izin melalui WhatsApp kecuali jika atasan Anda memang orangnya santai. Jika harus sesuai dengan prosedur, pelajari contoh surat izin tidak masuk kerja berikut ini.

Baca juga: Cara kerja di lingkungan under pressure

Pengertian Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Sebelum melihat bagaimana contoh surat izin tidak masuk kerja, Anda ketahui dulu pengertian dari surat izin itu seperti apa.

Surat izin tidak masuk kerja adalah sebuah surat yang dibuat oleh pegawai yang ingin mengajukan izin karena berhalangan hadir ke tempat kerja dengan alasan ada urusan mendesak atau lainnya.

Biasanya pegawai yang membuat surat seperti ini saat dirinya sakit, ada urusan keluarga yang tidak bisa ditinggal, atau kepentingan mendesak lainnya yang mengharuskan pegawai tidak masuk kerja.

Sebenarnya pihak perusahaan, terutama atasan juga tidak masalah jika pegawai tersebut izin tidak masuk kerja. Asalkan izin dengan alasan yang jelas.

Ditambah dengan menyampaikan surat izin. Masing-masing perusahaan, memiliki aturan tersendiri dalam mengirim surat izinnya. Bisa melalui e-mail, WhatsApp, atau harus dikirim dalam bentuk surat secara fisik.

Adanya contoh surat izin tidak masuk kerja karena berhalangan hadir, menandakan profesionalitas seorang pegawai. Jadi, sebelum mengirimkannya, harus tahu aturan dari perusahaan Anda sendiri.

Tujuan adanya surat izin memang sudah jelas, yaitu memberikan alasan yang jelas mengapa tidak hadir bekerja pada hari itu. Jadi, perusahaan akan bisa mengatur kerjaan yang harusnya Anda lakukan, mungkin bisa dialihkan ke pegawai lain dulu.

Di era digital seperti ini, kebanyakan perusahaan memperbolehkan mengirimkan surat melalui email saja. Meski begitu, harus dibuat dengan sopan sesuai format pembuatan surat izin kerja.

Baca juga: Contoh alasan resign yang masuk akal

Format Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Mungkin banyak orang yang menganggap contoh surat izin tidak masuk kerja tidak perlu untuk diketahui. Sekarang sudah canggih, tinggal kirim e-mail, selesai urusan perizinan.

Tapi ini di dunia kerja dan jika Anda tidak bertindak secara profesional, atasan Anda merasa kurang dihargai oleh karyawannya.

Maka dari itu, sebelum membuat surat izin, perlu mengetahui prosedur yang ada di perusahaan Anda. Mungkin bisa meminta izin melalui e-mail atau platform perpesanan. Tapi, harus dengan format surat izin dengan benar.

Tunjukkan bahwa Anda adalah pegawai yang sopan dan memiliki value, sehingga tidak meninggalkan aturan meski zaman sudah canggih.

Bagi Anda yang masih sulit atau terlalu bingung untuk membuat surat izin karena tidak masuk kerja, berikut adalah formatnya :

  1. Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat

Langkah pertama jika membuat surat adalah dengan menuliskan tempat dan tanggal pembuatan surat. Pastikan tulis secara akurat, jangan sampai ada kesalahan.

  1. Tujuan Surat Izin

Tuliskan pula tujuan surat izin tidak masuk kerja pada bagian atas. Tinggal tulis Surat Izin Tidak Masuk Kerja, tanpa merinci alasannya.

  1. Salam Hormat Kepada Penerima Surat

Jangan lupa meletakkan salam hormat kepada penerima surat atau atasan perusahaan Anda sendiri. Diikuti nama perusahaan dan juga alamatnya.

  1. Identitas atau Data Pribadi

Masukkan juga identitas atau data pribadi mulai dari nama lengkap, alamat, dan juga jabatan Anda.

  1. Isi Surat

Barulah setelah itu tulis isi suratnya yang berisi tentang maksud dan tujuan surat izin tersebut, durasi izinnya. Dan jika ada, tuliskan alternatif agar atasan mau memberinya hari lebih.

  1. Salam Penutup

Jika sudah semuanya, barulah gunakan salam penutup dengan mengucapkan terimakasih kepada atasan, karena memberinya izin cuti,

  1. Tanda Tangan

Tambahkan kata Hormat Saya, cantumkan tanda tangan dan di bawahnya adalah tanda tangan milik Anda.

Kini, surat izin untuk tidak masuk kerja sudah bisa dibuat. Anda bisa kirimkan melalui email. Jika ingin mengikuti contoh surat izin tidak masuk kerja, sebelum dikirim cek dulu jangan sampai ada salah ketik atau typo.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.