contoh laporan kegiatan

Contoh Laporan Kegiatan: Pertanggungjawaban Seusai Acara

Sebagai panitia suatu acara, maka laporan akhir merupakan hal penting, sehingga contoh laporan kegiatan dapat berguna untuk menjadi panduan ketika hendak membuatnya, sebagai bentuk pertanggungjawaban pembuat acara.

Di dalam dokumen tersebut akan tercantum berbagai informasi penting yang menjelaskan bagaimana keberlangsungan acara yang Anda adakan. Biasanya disampaikan dengan dua cara, lisan dan tulisan. 

Namun untuk pelaporan secara lisan, pada akhirnya harus membuat versi tulisan terlebih dahulu. Jika Anda penasaran mengenai konsep hingga contoh laporan kegiatan dengan berbagai tema, silakan simak penjelasan lengkapnya pada artikel di bawah ini!

Konsep Dasar Mengenai Laporan Kegiatan

Sebelum masuk ke contoh atau cara merancangnya, Anda harus memahami terlebih dahulu mengenai pengertian dan informasi penting lainnya seperti penjelasan berikut

1. Pengertian

Laporan kegiatan merupakan suatu dokumen yang berisikan berbagai bukti pertanggungjawaban dari pihak penyelenggara program. Di mana program tersebut dapat dilakukan oleh perorangan maupun kelompok dengan isi rinci dan jelas.

Pembuatannya akan dilakukan setelah sebuah acara sudah selesai dikerjakan. Oleh karena itu, ketika melihat contoh laporan kegiatan, Anda akan melihat bahwa di dalamnya berisikan penjelasan mengenai acara yang telah selesai.

Pembuatan laporan ini akan sangat membantu Anda dan tim panitia untuk melihat progress dan tingkat keberhasilan dari acara yang diselenggarakan sebelumnya.

2. Fungsi

Adapun fungsi dari sebuah laporan acara antara lain:

1. Bukti Pertanggungjawaban

Kehadiran laporan ini merupakan bentuk dari pertanggungjawaban dari penyelenggara kepada berbagai pihak yang terkait, misalnya sponsor. Dengan memberikan laporan tersebut, maka Anda dapat menunjukkan profesionalisme sebagai penyelenggara.

Apalagi jika kegiatan tersebut mendapatkan pendanaan yang besar dari banyak pihak dan dalam skala besar, tingkat kota misalnya.



2. Evaluasi

Di dalam contoh laporan kegiatan yang Anda lihat, di dalamnya pasti ada penjelasan mengenai proses keberlangsungan acara, termasuk terdapat kendala dan berbagai gangguan selama program.

Di sana akan terlihat hal apa saja yang tidak sesuai ketentuan atau kurang dengan perencanaan pada proposal. Jika hal-hal tersebut sudah terlihat, maka hal tersebut akan menjadi bahan evaluasi supaya kegiatan ke depan berjalan lancar.

3. Pengambilan Keputusan

Pada penjelasan tersebut, Anda juga bisa menjadikannya sebagai bahan untuk mengambil keputusan atas kegiatan yang sudah dilakukan.

Baca juga: Contoh Surat Pengalaman Kerja, Syarat Melamar Pekerjaan Baru

Jenis-Jenis, Cara Membuat, Hingga Contoh Laporan Kegiatan 

Nah pada bagian ini, Anda akan melihat seperti apa jenis, cara membuat, hingga contoh laporannya.

1. Jenis-Jenis

Secara umum, ada lima jenis laporan kegiatan yang dapat Anda buat, yaitu:

1. Penelitian

Pada jenis pertama ini, isi dari laporan tersebut adalah mengenai hasil penelitian yang sudah dilakukan. Untuk laporan penelitian, cukup banyak tahapan dalam pembuatannya, karena harus menggunakan riset mendalam.



2. Perjalanan

Pada tipe ini, jenis keterangan yang dibuat berdasarkan kronologis dan dituliskan secara naratif. Di dalamnya ada penjelasan mengenai pengalaman mengenai apa yang dirasakan, alami, serta ditemukan oleh penulis.

3. Kegiatan

Pada tipe ini merupakan bentuk tanggung jawab karena Anda telah menyelesaikan sebuah kegiatan. Contoh kegiatan di dalamnya adalah pentas seni, kegiatan tahunan, serta darmawisata.

4. Peristiwa

Merupakan penjelasan mengenai proses atau keadaan atas berlangsungnya suatu peristiwa. Di dalamnya Anda dapat memasukkan unsur 5W+1H supaya penjelasan lebih rinci dan jelas. Nah, pada bentuk keterangannya berupa teks deskriptif.

5. Diskusi

Merupakan penjelasan atau pertanggungjawaban setelah diadakannya diskusi, dengan pembuatnya adalah disebut sebagai notulen. Pada bagian dalamnya ada penjelasan tentang topik diskusi, serta rangkuman ketika ada sesi tanya jawab.

Baca juga: Diskusi Adalah: Pengertian, Tujuan dan Unsur-Unsur Diskusi

2. Cara Membuat

Jika ingin membuatnya, maka silakan ikuti Langkah berikut ini:

  • Tuliskan terlebih dahulu mengenai nama atau judul program
  • Buat pendahuluan, di mana pada bagian ini terdiri atas latar belakang mengenai diadakannya program ini.
  • Tuliskan tujuan penyelenggaraan acara
  • Masukkan informasi rinci mengenai keberlangsungan kegiatan, seperti tanggal, lokasi acara, serta jumlah anggaran terpakai
  • Buat bagian akhir dengan menuliskan kesimpulan dan penutup atas laporan.

3. Contoh Laporan Kegiatan

Jika melihat cara tersebut saja dirasa kurang, maka Anda dapat melihat contoh laporan kegiatan berikut ini:

1. Pelatihan

Jika Anda menyelenggarakan pelatihan atau workshop, maka silakan ikuti format seperti di bawah ini.

2. Workshop Sekolah

Untuk pelajar, format ini dapat dicontoh karena lebih simpel.

3. Perjalanan Dinas

Jika Anda menyelenggarakan perjalanan dinas, format seperti ini dapat ditiru.

Baca juga: 5 Cara Mencintai Pekerjaan Agar Tetap Nyaman Bekerja

Jika sudah mengetahui pengertian hingga contoh laporan kegiatan, ke depannya Anda akan lebih mudah menuliskannya jika menyelenggarakan program.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.