Cari Kerja dan Cari Cuan untuk Bahagiakan Keluarga

cara mencintai pekerjaan

5 Cara Mencintai Pekerjaan Agar Tetap Nyaman Bekerja

Mengetahui bagaimana cara mencintai pekerjaan merupakan salah satu poin penting yang perlu diketahui setiap pekerja. Ketika 3 bulan pertama menjalani sebuah pekerjaan tentu Anda akan merasa sangat excited. Namun setiap hari akan ada hal baru yang ditemukan. 

Semakin lama Anda juga akan semakin bersemangat dan mahir dalam bidang tersebut. Namun seiring berjalannya waktu lama-kelamaan pekerjaan juga akan terasa hambar atau bahkan membuat jenuh. 

Meski demikian tidak perlu merasa khawatir sebab ada banyak sekali yang mengalami hal serupa. Merasa tidak lagi jatuh cinta dengan sebuah pekerjaan sering kali dialami oleh siapa saja sepanjang perjalanan karier.

Saat Jenuh Terapkan 5 Cara Mencintai Pekerjaan Ini

Ketika merasa jenuh dengan pekerjaan yang dialami saat ini jangan merasa stres dan terburu-buru pindah haluan ke pekerjaan baru. Sama halnya dengan hubungan percintaan, para karyawan juga bisa belajar bagaimana cara mencintai pekerjaan tanpa harus resign. 

Faktanya ada banyak sekali hal dan bisa diterapkan agar tidak merasa jenuh ketika menjalaninya. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika sudah merasa jenuh dengan kegiatan yang dilakukan. 

  1. Selalu Mempelajari Hal Baru

Melakukan kegiatan sama secara berulang-ulang atau sudah mahir dalam suatu bidang memang akan membuat bosan. Hal ini disebabkan karena tidak ada lagi tantangan baru yang perlu dihadapi. 

Agar tidak terjebak dalam rutinitas membosankan cobalah untuk membuka kesempatan mempelajari hal baru. Agar selalu bisa mempelajari hal baru Anda dapat mengajukan diri untuk project tertentu atau bergabung dengan tim tanpa perlu berpindah divisi. 

  1. Selalu Buat Perubahan Kecil

Cara mencintai pekerjaan selanjutnya adalah selalu membuat perubahan kecil. Bukan hanya dari sesi tanggung jawab saja, perubahan kecil juga mampu membangkitkan semangat bekerja. Hal kecil yang dimaksud seperti tatanan atau letak meja kerja. 

Jika diperlukan hias meja kerja Anda dengan pajangan lucu demi menambah keceriaan. Jika memungkinkan Anda juga bisa pindah meja kerja agar bisa mendapatkan suasana baru dan menambah teman. 

Namun jangan lupa untuk meminta izin terlebih dahulu. Perubahan kecil seperti ini mampu membuat diri dan pikiran menjadi lebih fresh sehingga para karyawan siap kembali bekerja dengan penuh semangat.

  1. Take a Break

Ketika kejenuhan terasa bertumpuk, ini mampu menjadi tanda bahwa Anda sudah terlalu lelah. Apabila sudah seperti ini jangan pernah ragu untuk mengambil cuti dan beristirahat sejenak dari pekerjaan kantor. 

Manfaatkan waktu untuk berlibur atau hanya sekedar bersantai di rumah sembari menikmati hobi sudah lama tidak dilakukan. Meski terkesan sepele namun hal ini terbilang cukup efektif untuk menyegarkan dan membuat tubuh menjadi rileks kembali. 

  1. Mencari Kerja Sampingan

Cara mencintai pekerjaan selanjutnya adalah dengan mencari kerja sampingan. Berjalan di kesibukan di luar pekerjaan utama memang terbilang cukup tricky. Namun jika dilakukan dengan tepat hal ini mampu menjadi ajang untuk merelakskan diri. 

Anda bisa memulai bisnis atau freelance yang mengharuskan mandiri dan bekerja sendiri. Hal semacam ini bisa membuat Anda menjadi rindu akan kehadiran kolega dan rekan kerja. Hal ini juga membuka peluang agar bisa mengejar passion di bidang yang disukai.

  1. Perhatikan Kembali Resume Lama

Sedikit throwback ke masa lalu juga mampu membuat para karyawan untuk kembali merasa bersyukur dan bangga atas pencapaian sekarang. Coba lihat kembali resume yang pertama kali Anda buat ketika baru lulus untuk bisa mendapatkan pekerjaan tersebut. 

Baca cover letter atau isi email yang dikirimkan ketika sedang dalam proses mencari kerja juga menjadi salah satu cara mencintai pekerjaan. Dengan begitu Anda akan teringat pada sosok yang penuh motivasi dan bersemangat untuk memasuki dunia kerja. 

Hal ini juga akan mengingatkan Anda pada hari pertama bekerja ketika masih merasa gugup dan khawatir. Apabila lupa rasanya bagaimana mencintai sebuah pekerjaan coba putar kembali waktu tersebut dan lihat hidup Anda sebelum berada pada posisi sekarang. 

Tentu sudah ada banyak hal yang Anda pelajari dan teman baru di kantor. Dengan melihat kembali perjalanan tersebut akan membuat paham seberapa jauh Anda melangkah diharapkan dapat membantu me-reset kembali semangat dan motivasi setiap harinya.

Ternyata ada banyak sekali hal yang bisa Anda terapkan agar bisa lebih mencintai sebuah pekerjaan yang dimiliki sekarang. Jangan buru-buru resign ada baiknya terapkan cara mencintai pekerjaan di atas agar lebih nyaman saat bekerja. 

Bagikan Artikel:

About The Author