Apa itu Komunikasi Pemasaran

Apa Itu Komunikasi Pemasaran? Pengertian, Manfaat dan Contohnya

Apa itu komunikasi pemasaran? Mungkin bagi sebagian orang masih bingung mengenai istilah ini, pada dasarnya pembahasan ini mencangkup mengenai marketing. Jadi jika Anda penasaran mengenai ulasan ini langsung simak penjelasannya.

Ungkapan marketing communication atau yang juga dikenal dengan istilah marketing communication, marcom, marcomm, atau MC, mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda yang bekerja di bidang bisnis atau pemasaran.

Namun, apa sebenarnya komunikasi pemasaran itu? Bagaimana pengaruhnya terhadap bisnis? Keuntungan apa yang ada? Bagaimana Anda menjelaskan contoh-contohnya? Lihat ulasan tentang komunikasi pemasaran di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut!

Apa itu Komunikasi Pemasaran?

Pesan dan media yang digunakan oleh pemasar untuk berkomunikasi dengan audiens target mereka disebut sebagai “komunikasi pemasaran” dalam konteks ini.

Pada kenyataannya, komunikasi pemasaran akan berpusat pada bagaimana sebuah perusahaan yang menyampaikan pesannya kepada audiens targetnya atau pasar secara keseluruhan.

Jadi apa itu komunikasi pemasaran? Ada kaitannya dengan hubungan masyarakat, branding, periklanan, pengemasan, media sosial, dan aspek lain dari industri pemasaran juga termasuk dalam komunikasi pemasaran.

Secara sederhana, komunikasi pemasaran dapat membantu perusahaan dalam membangun hubungan antara merek dan pelanggan, lokasi, acara, pengalaman, dan emosi tertentu.

Baca juga: Pengertian Unique Selling Proposition Adalah

Apa Keuntungan dari Komunikasi Pemasaran Bisnis?

Sekarang setelah Anda mengetahui apa itu komunikasi pemasaran dan apa fungsinya, sekarang saatnya untuk mempelajari keuntungan yang mereka berikan untuk bisnis. Keuntungan komunikasi pemasaran untuk bisnis antara lain sebagai berikut:

1. Membangun dan Memelihara Hubungan dengan Pemangku Kepentingan dan Klien

Penciptaan dan pemeliharaan hubungan dengan pelanggan dan pemangku kepentingan adalah keuntungan pertama dari komunikasi pemasaran.

Hal ini dikarenakan seorang pemasar perlu memiliki keterampilan interpersonal yang kuat untuk menjaga hubungan positif dengan semua pihak, termasuk klien dan pemangku kepentingan.

Pelanggan dan pemangku kepentingan dapat merasa dihargai dan nyaman mempelajari barang dan jasa perusahaan Anda dengan mengembangkan hubungan yang kuat. Ini adalah yang dimaksud apa itu komunikasi pemasaran yang sebenarnya.

2. Mendorong Kreativitas dalam Melakukan Pemasaran

Salah satu komponen terpenting dari proses pemasaran adalah inovasi. Seorang pemasar harus selalu menggunakan kreativitas untuk mempromosikan barang dan jasa yang lebih unggul dari pesaingnya.

Namun, untuk mengomunikasikan ide dan penemuan yang luar biasa berupa keterampilan komunikasi yang baik sama pentingnya dengan kreativitas. Jadi jika Anda ingin ahli dalam dunia marketing, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu komunikasi pemasaran yang baik dan benar.



3. Peningkatan Keterbukaan

Transparansi antara tim departemen, pemangku kepentingan, dan pelanggan dapat ditingkatkan dengan komunikasi pemasaran yang efektif. Komunikasi yang efektif juga menjamin bahwa persyaratan pelanggan dan pekerja diperhitungkan.

4. Atasi Hambatan Pemasaran

Tentu saja, perusahaan dan pemasar akan menghadapi banyak kendala saat melakukan pemasaran. Hambatan budaya dan bahasa hanyalah dua contoh, di antara banyak lainnya.

Oleh karena itu, agar proses pemasaran menjadi efektif, diperlukan sistem komunikasi yang efektif dan ilmu mengenai apa itu komunikasi pemasaran yang fleksibel dalam dunia perdagangan.

Dengan memahami tuntutan klien dan menjalin hubungan dengan mereka akan lebih mudah jika seseorang memiliki teknik dan strategi komunikasi yang tepat untuk kelompok sasaran tertentu.

5. Meningkatkan Profesionalisme Pemasaran

Pengembangan profesionalisme pemasaran merupakan keunggulan selanjutnya dari komunikasi pemasaran. Ingatlah selalu bahwa interaksi perusahaan dengan klien dan konsumennya selalu dilakukan secara profesional.

Pemasaran dapat terlibat dengan klien secara profesional dengan memiliki keterampilan komunikasi yang kuat. Jadi apa itu komunikasi pemasaran? yang wajib Anda pelajari supaya Anda ahli dalam bidang ini.

Baca juga: Cara Memilih SDM yang Tepat untuk Perusahaan Atau Bisnis

Contoh Komunikasi Pemasaran yang Wajib Diketahui

Untuk memudahkan Anda dalam mencapai keberhasilan, Anda wajib mengetahui apa saja contoh komunikasi pemasaran yang sebenarnya, berikut adalah penjelasannya.

1. Hubungan Masyarakat

Administrasi hubungan masyarakat adalah ilustrasi pertama dari komunikasi pemasaran. Saat perusahaan atau pemasar perlu mengelola komunikasi dengan pemangku kepentingan dan media, kapabilitas marcom sangatlah penting.

Untuk mengetahui apa itu komunikasi pemasaran, Anda disarankan untuk mempertimbangkan persyaratan untuk memberikan berita kepada media untuk mendapatkan eksposur.



2. Debut produk

Tim pemasaran harus mempertimbangkan strategi pemasaran terbaik saat mempersiapkan peluncuran produk untuk meningkatkan pengenalan merek dan produk.

Namun, strategi pemasaran saja tidak cukup, Agar berhasil memperkenalkan suatu produk, pemasar juga harus menumbuhkan minat masyarakat dan konsumen.

3. Prosedur Perekrutan

Proses promosi adalah tempat Anda dapat menemukan contoh komunikasi pemasaran berikut. Untuk menerapkan komunikasi pemasaran yang efektif, pemasar harus menciptakan permintaan akan produk dan layanan.

Baca juga: Cara Meningkatkan Skill Komunikasi untuk Menunjang Karir Anda

Jelas dari ulasan ini bahwa apa itu komunikasi pemasaran merupakan faktor krusial yang harus selalu diperhitungkan oleh pemasar atau organisasi secara keseluruhan. Namun, mengelola pesan pemasaran secara manual bisa jadi menantang. 


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!