kontribusi apa yang bisa Anda berikan pada perusahaan

10 Jawaban “Kontribusi Apa yang Bisa Anda Berikan untuk Perusahaan” dan Contohnya

Saat melakukan interview kerja, rekruter sering menanyakan “Kontribusi apa yang bisa Anda berikan pada perusahaan?”, tujuan rekruter menanyakan pertanyaan tersebut adalah untuk melihat cara kandidat menilai dirinya dalam menunjukkan kemampuannya bekerja untuk perusahaan.

Pertanyaan ini sedikit tricky karena apabila salah menjawab, kandidat akan kehilangan peluangnya untuk bekerja di perusahaan tersebut. 

Lantas Bagaimana cara menjawab pertanyaan interview “Kontribusi Apa yang Bisa Anda Berikan untuk Perusahaan?” yang benar? Berikut contoh dan cara terbaik yang bisa Anda lakukan.

Contoh Jawaban Pertanyaan ‘’Kontribusi Apa yang Bisa Anda Berikan untuk Perusahaan?’’

1. Loyalitas dan dedikasi pada perusahaan

    Jawaban dari pertanyaan kontribusi apa yang bisa Anda berikan pada perusahaan yang pertama adalah menunjukkan rasa loyalitas dan dedikasi dalam perusahaan. Hal ini karena loyalitas termasuk aspek yang dinilai apakah Anda bisa berkontribusi untuk membangun bisnis bersama atau tidak. 

    Anda bisa menjawab : 

    “Setelah saya diterima diterima di perusahaan ini, saya akan mematuhi SOP pada perusahaan dan bersikap loyal, serta berdedikasi kepada seluruh tugas yang diberikan kepada saya untuk memajukan perusahaan”

    2. Komitmen untuk bertanggung jawab

      Rasa tanggung jawab yang tinggi juga dipertimbangkan perusahaan saat merekrut kandidat, apabila seorang kandidat memiliki rasa tanggung jawab maka akan mudah dipercaya oleh perusahaan dalam menjalankan tugasnya.

      Anda bisa menjawab :

      “Saya akan bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan kepada saya, bertanggung jawab terhadap menjaga nama baik perusahaan, dan berkomitmen kepada perusahaan untuk membantu memajukan perusahaan”

      3. Mampu beradaptasi dengan lingkungan perusahaan

        Selain loyalitas dan tanggung jawab pada perusahaan, rekruter juga mempertimbangkan kandidat yang mampu beradaptasi untuk mencapai tujuan perusahaan agar lebih mudah dicapai.

        Anda bisa menjawab :

        “Saya memiliki kemampuan beradaptasi yang baik, hal ini terbukti dengan saya yang suka bersosialisasi sehingga memudahkan saya saat bekerja dalam tim, untuk mencapai target perusahaan”



        4. Komitmen untuk belajar

          Kandidat yang menunjukkan komitmen untuk belajar juga dapat memberikan poin lebih di mata rekruter, karena keinginan untuk belajar dapat mendorong seseorang untuk memperluas pemahaman serta pengalaman dalam bekerja.

          Anda bisa menjawab : 

          “Dengan rasa keingintahuan saya  juga minat belajar yang tinggi, saya mampu beradaptasi dengan mudah sehingga memudahkan saya dalam bekerja memenuhi tugas yang diberikan perusahaan terhadap saya” 

          Baca juga: 20 Cara Menjawab Alasan Resign Saat Interview Kerja Beserta Contohnya!

          5. Bekerja keras

            Seorang yang pekerja keras sangat dibutuhkan untuk dapat mencapai tujuan perusahaan, serta seorang yang bekerja keras akan memiliki sikap pantang menyerah dalam menghadapi rintangan.

            Anda bisa menjawab :

            “Saat saya bekerja di perusahaan (sebutkan perusahaan sebelumnya) saya mampu mencapai target yang diberikan lebih cepat dari karyawan lain, saya tidak pernah mengeluh dan selalu berusaha menjadi yang terbaik dalam bekerja untuk mencapai tujuan perusahaan”

            6. Menjunjung tinggi kejujuran

              Dengan menunjukkan kejujuran yang tinggi, kandidat pelamar dapat menarik perhatian rekruter karena susahnya mencari seorang yang jujur pada saat ini.

              Anda bisa menjawab :

              “Saya sangat menjunjung tinggi kejujuran, dengan terbuka pada perusahaan dan tidak akan membocorkan data, serta tidak akan mengambil apapun yang bukan hak saya dalam perusahaan, agar perusahaan dapat mempercayai sepenuhnya”

              7. Memiliki motivasi dan semangat kerja

                Untuk dapat mencapai tujuan, perusahaan memerlukan kandidat yang memiliki motivasi dan semangat kerja yang tinggi, untuk mendorong karyawan agar bekerja dengan baik untuk hasil yang terbaik.

                Anda bisa menjawab :

                “Untuk mencapai target perusahaan, saya memiliki motivasi dan semangat kerja yang tinggi, untuk bekerja dengan baik dan melaksanakan tugas yang diberikan kepada saya dengan sebaik-baiknya” 

                8. Pantang menyerah

                  Rekruter juga melihat sikap pantang menyerah dalam diri seorang kandidat, agar mampu bekerja dalam tekanan dan tidak mudah goyah dalam menghadapi segala rintangan dalam bekerja.

                  Anda bisa menjawab :

                  “Saya meyakini bahwa sikap pantang menyerah berdampak pada produktivitas pekerjaan yang saya lakukan, saya mampu bekerja dalam tekanan serta tidak mudah menyerah dalam menghadapi masalah yang saya hadapi”



                  9. Kemampuan dalam berinovasi sesuai dengan skills yang dimiliki

                    Menyesuaikan skill yang dimiliki agar memiliki inovasi untuk memajukan perusahaan sangatlah penting, tujuan perusahaan dapat terpenuhi jika karyawan memiliki inovasi baru untuk perusahaan agar dapat berkembang lebih baik.

                    Anda bisa menjawab :

                    “Saya mampu berkontribusi untuk meningkatkan pendapatan perusahaan dengan kemampuan saya, pada perusahaan tempat saya bekerja sebelumnya saya mampu memenuhi target dan meningkatkan nilai penjualan dengan kurun waktu yang singkat”

                    10. Berperilaku positif

                      Perilaku positif sangat dibutuhkan dalam perusahaan, bukan tanpa sebab dengan adanya seorang yang berperilaku positif akan berdampak pada lingkungan kerja dan pekerjaan, agar mudah mencapai tujuan yang diinginkan perusahaan.

                      Anda bisa menjawab :

                      “Saat saya bekerja di perusahaan sebelumnya, saya dinilai mudah bergaul, saya juga pernah mendapat gelar best employee karena sikap saya. Saya yakin saat saya diterima di perusahaan ini saya akan mudah beradaptasi dengan lingkungan perusahaan sehingga memudahkan saya dalam bekerja memajukan perusahaan”

                      Baca juga: Ditanya “Apakah Ada Pertanyaan?” saat Interview? Coba Jawab Begini!

                      Tips Menjawab Pertanyaan Tentang Kontribusi Anda untuk Perusahaan

                      Jawaban atas pertanyaan ini memang harus dipertimbangkan dengan baik karena selain berguna untuk meyakinkan calon perusahaan, hal ini juga penting agar tidak menjadi boomerang untuk Anda.

                      Berikut adalah beberapa tips untuk memperkuat jawaban dari pertanyaan tentang kontribusi untuk perusahaan:

                      1. Gunakan metode STAR.
                        • Situation: Jelaskan situasi atau tantangan yang Anda hadapi.
                        • Task: Jelaskan tugas atau tanggung jawab yang Anda miliki.
                        • Action: Jelaskan tindakan yang Anda ambil untuk mengatasi tantangan tersebut.
                        • Result: Jelaskan hasil yang Anda capai.
                      2. Jawab dengan percaya diri untuk meyakinkan rekruter bahwa Anda memang pantas untuk diterima di perusahaan
                      3. Jawab dengan jujur agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari apabila apa yang diucapkan tidak sesuai dengan kenyataan
                      4. Melakukan riset terlebih dahulu untuk mengumpulkan informasi tentang perusahaan yang ingin dilamar agar jawaban atas pertanyaan tersebut sinkron dengan kondisi perusahaan
                      5. Berikan bukti tentang skill yang dimiliki, agar perusahaan yakin dengan kemampuan yang dimiliki
                      6. Hindari menjawab dengan cara menghafal, agar rekruter percaya bahwa Anda memang mampu dan siap untuk diterima kerja di perusahaan tersebut

                      Baca juga: Contoh Ucapan Terima kasih Setelah Interview Hingga Tipsnya


                      Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

                      Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

                      Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.