cara membuat CV telemarketing

Cara Membuat CV Telemarketing yang Mudah dan Simple

Ada banyak hal perlu diperhatikan sebelum mempraktikan cara membuat CV telemarketing. Sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu bahwa CV merupakan suatu dokumen yang memiliki fungsi untuk memberi gambaran diri pada suatu instansi maupun perusahaan. 

Sehingga ketika melamar suatu pekerjaan pada sebuah perusahaan syaratnya yaitu untuk mencantumkan CV bagi pelamar. Tidak sedikit juga orang yang mengartikan CV dengan resume adalah satu bagian yang sama. 

Padahal keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan, terlebih pada isi dan tujuannya. Resume sendiri merupakan dokumen yang merangkum pengalaman profesional, pencapaian, dan tujuan karir secara ringkas.

Baca juga: jenis jenis telemarketing

Seperti Ini Cara Membuat CV Telemarketing

Cara membuat CV posisi telemarketing yang baik dan menarik bukan berarti isinya yang dimuat harus berlembar-lembar dokumen. Perlu diketahui juga bahwasanya hal ini lebih cenderung diabaikan oleh perekrut. 

Untuk itu berikut informasi penting yang perlu ada dalam CV tanpa harus berlembar-lembar dokumen yang tidak terlalu penting.

  1. Cantumkan Informasi Pribadi

Informasi pribadi terdiri dari nama, alamat, nomor telepon, hingga email. Dalam CV, informasi pribadi sangatlah penting dan wajib. Hal tersebut biasanya ditulis pada bagian atas, sebab informasi ini nantinya akan dilihat pertama kali oleh perekrut.

Perlu diketahui juga bahwa untuk ukuran font pada informasi pribadi diharuskan sama. Dalam penulisan tersebut nama perlu ditempatkan pada posisi teratas. Kemudian selanjutnya alamat, nomor telepon dan paling bawah pada informasi pribadi yaitu email.

  1. Tulis CV Objective atau Summary

Cara membuat CV telemarketing selanjutnya bisa menulis dalam bentuk objective maupun summary. Untuk para fresh graduate disarankan untuk menulis ringkasan perjalanan pendidikan termasuk pengalaman yang sudah pernah ditempuh. Baik pengalaman formal maupun nonformal.

Semisal pernah sekolah di SMK dengan jurusan pemasaran. Maka perlu ditulis juga lama pendidikan tersebut beserta jurusannya dan pengalaman organisasi yang pernah diikuti. Dalam hal ini cukup ditulis dalam satu paragraf saja dengan sebanyak tiga baris.

  1. Cantumkan Pengalaman Kerja

Bagi perekrut, pengalaman kerja merupakan nilai plus bagi pelamar. Oleh karena itu, cara membuat CV telemarketing ini perlu mencantumkan pengelaman kerja, baik itu pengalaman magang ketika masih bersekolah atau pengalaman kerja yang pernah dilakukan.

Dalam penyajian informasi ini, pengalaman magang atau pekerjaan perlu ditempatkan pada urutan pertama. Selanjutnya tulis juga tanggung jawab selama bekerja pada tempat tersebut.

  1. Cantumkan Pendidikan yang Sudah Ditempuh

Dalam menulis pendidikan yang sedang ditempuh, alangkah baiknya memasukan hal-hal yang penting. Beberapa hal perlu diperhatikan dalam menulis latar belakang yaitu:

  • Nama universitas atau sekolah. 
  • Lamanya menempuh pendidikan. 
  • Jurusan yang diambil. 

Menuliskan seperti di atas dalam latar belakang pendidikan sudah lebih dari cukup. Dengan hal terebut nantinya CV akan terlihat ringkas dan profesional. Dalam menulisnya juga perlu memasukan lama pendidikan yang sudah ditempuh.

  1. Masukan Skill yang Dikuasai

Cara membuat CV telemarketing selanjutnya yaitu memasukan skill yang dikuasai. Akan lebih baik jika kemampuan atau skill yang dimasukkan adalah relevan dengan pekerjaan yang akan dilamar. Ini nantinya akan memengaruhi pandangan perekrut.

Apakah harus memberikan Anda kesempatan atau tidak. Dalam hal ini perlu diketahui beberapa hal dalam mencantumkannya, seperti jika ingin melamar dalam telemarketing, maka:

  • Memasukkan skill marketing, komunikasi, dan sebagainya.
  • Hindari memasukkan skill yang hampir semua orang bisa melakukannya, seperti menggunakan Ms. Word. 

Baca juga: Skill yang harus dimiliki oleh telemarketing

  1. Masukan Informasi Tambahan

Cara membuat CV telemarketing selanjutnya yaitu dengan memasukan informasi tambahan, seperti minat, prestasi, dan lain-lain. Informasi ini merupakan salah satu opsi, sehingga bisa dicantumkan dan juga bisa tidak. 

Akan tetapi bagi seseorang yang memiliki prestasi dalam bidang tersebut, alangkah baiknya memasukan juga informasi sebagai pendukung agar perekrut lebih tertarik. Dengan begitu, biasanya perekrut akan membayar atensi pada CV milik Anda.

Jadi, ada beberapa hal perlu dicantumkan dalam CV, seperi informasi pribadi, pengalaman kerja, pendidikan, dan lain sebagainya. Selain itu ketika membuat CV juga perlu menulis skill-skill yang dikuasai dan relevan dengan pekerjaan sedang dilamar. 

Untuk cara membuat CV telemarketing sendiri urutan bebas, akan tetapi umumnya informasi pribadi berada paling atas, kemudian dilanjutkan pengalaman kerja, pendidikan yang sudah ditempuh, skill yang dikuasai, dan sebagainya.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.

 

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!