Cara Menanyakan Lowongan Kerja Lewat Whatsapp

12 Cara Menanyakan Lowongan Kerja Lewat Whatsapp

Saat ingin mencari informasi mengenai pekerjaan, pada iklan lowongan pekerjaan seringkali ditemukan nomor WhatsApp yang dapat dihubungi. Cara menanyakan lowongan kerja lewat WhatsApp berpengaruh pada penilaian pemberi pekerjaan terhadap pelamar, kesopanan pelamar saat menanyakan lowongan memberi nilai tambah di mata pemberi pekerjaan.

Berikut Beberapa Cara Menanyakan Lowongan Kerja Lewat WhatsApp.

Cara Menanyakan Lowongan Pekerjaan Melalui WhatsApp

1. Pastikan Nomor Tujuan Benar

      Sebelum mengutarakan maksud dan tujuan, ada baiknya memastikan nomor yang dituju apakah sudah benar, dan apakah nomor yang dituju memang sedang membutuhkan pekerja.

      2. Perhatikan Waktu Pengiriman

        Waktu saat mengirim WhatsApp juga penting diperhatikan, ketahui kapan waktu yang tepat untuk menghubungi seseorang, pastikan bukan pada waktu beristirahat, dan sebaiknya menghubungi pada saat jam kerja, untuk menunjukkan etika dan kesopanan.

        3. Beri Salam Pembuka

          Cara menanyakan lowongan kerja lewat WhatsApp berikutnya, yaitu tunjukkan rasa sopan.  Jangan lupakan salam pembuka, memang terlihat sepele namun salam pembuka sangat penting untuk menambah nilai plus di mata pihak terkait, dan memperlihatkan etika dan sopan santun.



          4. Perkenalkan Diri

            Setelah selesai dengan salam pembuka, perkenalkan diri dengan menyebutkan identitas yang sekiranya dibutuhkan, agar pemberi kerja tau dengan siapa mereka berkomunikasi.

            5. Sebutkan Dimana Mendapat Nomor WhatsApp 

              Sumber informasi dari mana Anda mendapatkan nomor WhatsApp juga penting disebutkan, agar pihak terkait mengetahui, apakah benar Anda mengetahui informasi tersebut dari iklan yang mereka pasang.

              6. Sebutkan Tujuan Mengirim WhatsApp

                Setelah salam dan memperkenalkan diri, utarakan maksud dan tujuan mengirim WhatsApp, hal ini penting agar pihak terkait mengetahui apakah yang dihadapi berhubungan dengan pekerjaan atau urusan pribadi.

                7. Tanyakan Syarat Mendapatkan Pekerjaan

                  Jangan lupa untuk menanyakan syarat mendapatkan pekerjaan secara lengkap, untuk menunjukan keseriusan dalam melamar pekerjaan.

                  8. Hindari Menanyakan Gaji

                    Menanyakan gaji sebelum bekerja dinilai kurang sopan, oleh karena itu saat menanyakan lowongan pekerjaan lewat WhatsApp jangan menanyakan gaji, untuk menunjukan etika dan sopan santun.



                    9. Periksa Bahasa dan Tanda Baca

                      Perhatikan bahasa yang digunakan, gunakan bahasa yang formal dan santun. Juga perhatikan tanda baca agar kalimat mudah dipahami.

                      10. Jangan Memaksa

                        Saat menanyakan lowongan pekerjaan lewat WhatsApp, jangan memaksa untuk dibalas, pihak terkait tidak hanya berhubungan dengan satu orang saja oleh karena itu bersabarlah dan tunggu balasan dengan tenang.

                        11. Jangan Menarik Pesan

                          Untuk menunjukan profesionalitas serta kesungguhan dalam mencari pekerjaan, jangan menarik pesan yang telah dikirim, agar pemberi kerja yakin bahwa Anda memang membutuhkan pekerjaan.

                          12. Ucapkan Terima Kasih dan Maaf

                          Cara menanyakan lowongan kerja lewat WhatsApp dengan sopan yang terakhir adalah mengucapkan terima kasih dan maaf, memang terlihat sepele namun dua kata ajaib itu mampu menambah nilai plus dan menunjukan etika yang baik.

                          Baca juga: Cara Jualan Online di WA Paling Ampuh Dan Kreatif

                          Contoh Cara Menanyakan Lowongan Kerja Lewat WhatsApp yang Benar

                          1. Contoh Menanyakan Lowongan Kerja Lowongan Kerja Digital Marketing Lewat WhatsApp yang Benar

                          “Halo, saya Aji Darmawan. Saya tertarik dengan lowongan pekerjaan di bidang Digital Marketing yang mungkin ada di perusahaan Anda. Saya memiliki pengalaman sebelumnya dalam manajemen kampanye online dan analisis data. Apakah Anda memiliki informasi lebih lanjut tentang lowongan yang tersedia?”

                          2. Contoh Menanyakan Lowongan Kerja Lowongan Kerja Dalam Bahasa Indonesia Lewat WhatsApp yang Benar

                          “Selamat pagi, saya Aji Darmawan. Saya ingin mengetahui apakah ada lowongan pekerjaan yang tersedia di perusahaan Anda, terutama dalam bidang digital marketing. Saya memiliki pengalaman dalam mengelola kampanye digital dan mengoptimalkan kinerja online. Mohon informasinya jika ada lowongan yang sesuai. Terima kasih.”

                          3. Contoh Menanyakan Lowongan Kerja Lowongan Kerja Dalam Bahasa Inggris Lewat WhatsApp yang Benar

                          “Hello, I’m Aji Darmawan I’m interested in exploring job opportunities in the field of Digital Marketing at your company. I have previous experience in managing online campaigns and data analysis. Could you please provide more information if there are any relevant openings available? Thank you.”

                          Baca juga: 3 Aplikasi Untuk Mengetahui Nomor Kita Diblokir: Mengungkap Status Diblokir di WhatsApp


                          Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

                          Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

                          Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.