formasi cpns

Formasi CPNS yang Dibuka Dalam Rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024

Beberapa instansi pemerintahan sudah telah resmi mengeluarkan formasi CPNS yang akan dibuka pada rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN) 2024.

Jika melansir berdasarkan laman resmi Kemenpan-RB, untuk 2024 alokasi CASN sebanyak 1.289.824 unit yang terbagi menjadi 862.174 unit di lembaga daerah dan 427.650 unit di lembaga pusat.

Jumlah tersebut nantinya akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan 2.3 juta ASN secara bertahap.

Formasi CPNS dan PPPK 2024

1. Formasi CPNS & PPPK Kementerian Agama

Untuk instansi Kementerian Agama, formasi CPNS yang dibuka sebanyak 20.772. Sedangkan untuk PPPK sebanyak 89.781 formasi. Dari jumlah tersebut nantinya akan dibagi menjadi untuk beberapa posisi seperti tenaga guru, tenaga teknis, dan tenaga kesehatan.

Baca juga: Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN)

2. Formasi CPNS & PPPK Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

Untuk instansi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), mendapatkan 15.462 formasi untuk CPNS dan 25.079 formasi untuk PPPK.

Formasi tersebut akan tersebar di berbagai instansi lingkungan Kemendikbudristek, seperti:

  • Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi
  • Badan Penelitian dan Pengembangan dan Pembukuan
  • Pusat Tenaga Kependidikan
  • Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi
  • Perguruan Tinggi Negeri
  • Perguruan Tinggi Swasta

3. Formasi CPNS dan PPPK Kementerian Hukum dan HAM

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) mengumumkan lowongan CPNS sebanyak 5000 formasi. Dari jumlah tersebut 4000 formasi untuk kebutuhan umum dan 1000 formasi untuk lulusan Papua dan Papua Barat.

Baca juga: Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Untuk CPNS



4. Formasi CPNS dan PPPK Kementerian Sosial

Kementerian Sosial mengeluarkan formasi CPNS sebanyak 266 dan PPPK sebanyak 40.573 formasi. Jumlah tersebut akan dibagi untuk berbagai keahlian seperti auditor, dokter dan lainnya.

5. Formasi CPNS dan PPPK Mahkamah Agung

Untuk formasi CPNS Mahkamah Agung memberikan peluang sebanyak 4.949 formasi serta PPPK sebanyak 9.726. Dari jumlah tersebut akan dibagi untuk kebutuhan di bidang ahli pertama – pranata peradilan dan analis perkara peradilan.

6. Formasi CPNS dan PPPK Kementerian Kesehatan

Instansi Kementerian Kesehatan mengeluarkan formasi CPNS sebanyak 8.607 dan PPPK sebanyak 14.593 formasi. Dari sekian banyaknya formasi, sudah pasti akan dibagi untuk beberapa posisi seperti dokter umum, dokter gigi, perawat, bidan, psikolog, apoteker, kesehatan lingkungan dan lainnya.

7. Formasi CPNS dan PPPK Kementerian Pertahanan

Kementerian Pertahanan juga menjadi instansi pemerintah yang mengeluarkan jumlah formasi untuk CPNS dan PPPK. Jumlahnya sekitar 18.824 formasi untuk CPNS yang kemudian dibagi kembali untuk kebutuhan tenaga teknis sebanyak 13.687 dan tenaga kesehatan 4.597.

Sedangkan untuk jumlah formasi PPPK ada 6.974 yang dibagi untuk kebutuhan PPPK tenaga teknis sebanyak 3.200 dan PPPK tenaga kesehatan sebanyak 3.774.

8. Formasi CPNS dan PPPK Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Jumlah formasi Kementerian PUPR untuk CASN 2024 sebanyak 6.385 untuk CPNS dan 19.931 untuk PPPK. Totalnya ada sekitar 26.319 formasi yang telah disetujui oleh pemerintah.



9. Formasi CPNS dan PPPK Kejaksaan Agung

Kejaksaan Agung mempersiapkan formasi sebanyak 9.694 untuk formasi CPNS, sedangkan untuk formasi PPPK sebanyak 1.609. Dari formasi tersebut akan dibagi menjadi beberapa bidang seperti jabatan pengacara negara, jabatan teknis hingga jabatan administrasi.

10. Formasi CPNS dan PPPK Badan Pengawas Pemilu

Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu mengeluarkan formasi untuk CPNS sebanyak 1.984, sedangkan untuk PPPK sebanyak 16.573 formasi. Jumlah tersebut akan dialokasikan di tingkat provinsi hingga kabupaten atau kota.

Itulah beberapa formasi CPNS dan PPPK untuk 2024 yang bisa Anda jadikan acuan untuk memilih instansi pemerintahan mana.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.