10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

tugas dan tanggung jawab seorang customer service

Apa Saja Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Customer Service?

Apakah Anda sudah mengenal tugas dan tanggung jawab seorang customer service? Yah, bagi Anda yang tertarik bekerja sebagai CS di sebuah perusahaan, tentu harus memahami dulu apa saja yang perlu dikerjakan.

Dalam bahasa Indonesia ini juga disebut sebagai layanan pelanggan, tentunya ini memiliki peranan yang sangat penting untuk membantu tujuan bisnis. Tidak hanya itu, sebagai seorang CS perlu memberikan pengalaman mengesankan untuk para pelanggannya. 

CS perlu mengetahui berbagai hal yang mungkin ditanyakan atau pelanggan keluhkan. Tidak hanya itu, seorang yang bekerja sebagai CS perlu memberikan informasi lengkap perihal produk atau layanan dari perusahaan tempatnya bekerja. 

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Customer Service

Mengenai tugas dan tanggung jawab seorang customer service akan dijelaskan pada poin berikut ini. jika Anda memiliki keinginan bekerja sebagai CS, berikut adalah informasi penting yang perlu Anda ketahui.

  1. Membantu Atasi Masalah Konsumen

Tugas dan tanggung jawab yang pertama adalah membantu mengatasi masalah para pelanggannya. Dia harus memberikan penyelesaian yang tepat karena CS menjadi tempat para pelanggan mendapatkan jawaban terkait pertanyaannya. 

Untuk itu, kemampuan penyelesaian masalah pelanggan mengenai produk atau layanan harus dimilikinya. Serta mampu memberikan solusi teknis kepada pelanggan. Penting untuk segera menanggapi permasalahan dengan memberikan solusi terbaik. 

Sebagai perusahaan, perlu membekali karyawannya soft skill dalam berkomunikasi yang jelas, menjadi pendengar serta menghindari kalimat negative. Sehingga, saat pelanggan protes dengan emosi, CS tetap mampu memberikan solusi terbaik. 

  1. Perlu Memberi Pelayananan Proaktif

Sebagai tempat layanan, tentunya dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab seorang customer service, dia perlu memiliki sikap proaktif. Nantinya akan memudahkan komunikasi dengan konsumen. Selain itu, hal tersebut bisa membangun citra positif terhadap perusahaan.

Anda mungkin pernah menemui CS yang menawarkan berbagai produk baru hingga promo menarik lainnya, ini juga merupakan salah-satu tugasnya. Memberikan bantuan kepada pelanggan juga bisa disebut sebagai nilai tambah. 

  1. Kemampuan Menjawab Pertanyaan Terkait Perusahaan

Bisa dikatakan cs ini merupakan garda terdepan dari perusahaan. Ini juga menjadi cerminan wajah perusahaan. Artinya menjadi CS perlu mengetahui berbagai informasi terupdate perusahaan tempatnya bekerja. 

Seorang ini harus mampu menjawab pertanyaan pelanggan yang berkaitan dengan produk/layanan yang diinginkannya. Ini adalah aspek penting yang tidak boleh dilewatkan agar pelayanan tetap berjalan dengan semestinya. 

  1. Melakukan Pemrosesan Transaksi dan Pesanan

Beberapa perusahaan memberikan tugas dan tanggung jawab seorang customer service sebagai pusat pelayanan yang melayani pembelian dan proses pelayanan. Dia juga biasanya memiliki tanggungjawab terhadap transaksi, pembelian, return hingga pembatalan pesanan.

Seorang cs harus mampu memastikan dengan benar pesanan para pelanggan agar bisa diproses sesuai prosedur perusahaan. Tidak sampai di situ, pesanan harus dipastikan sampai dengan aman ke tangan para pelanggan. 

  1. Menawarkan Produk/Layanan Terbaru

Jika Anda berpikir CS hanya sekedar menjawab pertanyaan dan menyelesaikan keluhan pelanggan, ini belum semuanya. CS perlu menawarkan informasi terbaru mengenai penawaran terbaru produk atau layanan perusahaan. 

Harus pula menyampaikan informasi terbaru baik itu perubahan harga, peluncuran produk baru atau memberikan penawaran untuk produk promo. Dengan informasi semacam ini akan membantu kemajuan perusahaan. 

  1. Memberi Tanggapan Terkait Ulasan Pelanggan

Setiap perusahaan meletakkan ulasan untuk layanan atau produk yang dimilikinya. Terlebih di era digitalisasi saat ini, hal ini dengan mudah ditemukan. Ulasan dari pelanggan akan mampu membuat perusahaan memperbaiki kekurangan untuk diperbaiki atau ditingkatkan.

Dengan ini akan membantu tingkat kepercayaan kepada perusahaan. Sebagai CS perlu menanggapi hal-hal seperti ini agak konsumen akan semakin tertarik. Jika suatu saat terdapat ulasan negative, tanggapan dari perusahaan akan tertangani. 

  1. Menganalisis Umpan Balik 

Sebagai seorang pelanggan, mungkin ada saatnya memiliki keluhan terhadap produk atau layanan dari perusahaan. Ini adalah hal yang wajar, untuk itu tugas dan tanggung jawab seorang customer service salah-satunya adalah kemampuan analisis umpan balik pelanggan.

Sebagai cs tidak boleh bosan mendengarkan keluhan para pelanggan, meski itu adalah keluhan berulang. Untuk itu mengumpulkan dan menganalisis keluhan akan membantu menemukan solusi dari permasalahan yang ada. 

Tidak hanya itu, seorang cs dapat bertindak secara langsung terkait permasalahan yang ada dan memberikan solusi tepat. Dengan semua informasi tersebut akan membantu perusahaan memperbaiki pelayannya. 

Customer service dapat dikatakan sebagai wajah dari perusahaan karena bersentuhan langsung dengan perusahaan. Untuk itu perlu memahami tugas dan tanggung jawab seorang customer service untuk memajukan perusahaan. 

Bagikan Artikel: