tugas customer service bank

Tugas Customer Service Bank dan Wewenangnya

Belakangan banyak orang yang menanyakan tugas customer service bank dan wewenangnya. Selain teller, pegawai bank yang berinteraksi dengan nasabah secara tatap muka antara lain adalah customer service (CS).

Namun, jika teller bertugas menangani proses transaksi, maka peran departemen customer service adalah untuk mendukung administrasi nasabah dan menyebarluaskan informasi mengenai layanan bank.

Jika bekerja di layanan bank adalah pekerjaan ideal Anda, teruslah belajar untuk memahami tugas dan kemampuan yang terlibat serta tanggung jawab sebagai perwakilan pelanggan bank.

Pengertian Customer Service

Pekerjaan yang paling dicari di sektor keuangan adalah layanan pelanggan. Posisinya setara dengan teller. Karena lowongan pekerjaan yang banyak, masuk akal bahwa banyak orang yang ingin melamar pekerjaan sebagai teller bank.

Secara umum, tanggung jawab teller dan CS saling tumpang tindih. Sederhananya, karena bank sering menangani semuanya mulai dari membantu konsumen membuat rekening baru hingga menangani keluhan nasabah, maka tugas customer service justru lebih rumit.

Selain itu, CS bertugas untuk memahami berbagai produk bank dan kemudian menjelaskannya kepada nasabah. Mereka berfungsi sebagai pintu gerbang bagi nasabah untuk mempelajari produk-produk perbankan, sehingga perannya cukup krusial.

Nah, agar klien tetap setia pada bank terkait, CS harus menawarkan layanan terbaik ketika menawarkannya kepada mereka.

5 Tugas Customer Service Bank

Hal yang sering disalah pahami adalah bahwa customer service hanya menerima telepon dari klien. Selain kewajiban di atas, CS bank juga harus menyelesaikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Melayani Nasabah

Melayani nasabah merupakan tugas customer service bank yang pertama. Oleh karena itu, CS harus siap menghadapi berbagai pertanyaan, tuntutan, dan keluhan dari konsumen.

Itu artinya, melibatkan konsumen erat hubungannya dengan keuangan. Dengan demikian CS harus menjadi ahli dalam lini produk perusahaan.

Baca juga: Cara menawarkan produk ke pelanggan dengan efektif

  1. Mengatasi Masalah Klien

Pernahkah Anda mengalami masalah dengan kartu ATM yang tersangkut di perangkat? Jika demikian, CS bank akan membantu klien ketika meminta kartu baru.

Oleh karena itu, customer service harus memiliki pemahaman menyeluruh mengenai cara menyelesaikan masalah apa pun dari konsumen.

  1. Mengurus Administrasi Untuk Nasabah

Tugas customer service bank berikutnya dalam memberikan layanan nasabah yang prima adalah menangani administrasi nasabah. Contoh administrasi ini adalah mencetak buku tabungan, kwitansi transfer, dan kwitansi pembayaran.

  1. Memberikan Penawaran Produk

Saat ini, bank menawarkan berbagai macam produk untuk pelanggan dan calon pelanggan.

Salah satu tanggung jawab pelayanan nasabah bank yang harus diperhatikan adalah menyediakan barang-barang yang dimiliki oleh bank. Jadi sekali lagi, CS di sebuah bank harus menguasai keahlian produk ya!

  1. Melakukan Pembukaan Rekening, Penutupan Rekening, dan Pemblokiran Rekening Nasabah

Membuka, membatalkan, dan memblokir rekening adalah tugas yang tidak dapat dipisahkan dari customer service bank.

Penutupan akun dan situasi pemblokiran biasanya terjadi ketika konsumen kehilangan sesuatu atau informasi pribadinya disusupi. Dengan demikian, penutupan harus dilakukan hingga akun diblokir untuk mengamankan data lain dan mengamankan saldo akun.

Dari pengaduan, pemblokiran juga bisa diarahkan ke klien lain. Situasi ini biasanya muncul akibat pemilik akun melakukan kejahatan, seperti penipuan atau pencurian uang. Itu artinya, tugas customer service bank juga berwenang untuk memblokir rekening terlapor jika memiliki dokumen pendukung.

Baca juga: Cara mendapatkan feedback dari customer

  1. Menyampaikan Informasi yang Dibutuhkan Nasabah

Jika Anda memiliki basis konsumen yang besar, Anda harus siap untuk mengatasi berbagai masalah saat ini. Perwakilan layanan pelanggan di bank seringkali harus memberikan informasi mengenai saldo rekening.

Hal ini memang terkesan mudah, mengingat saat ini kita hidup di era serba teknologi dengan m-banking yang dapat dengan mudah menyediakan fasilitas pengecekan saldo.

Meskipun demikian, banyak juga klien yang bertanya mengenai saldo mereka. Oleh karena itu, dalam berbagai kesempatan, pencetakan rekening giro nasabah juga bisa disampaikan beserta saldo rekeningnya.

  1. Menjaga Hubungan Baik dengan Nasabah

Salah satu penghubung antara bank dan nasabah adalah customer service bank. Itu artinya, tugas CS bank adalah menjaga hubungan yang baik dengan nasabah. Banyak yang percaya bahwa reputasi bank dapat diukur dari tingkat layanan pelanggannya.

Ketika melakukan wawancara untuk tugas customer service bank ini, detail seperti prasyarat aplikasi, lintasan karir, dan informasi gaji layanan pelanggan juga dapat digunakan sebagai referensi.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!