Rata-rata Gaji Customer Service

Berapa Rata-rata Gaji Customer Service di Indonesia?

Rata-rata gaji Customer Service di Indonesia sangatlah beragam nominalnya karena hal ini ditentukan dari berbagai macam faktor. Menjadi Customer Service adalah salah satu pekerjaan yang setiap harinya berhadapan secara langsung dengan para pelanggan.

Untuk menjadi Customer Service pun harus memiliki skill khusus yang tidak semua orang miliki. Meski pekerjaan yang satu ini sering dipandang rendah oleh banyak orang, tetapi pada dasarnya menjadi Customer Service memiliki gaji yang cukup besar.

Rata-rata Gaji Customer Service yang Harus Anda Ketahui

Rata-rata gaji Customer Service bisa ditentukan dari beberapa hal, yang paling mudah adalah menentukan dari pengalaman. Seorang Customer Service profesional pastinya akan memiliki gaji yang lebih tinggi dari Customer Service Fresh graduate.

Selain kedua faktor tersebut ada faktor lainnya yang bisa digunakan untuk mengukur pendapatan rata-rata yang di terima oleh Customer Service. Beberapa faktor tersebut adalah yang berikut ini:

  1. (UMP) atau Upah Minimun Provinsi biasanya juga digunakan oleh sebuah perusahaan untuk menentukan gaji dari seorang Customer Service.
  2. Posisi atau jabatan yang dilamar, serta skala perusahaan dan bidang usaha tersebut.
  3. Kebijakan yang dibuat sebuah perusahaan untuk menentukan rata-rata gaji Customer Service yang telah ditentukan sebagai kebijakan perusahaan.
  4. Pengalaman dan juga keterampilan yang dimiliki oleh seseorang terkait bidang yang dilamarnya tersebut.
  5. Tingkat pendidikan dari seorang Customer Service yang menjadi nilai plus adalah jika Customer Service tersebut merupakan lulusan dari luar negeri.
  6. Skill negosiasi antara pelamar dan juga perusahaan terkait gaji yang akan diberikan terkait bidang yang Anda lamar tersebut.

Faktor Pendukung Besar Kecilnya Gaji Customer Service

Faktor Pendukung lainnya yang membuat Gaji seorang Customer Service semakin besar:

  1. Memiliki Keterampilan Menulis yang Baik
  2. Mampu membuat dokumentasi interaksi yang dengan pelanggan secara lengkap
  3. Mampu mempelajari dan mendalami terkait dengan produk atau jasa yang dipasarkan atau dijual
  4. Memiliki pengalaman menggunakan berbagai jenis alat komunikasi
  5. Memiliki pengalaman kerja sebagai customer service

Baca juga: Cara menjadi customer service yang baik

Jenjang Karir Customer Service Beserta Besaran Gajinya!

1. Customer Service Representative

Customer service tingkat junior biasa dikenal dengan sebutan Customer Service Representative. Tingkatan customer service yang satu ini memang menjadi jenjang karir paling awal yang dapat dimulai oleh seorang customer service pemula. Namun pemula bukan berarti tidak memiliki tugas dan tanggung jawab yang berat.

Seorang Customer Service Representative merupakan posisi yang cukup vital di sebuah perusahaan. Pasalnya tugas utama dari Customer Service Representative adalah menjadi perwakilan perusahaan dalam menjaga hubungan baik dengan pelanggan atau customer. 

Karena terbilang minim pengalaman, tak jarang pada posisi Customer Service Representative tersebut perusahaan akan menyediakan beberapa pelatihan khusus atau sertifikasi customer service untuk meningkatkan skill customer service yang dimiliki oleh pemula tersebut. 

Besaran gaji seorang Customer Service Representative berkisar antara Rp.4.500.000 hingga Rp.5.500.000 yang disesuaikan dengan UMP wilayan bekerja.



2. Customer Service Specialist

Customer Service Specialist merupakan tingkat menengah dari seorang customer service dengan lama pengalaman antara 4 hingga 8 tahun. Pada tingkatan ini, seorang customer service specialist akan memiliki jam terbang serta skill yang lebih mumpuni. Pasalnya untuk bisa menjadi Customer Service Specialist atau tingkat menengah, mereka wajib melewati jenjang karir sebagai Customer Service Representative atau tingkat awal.

Namun karena pengalaman tersebut, seorang Customer Service Specialist bukan hanya memiliki tugas utama untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Terdapat tugas lainnya yang juga diemban oleh jenjang karir customer service yang satu ini. Tugas tersebut adalah membimbing dan memberikan arahan kepada customer service tingkat junior dalam menjalani pekerjaannya. Besaran gaji yang dapat diterima customer service tingkat menengah berkisar antara Rp. 6000.000 hingga Rp.8.500.000.

3. Customer Service Manager/Director

Tingkat Senior atau teratas dari customer service adalah Customer Service Manager/Director. Jenjang karir yang satu ini merupakan karir dengan pengalaman customer service setidaknya  8 tahun atau lebih. Tugas yang diemban seorang Customer Service Manager/Director tentunya juga berbeda dari customer service pada level level sebelumnya. 

Customer Service Manager/Director juga bertanggung jawab atas strategi maupun budget serta efisiensi dari tim customer service pada sebuah perusahaan. Untuk itu, diperlukan pengalaman serta jam terbang yang cukup. Besaran gaji yang diterima oleh seorang Customer Service Manager/Director berkisar Rp8.600.000 hingga Rp10.000.000

Baca juga: 9 Aturan Baku Customer Service yang Perlu Diketahui

Berapa Gaji Rata-rata dari Seorang Customer Service Sesuai Bidang Pekerjaan!

Pada umumnya sebuah perusahaan besar akan memberikan rata-rata gaji Customer Service tingkat fresh graduate setara Upah Minimun Provinsi  (UMP) dan akan meningkat jumlahnya untuk seorang Customer Service profesional.

Tetapi ada banyak bidang yang berhubungan langsung dengan pekerjaan Customer Service ini, untuk lebih jelasnya akan kami bahas di bawah ini terkait gaji Customer Service per bidang yang dilamarnya.

1. Bidang Ekonomi dan Manajemen

Bidang yang satu ini memiliki banyak profesi yang dapat Anda pilih untuk menjadi seorang Customer Service di dalamnya. Seperti bidang perbankan, Bussines Development, Bussines Analyst, Human Resource Staff, General Affair Staff dan lainnya.

Sebagai contoh gaji seorang Customer Service perbankan akan mendapatkan nominal gaji sebesar Rp.5.000.000 – Rp. 20.000.000 untuk perbankan nasional, dan gaji sebesar Rp. 4.000.000 – Rp. 20.000.000 untuk perbankan swasta seperti BCA, CIMB Niaga dll.

2. Bidang Hukum

Customer Service bidang hukum adalah sebuah pekerjaan yang bidang usaha atau perusahaan tersebut berkaitan dengan layanan hukum dan sejenisnya. Bidang yang satu ini masih cukup langka terkait penerapan layanan Customer Service yang diberikan.

Adapun layanan Customer Service tersedia untuk bidang Legal Staff dan Auditor. Untuk Customer Service Legal Staff memiliki rata-rata gaji sebesar Rp. 3.700.000 – Rp. 11.000.000 dan Auditor memiliki rata-rata gaji sebesar Rp. 5.000.000 – Rp. 9.000.000.



3. Bidang Finance dan Accounting

Rata-rata gaji Customer Service yang berikutnya adalah yang terkait dengan bidang Finance dan Accounting. Seperti namanya maka bidang yang satu ini bergerak di bidang finansial seperti layanan perkreditan dan bidang lainnya.

Beberapa jenis dari layanan finance dan accounting adalah Finance Staff dengan gaji Rp. 5.000.000 – Rp. 12.000.000, Accounting Staff dengan gaji Rp. 3.500.000 – Rp. 8.000.000, dan Tax Officer dengan rata-rata gaji sebesar Rp. 3.800.000 – Rp. 8.000.000 per bulan.

4. Bidang IT dan Engineering

Di era yang sudah serba modern saat ini membuat kebutuhan didunia IT dan Engineering sangat berkembang. Seperti kebutuhan Customer Service di perusahaan e-commerce contohnya yang memiliki gajia yang sangat variatif nominal jumlahnya.

Selain itu Customer Service lain seperti Data Engineer dan Data Analyst juga memiliki gaji yang cukup menarik. Untuk CS Data Engineer memiliki gaji sebesar Rp. 5.800.000 – Rp. 9.000.000, dan Data Analyst memiliki gaji sebesar Rp. 3.000.000 – Rp. 7.000.000.

Tentu masih ada banyak bidang lainnya yang memiliki gaji rata-rata yang cukup tinggi dari pekerjaan Customer Service ini. Untuk itu pekerjaan yang satu ini tentu saja cukup menguntungkan karena bisa mendapat rata-rata gaji Customer Service yang tinggi.

Rata Rata Gaji Customer Service Beberapa Daerah Di Indonesia

Berikut rincian gaji customer service di beberapa Kota menurut Indeed:

  • Surabaya Rp 4.382.556 per bulan
  • Bekasi Rp 3.984.233 per bulan
  • Jakarta Rp 3.968.977 per bulan
  • Tangerang Rp 3.921.544 per bulan
  • Bandung Rp 3.345.028 per bulan
  • Malang Rp 3.129.675 per bulan
  • Semarang Rp 2.990.132 per bulan
  • Medan Rp 2.828.942 per bulan
  • Denpasar Rp 2.634.044 per bulan

Perusahaan Dengan Gaji Customer Service Tertinggi Di Indonesia

  • Customer Service Officer Bank Mandiri Rp4.300.000
  • Customer Service Officer Bank BRI Rp4.500.000
  • Customer Service Staff Bank BCA Rp4.400.000
  • Gaji Call Center Halo BCA Rp3.800.000
  • Customer Service Staff Bank BTN Rp4.000.000
  • Customer Service Officer Bank BNI Rp4.300.000
  • Customer Sevice Telkomsel Rp3.400.000
  • Customer Sevice Shopee Rp3.600.000
  • Call Center Grab Rp3.500.000
  • Customer Service Niagahoster Rp3.000.000
  • CS Tokopedia Rp3.800.000
  • Call Center Gojek Rp3.600.000


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.