10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Rata-rata Gaji Customer Service

Berapa Rata-rata Gaji Customer Service di Indonesia?

Rata-rata gaji Customer Service di Indonesia sangatlah beragam nominalnya karena hal ini di tentukan dari berbagai macam faktor. Menjadi Customer Service adalah salah satu pekerjaan yang setiap harinya berhadapan secara langsung dengan para pelanggan.

Untuk menjadi Customer Service pun harus memiliki skill khusus yang tidak semua orang miliki. Meski pekerjaan yang satu ini sering di pandang rendah oleh banyak orang, tetapi pada dasarnya menjadi Customer Service memiliki gaji yang cukup besar.

Rata-rata Gaji Customer Service yang Harus Anda Ketahui

Rata-rata gaji Customer Service bisa ditentukan dari beberapa hal, yang paling mudah adalah menentukan dari pengalaman. Seorang Customer Service profesional pastinya akan memiliki gaji yang lebih tinggi dari Customer Service Fresh graduate.

Selain kedua faktor tersebut ada faktor lainnya yang bisa digunakan untuk mengukur pendapatan rata-rata yang di terima oleh Customer Service. Beberapa faktor tersebut adalah yang berikut ini:

  1. (UMP) atau Upah Minimun Provinsi biasanya juga digunakan oleh sebuah perusahaan untuk menentukan gaji dari seorang Customer Service.
  2. Posisi atau jabatan yang dilamar, serta skala perusahaan dan bidang usaha tersebut.
  3. Kebijakan yang dibuat sebuah perusahaan untuk menentukan rata-rata gaji Customer Service yang telah ditentukan sebagai kebijakan perusahaan.
  4. Pengalaman dan juga keterampilan yang dimiliki oleh seseorang terkait bidang yang dilamarnya tersebut.
  5. Tingkat pendidikan dari seorang Customer Service yang menjadi nilai plus adalah jika Customer Service tersebut merupakan lulusan dari luar negeri.
  6. Skill negosiasi antara pelamar dan juga perusahaan terkait gaji yang akan diberikan terkait bidang yang Anda lamar tersebut.

Berapa Gaji Rata-rata dari Seorang Customer Service?

Pada umumnya sebuah perusahaan besar akan memberikan rata-rata gaji Customer Service tingkat fresh graduate setara Upah Minimun Provinsi  (UMP) dan akan meningkat jumlahnya untuk seorang Customer Service profesional.

Tetapi ada banyak bidang yang berhubungan langsung dengan pekerjaan Customer Service ini, untuk lebih jelasnya akan kami bahas di bawah ini terkait gaji Customer Service per bidang yang dilamarnya.

1. Bidang Ekonomi dan Manajemen

Bidang yang satu ini memiliki banyak profesi yang dapat Anda pilih untuk menjadi seorang Customer Service di dalamnya. Seperti bidang perbankan, Bussines Development, Bussines Analyst, Human Resource Staff, General Affair Staff dan lainnya.

Sebagai contoh gaji seorang Customer Service perbankan akan mendapatkan nominal gaji sebesar Rp.5.000.000 – Rp. 20.000.000 untuk perbankan nasional, dan gaji sebesar Rp. 4.000.000 – Rp. 20.000.000 untuk perbankan swasta seperti BCA, CIMB Niaga dll.

2. Bidang Hukum

Customer Service bidang hukum adalah sebuah pekerjaan yang bidang usaha atau perusahaan tersebut berkaitan dengan layanan hukum dan sejenisnya. Bidang yang satu ini masih cukup langka terkait penerapan layanan Customer Service yang diberikan.

Adapun layanan Customer Service tersedia untuk bidang Legal Staff dan Auditor. Untuk Customer Service Legal Staff memiliki rata-rata gaji sebesar Rp. 3.700.000 – Rp. 11.000.000 dan Auditor memiliki rata-rata gaji sebesar Rp. 5.000.000 – Rp. 9.000.000.

3. Bidang Finance dan Accounting

Rata-rata gaji Customer Service yang berikutnya adalah yang terkait dengan bidang Finance dan Accounting. Seperti namanya maka bidang yang satu ini bergerak di bidang finansial seperti layanan perkreditan dan bidang lainnya.

Beberapa jenis dari layanan finance dan accounting adalah Finance Staff dengan gaji Rp. 5.000.000 – Rp. 12.000.000, Accounting Staff dengan gaji Rp. 3.500.000 – Rp. 8.000.000, dan Tax Officer dengan rata-rata gaji sebesar Rp. 3.800.000 – Rp. 8.000.000 per bulan.

4. Bidang IT dan Engineering

Di era yang sudah serba modern saat ini membuat kebutuhan didunia IT dan Engineering sangat berkembang. Seperti kebutuhan Customer Service di perusahaan e-commerce contohnya yang memiliki gajia yang sangat variatif nominal jumlahnya.

Selain itu Customer Service lain seperti Data Engineer dan Data Analyst juga memiliki gaji yang cukup menarik. Untuk CS Data Engineer memiliki gaji sebesar Rp. 5.800.000 – Rp. 9.000.000, dan Data Analyst memiliki gaji sebesar Rp. 3.000.000 – Rp. 7.000.000.

Tentu masih ada banyak bidang lainnya yang memiliki gaji rata-rata yang cukup tinggi dari pekerjaan Customer Service ini. Untuk itu pekerjaan yang satu ini tentu saja cukup menguntungkan karena bisa mendapat rata-rata gaji Customer Service yang tinggi.

Bagikan Artikel: