perawat hewan

Mengenal Perawat Hewan: Tugas, Skill, Cara Menjadi Perawat Hewan Hingga Rata-rata Gajinya

Perawat hewan biasanya bekerja dengan dokter hewan untuk membantu pekerjaan yang berhubungan dengan pemeliharaan dan perawatan hewan, baik itu di klinik hewan hingga di rumah sakit hewan. Biasanya, pekerjaan dari perawat hewan lebih umum dibandingkan dengan dokter hewan. 

Walaupun begitu, karena pekerjaan ini berhubungan dengan makhluk hidup, maka dibutuhkan keterampilan yang sesuai dengan pekerjaannya. Selain itu, seseorang yang ingin menjadi perawat hewan juga harus menempuh jenjang pendidikan tertentu. Berikut akan dibahas mengenai tugas, keterampilan, cara menjadi perawat hewan, hingga rata-rata gaji yang bisa didapatkan. 

Pengertian Perawat Hewan

Dilansir dari UCAS, perawat hewan merupakan profesional di bidang medis yang bekerja dengan dokter hewan guna memberikan pengobatan dan perawatan untuk binatang yang cedera.

Selain bekerja secara langsung dengan hewan, seorang perawat hewan juga bekerja untuk memberikan edukasi pada pemilik hewan mengenai perawatan yang baik dan benar. 

Perawat binatang tidak hanya bekerja di klinik hewan saja, namun di beberapa lingkungan lainnya seperti:

Praktik dokter hewan swasta

  • Kebun binatang dan taman safari
  • Rumah sakit hewan
  • Organisasi pemerintah
  • Organisasi kesejahteraan hewan 
  • Pabrik obat-obatan

Tugas Perawat Hewan

Dilansir dari Prospect, beberapa tugas sebagai perawat hewan seperti:

  • Membantu melakukan tes pada darah dan kotoran hewan
  • Membantu dokter hewan memberikan anestesi, suntikan dan obat-obatan
  • Membantu dokter hewan melakukan operasi
  • Menahan dan menangani hewan agar tidak banyak bergerak ketika diperiksa
  • Menyiapkan hewan sebelum operasi dan beberapa prosedur lain seperti membersihkan gigi
  • Memberikan perawatan pada hewan seperti memantau kesehatan, membersihkan, memberi makan hingga mengajak jalan-jalan untuk hewan yang menginap. 
  • Berkomunikasi dengan pemilik hewan guna mendapatkan kepercayaan saat merawat hewan tersebut. 
  • Memberikan edukasi pada pemilik hewan mengenai kesehatan binatang, hingga bagaimana pemberian nutrisi yang tepat. 

Jenis-jenis Peran Perawat Hewan

Berdasarkan perannya, dokter hewan dibagi menjadi 3, yaitu:

1. Praktisi umum

    Biasanya seorang perawat hewan dengan praktisi umum bekerja untuk memberikan perawatan hewan secara umum seperti kebiri, vaksinasi, hingga pemeriksaan kesehatan seperti cacingan. 



    2. Praktisi darurat

      Sesuai dengan namanya, perawat hewan ini biasanya bekerja untuk kebutuhan kasus yang mendesak dan kritis.

      3. Praktisi rujukan 

        Jika perannya sebagai praktisi rujukan, maka tanggung jawabnya untuk menangani kasus yang lebih mendalam seperti gangguan tulang, otot atau jaringan ikat hingga gangguan kesehatan mata. 

        Biasanya juga hanya menangani jenis hewan tertentu seperti kuda, anjing, kucing, atau hewan langka. 

        Keterampilan yang Dibutuhkan 

        Seorang perawat hewan walaupun bekerja untuk membantu dokter hewan, pastinya juga harus memiliki keterampilan tertentu. Berdasarkan Indeed, beberapa skills berikut penting untuk dikuasai seorang perawat hewan.

        1. Komunikasi

          Kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik, penting untuk dimiliki jika Anda ingin menjadi seorang perawat hewan. Hal ini dikarenakan, Anda akan berkomunikasi dengan dokter hewan dan staf lainnya secara langsung ketika bekerja. 

          Selain itu, nantinya Anda juga harus berkomunikasi dengan pemilik hewan untuk menjelaskan mengenai perawatannya. Sehingga, Anda bisa memberikan informasi dengan baik. 

          2. Kerjasama tim

            Selain berkomunikasi, kemampuan kerjasama tim juga sangat diperlukan dalam dunia kerja ini. Hal ini tentu saja karena Anda akan bekerja dengan beberapa profesi lain seperti dokter hewan dan beberapa staf lain guna memberikan penyembuhan hewan. 



            3. Anatomi tubuh binatang

              Keterampilan yang lainnya adalah menjalankan peran dengan efektif adalah mengenai anatomi tubuh binatang. Keterampilan ini dibutuhkan untuk membantu dokter hewan pada saat melakukan penanganan untuk bagian tubuh hewan tertentu. 

              4. Bisa bekerja di bawah tekanan

                Kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan juga menjadi skills yang penting. Pada saat melakukan perawatan, mungkin saja akan ada momen kritis yang menyebabkan Anda harus bertindak dengan cepat dan tepat. 

                5. Compassion 

                  Kemampuan untuk memiliki belas kasih juga dibutuhkan jika Anda ingin bekerja di bidang ini. Tidak jarang juga seorang perawat hewan harus menyampaikan berita duka pada pemilik hewan. Dengan adanya belas kasih memungkinkan Anda untuk memahami perasaan pemilik hewan sehingga dapat menyampaikan informasi tanpa membuat pemilik tersinggung. 

                  Cara Menjadi Perawat Hewan

                  Untuk bisa menjadi perawat hewan atau paramedik veteriner, pertama Anda harus mengambil jurusan perawat hewan. Jurusan ini akan mengajarkan Anda untuk mempelajari hal yang berhubungan dengan kesehatan hewan. Jika Anda memilih jenjang Diploma 3, maka setelah lulus akan mendapatkan gelar A.Md VET. 

                  Setelah lulus, Anda perlu mendapatkan sertifikasi pelatihan perawat hewan dengan cara mengikuti sertifikasi. 

                  Rata-rata Gaji Perawat Hewan

                  Rata-rata gaji perawat hewan biasanya berbeda-beda, bergantung pada pengalaman kerja, lokasi kerja hingga faktor lainnya. Namun setelah dilakukan pencarian, rata-rata gaji perawat hewan atau paramedis veteriner ada di kisaran Rp2.500.000 – Rp3.000.000.

                  gaji perawat hewan

                  Kisaran gaji tersebut bisa saja berubah bergantung pada beberapa hal diatas hingga banyak tidaknya kebutuhan untuk menjadi perawat hewan. Demikian informasi mengenai perawat hewan yang bisa Anda jadikan rujukan. 

                  Cari Tahu Profesi Lainnya


                  Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

                  Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

                  Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.

                   

                  Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!