perawat kecantikan

Kenali Pekerjaan Perawat Kecantikan yang Khas Dengan Wanita

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui mengenai perawat kecantikan, seringkali masyarakat lebih umum dengan pekerjaan dokter kecantikan dibandingkan dengan yang satu ini. Namun, pada kenyataannya memang ada pekerjaan sebagai perawat kecantikan. Lalu, apa itu perawat kecantikan, tugas, keterampilan, syarat hingga cara menjadi perawat kecantikan? Berikut penjelasannya.

Apa Itu Perawat kecantikan?

Perawat kecantikan atau aesthetician juga bisa dikatakan sebagai medical atau klinikal aestetician yang merupakan seseorang yang memiliki lisensi mengenai skincare secara profesional yang bekerja di di klinik. Biasanya mereka bekerja untuk membantu pasien yang pernah mendapatkan pengalaman kemoterapi, terkena luka bakar atau setelah melakukan operasi. Jadi, bisa dikatakan bahwa mereka adalah seseorang yang membantu untuk memberikan perawatan melalui penggunaan skincare dan makeup. 

Tugas Perawat Kecantikan

Jika melihat dari pengertian menjadi seorang perawat kecantikan, maka perlu diketahui juga mengenai apa tugas pokok perawat kecantikan, yaitu sebagai berikut:

  • Membantu memberikan perawatan untuk meremajakan kulit
  • Memberikan terapi pengencangan kulit dengan cara mendorong produksi kolagen 
  • Melakukan microlaser peeling menggunakan laser untuk membantu mengangkat lapisan atas kulit sehingga bisa nampak lebih muda. 
  • Membantu menghilangkan tato atau rambut menggunakan laser
  • Membantu mengurangi bekas luka 
  • Melakukan perawatan varises menggunakan skleroterapi dengan cara menyuntikan obat ke dalam vena. 
  • Pelapisan ulang kulit untuk memperbaiki tekstur dan penampilan kulit sehingga bisa terlihat lebih muda. 
  • Menerapkan riasan semipermanen atau permanen seperti menggunakan eyeliner, eye lash extension, pewarna bibir hingga microblading. 

Keterampilan atau Skill Perawat Kecantikan

Jika Anda ingin menjadi perawat kecantikan, maka perlu memiliki skill perawat kecantikan agar bisa memberikan pelayanan terbaik bagi pasien. Berikut beberapa skill yang perlu Anda miliki:

  • Kemampuan untuk melakukan observasi mengenai permasalahan yang dimiliki pasien. 
  • Kemampuan berpikir kritis 
  • Keterampilan dalam komunikasi untuk bisa memberikan penjelasan dengan baik dan mudah dipahami pasien.
  • Orientasi melayani dengan baik
  • Kemampuan menganalisis permasalahan pasien sehingga nantinya bisa menentukan jenis perawatan seperti apa yang harus diberikan. 
  • Pemahaman dermatologi penting dimiliki karena pekerjaan ini sangat berhubungan dengan kesehatan kulit dan kecantikan.

Syarat Menjadi Perawat Kecantikan

Biasanya untuk bisa menjadi perawat kecantikan, perlu memenuhi kualifikasi perawat kecantikan. Hal ini karena pekerjaan ini membutuhkan keterampilan baik dari segi teori dan juga praktik dengan baik. Berikut kualifikasi perawat kecantikan yang penting untuk diketahui:

  • Minimal sudah menempuh pendidikan D3 Keperawatan
  • Memiliki STR dan SIPA yang aktif
  • Bisa melakukan basic pekerjaan di bidang kecantikan seperti facial, hair care dan body care.


Perbedaan Perawat Kecantikan dan Beautician

Dilansir dari beauty-school.co.uk, aesthetician biasanya akan fokus pada perawatan wajah. Selain itu, jenis perawatan yang diberikan juga akan lebih kompleks. Seorang aesthetician biasanya juga bekerja di klinik dengan lebih mahal dengan peralatan yang berkualitas tinggi dan harga perawatan yang lebih mahal. 

Sedangkan beautician adalah seseorang yang bekerja untuk melakukan kegiatan seperti menata rambut, manicure dan perawatan kecantikan lainnya. Biasanya mereka bekerja pada bidang kecantikan seperti rambut, perawatan kuku, dan kulit. 

Beberapa contoh pekerjaan yang dilakukan oleh beautician seperti melakukan penataan pada rambut, memberikan saran penggunaan makeup untuk kebutuhan majalah, membantu menerapkan penggunaan makeup. 

Jadi bisa dikatakan jika beautician lebih memiliki ruang lingkup pekerjaan yang lebih luas dan fokus pada perawatan wajah dan kulit bukan dalam bentuk penggunaan skincare. 

Cara Menjadi Perawat Kecantikan

1. Kuliah jurusan pendidikan dokter

Pertama adalah dengan masuk jurusan perawat kecantikan yaitu mengambil pendidikan dokter. Nantinya setelah lulus dari jurusan Kedokteran, maka Anda akan mendapatkan gelar S.Ked. Hal ini karena seorang aesthetician nantinya akan bekerja untuk caranya menyehatkan kulit seseorang. 

2. Sertifikasi keahlian

Setelah lulus dari pendidikan dokter dan mendapatkan gelar, maka langkah selanjutnya adalah mendapatkan sertifikasi kemampuan dengan cara mengikuti ujian sertifikasi. 

Nantinya Anda akan lebih diarahkan atau mempelajari bagaimana cara untuk menyehatkan kulit hingga bagaimana cara pembuatan krim kecantikan untuk kebutuhan tertentu. 

3. Izin mendirikan klinik

Selain melamar pada klinik kecantikan, Anda juga bisa mendirikan klinik kecantikan sendiri. Akan, tetapi tentu saja dibutuhkan surat izin untuk mendirikan klinik. Hal ini tentu sangat penting karena seorang yang memiliki klinik tentunya bukan sembarang orang. 



Rata-rata Gaji Perawat Kecantikan

Gaji yang ditawarkan sebagai perawat kecantikan akan berbeda-beda, bergantung pada lokasi, kualifikasi, skill, fasilitas yang mereka berikan dan lainnya. Misalnya jika kemampuan Anda lebih tinggi, maka bisa saja berkesempatan mendapatkan gaji yang lebih tinggi.

Selain itu, klinik kecantikan yang sudah memiliki reputasi besar serta peralatan yang lebih canggih dan memadai juga akan berpengaruh pada pemberian gaji.

Jika dilihat secara umum, rata-rata gaji perawat kecantikan di Indonesia berkisar antara Rp3.000.000 – Rp4.000.000 per bulannya.

perawat kecantikan

Itulah beberapa informasi mengenai apa itu perawat kecantikan, pekerjaan yang dilakukan, kemampuan, cara menjadi perawat kecantikan hingga rata-rata gaji yang ditawarkan jika ingin bekerja di bidang ini. Informasi tersebut bertujuan mengedukasi mengenai hal-hal apa saja yang berhubungan dengan perawat kecantikan.

Cari Tahu Profesi Lainnya


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.

 

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!