mengapa Anda ingin menjadi staff administrasi

Mengapa Anda Ingin Menjadi Staff Administrasi, Ini Jawabannya

Jawaban ketika melakukan wawancara dengan pertanyaan mengapa Anda ingin menjadi staff administrasi merupakan suatu hal wajib diketahui jika ingin mendaftar pada posisi tersebut. Ini karena kemungkinan besar digunakan sebagai penilaian kepribadian.

Saat melamar suatu posisi pekerjaan, semua pendaftar perlu mengikuti beberapa tahapan, misalnya seleksi berkas sampai pada seleksi wawancara. Tahapan satu ini sering membuat kandidat gagal pada posisi tertentu.

Melalui tahapan ini, perekrut melihat seberapa besar kualitas pelamar sehingga layak mendapatkan posisi tersebut. Namun tidak semua pendaftar mempelajari cara menjawab pertanyaan saat wawancara.

Jawaban Dari Pertanyaan Mengapa Anda Ingin Menjadi Staff Administrasi!

Jawaban Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan

Hal pertama harus Anda perhatikan adalah tujuan pertanyaan selama wawancara. Jawaban pada dasarnya adalah apa yang diminta oleh perekrut untuk mengetahui motivasi utama Anda memilih posisi ini.

Berdasarkan jawaban kandidat dari pertanyaan mengapa Anda ingin menjadi staff administrasi perekrut dapat menilai apakah kandidat cocok dan sesuai untuk posisi tersebut atau tidak. Salah satu persyaratan biasanya ditetapkan oleh seorang pelamar adalah kualifikasi pendidikan. 

Namun pada kenyataannya, beberapa posisi terkadang dapat diisi oleh beberapa jurusan yang tidak terlalu spesifik. Ada kalanya pelamar melamar pekerjaan berdasarkan latar belakang pendidikannya. 

Namun tidak sedikit juga pelamar memiliki kualifikasi pendidikan yang kurang linier dengan pekerjaan ditawarkan. Kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan posisi pegawai administrasi tentunya menjadi keunggulan tersendiri.

Jika dibandingkan dengan calon lain yang tidak memiliki kualifikasi tersebut. Jadi ada baiknya Anda menjawab pertanyaan berdasarkan latar belakang pendidikan. Latar belakang pendidikan ini paling umum untuk mengisi posisi sebagai admin.

Seperti lulusan Ilmu Komputer, Diploma dalam Ilmu Komputer, lulusan Akuntansi, lulusan SMK dengan jurusan Administrasi dan jurusan lainnya.

Baca juga: Cara membuat cv untuk staff administrasi

Jawaban dari Mengapa Anda Ingin Menjadi Staff Administrasi Berdasarkan Pengalaman Kerja

Selain menekankan kualifikasi pendidikan, jawaban atas pertanyaan mengapa ingin bekerja sebagai pegawai administrasi juga bisa bergantung pada pengalaman kerja. Tidak sedikit perusahaan mencari kandidat berpengalaman untuk mengisi posisi admin di perusahaannya. 

Pekerja yang profesional tentunya mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan lebih terampil. Agar dapat mencapai tujuan perusahaan secara tepat sasaran. Jadi, jika Anda bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan pengalaman kerja.

Ini akan lebih mudah saat wawancara. Jadi gunakan pengalaman Anda untuk memberikan jawaban terbaik. Namun, ingatlah bahwa kejujuran adalah hal yang paling penting dalam semua proses pendaftaran.

Jawaban dari mengapa Anda ingin menjadi staff administrasi yang jujur ​​adalah suatu keharusan. Bahkan, jika seorang pelamar mengatakan sesuatu tidak sesuai dengan kenyataan, maka pelamar akan kesulitan menjawab pertanyaan lainnya.

Alih-alih mendapatkan kesempatan bekerja di perusahaan tersebut, Anda bisa saja langsung dikeluarkan dari daftar pelamar yang potensial. Oleh karena itu, ceritakan tentang pengalaman kerja yang Anda miliki sebelumnya yang relevan dengan posisi ini. 

Hal tersebut nantinya akan menabah poin dari pertanyaan tersebut. Namun, pengalaman kerja sepertinya menjadi kekurangan bagi lulusan baru alias fresh graduate. Jangan khawatir, Anda juga bisa menyebutkan pengalaman magang Anda.

Jawaban Berdasarkan Tugas Dan Tanggung Jawab Staff Administrasi

Pada dasarnya terdapat beberapa tugas dan tanggung jawab utama dari staff Administrasi yang dilakukan sehari hari. Staff Administrasi memiliki tugas dan tanggung jawab antara lain:

Agar dapat menjawab pertanyaan dari tim perekrut dengan baik, kamu juga harus mengetahui apa saja tugas serta tanggung jawab seorang admin. 

Di antara tugas-tugas staff administrasi antara lain:

  • Membuat rekap data perusahaan
  • Melakukan pengarsipan
  • Menjawab dan melakukan panggilan telepon
  • Mengurus agenda perusahaan
  • Surat-menyurat
  • Mengurus kebutuhan perlengkapan perusahaan

Dengan tugas dan tanggung jawab tersebut, Anda dapat memberikan jawaban dari pertanyaan, Mengapa anda ingin menjadi staff administrasi dengan mengaitkannya pada tugas dan tanggung jawab yang Anda embah setiap harinya. Anda dapat memberikan jawaban seperti

Saya merupakan pribadi yang sangat detail dalam sebuah hal. Bahkan tak jarang saya juga dianggap sebagai seseorang yang perfeksionis di mana saya kerap menilai kembali beberapa kali pekerjaan yang saya lakukan. Dengan kepribadian tersebut, saya sangat mencintai pekerjaan sebagai staff administrasi karena tugas dan tanggung jawabnya mengharuskan saya melakukan hal tersebut.

Baca juga: Beberapa keahlian yang wajib dimiliki oleh staff admin



Jawaban dengan Keterampilan yang Dibutuhkan

Untuk bekerja dengan profesional di suatu perusahaan, baik posisi admin atau di posisi lainnya, tidak bisa hanya mengandalkan ijazah. Jawaban dari mengapa Anda ingin menjadi staff administrasi harus dipersiapkan.

Selain itu, seorang pekerja profesional juga harus memiliki skill atau kemampuan. Hal tersebut agar bisa melaksanakan tugas dan kewajibannya secara optimal. Dengan demikian, hasil kerja keras yang dilakukan dapat mencapai tujuan perusahaan. 

Begitu juga jika ingin menjadi administrator profesional. Apalagi jika pelamar memiliki latar belakang pendidikan yang tidak sesuai dengan jabatan pegawai administrasi. Skill yang dibutuhkan seorang admin tentunya wajib jika ingin bersaing dengan kandidat lainnya.

Jadi keterampilan apa yang paling penting bagi seorang administrator? Padahal, seorang administrator membutuhkan berbagai keterampilan untuk menjawab pertanyaan mengapa Anda ingin menjadi staff administrasi.

Menurut Upwork, terdapat beberapa keterampilan yang wajib dikuasai oleh staff administrasi, Beberapa di antaranya seperti memiliki kemampuan berorganisasi, dapat berkomunikasi dengan baik, dapat bekerja dalam tim dan multitasking. Skill lainnya seperti kemampuan menggunakan komputer dengan baik, skill MS Office, dapat bekerja di bawah tekanan, disiplin, teliti, gesit, dan lain-lain.

Contoh menjawab pertanyaan mengapa ingin bekerja sebagai admin berdasarkan skill: “Saya adalah orang teliti, cermat, memperhatikan detail kecil, multitugas, dan terorganisir. Tentunya sesuai dengan kualifikasi dibutuhkan perusahaan ini.”

Karier sebagai pekerja administrasi profesional dimulai dengan berhasil menjawab pertanyaan saat sesi tanya jawab dengan pewawancara. Oleh karena itu, perhatikan dan pelajari jawaban mengapa Anda ingin menjadi staff administrasi.

Tujuan Recruiter Menanyakan “Mengapa Anda Ingin Menjadi Staff Administrasi?”

Pada dasarnya, banyak dari recruiter yang menanyakan pertanyaan yang sama pada beberapa posisi di perusahaan. Bukan hanya untuk staff administrasi semata, Pertanyaan seperti ini kerap dilemparkan oleh recruiter juga pada posisi posisi lainnya dengan maksud dan tujuan yang berbeda beda.

Namun untuk pertanyaan spesifik “Mengapa Anda Ingin Menjadi Staff Administrasi?” Umumnya digunakan oleh recruiter untuk mengetahui motivvasi utama dalam diri Anda dalam melamar pekerjaan tersebut. Terlebih lagi, dalam menjalani peran sebagai staff administrasi dibutuhkan beberapa keterampilan baik hard skill maupun soft skill yang tidak dimiliki oleh semua orang.

Untuk itu, recruiter menanyakan pertanyaan “Mengapa Anda Ingin Menjadi Staff Administrasi?” agar gambaran akan motivasi bekerja dan melamar calon kandidat dapat lebih terlihat jelas untuk penilaian selanjutnya.

Temukan Lowongan Pekerjaan Paling Pas Dengan Skill Kamu di Pintarnya!

Dengan persaingan yang tinggi dan lowongan pekerjaan yang tidak banyak membuat mencari lowongan kerja bukan menjadi perkara yang mudah bagi sebagian orang. Namun dengan Pintarnya, mencari pekerjaan dapat dengan mudah dilakukan. Dengan ribuan loker yang tersedia, Anda dapat menemukan pekerjaan yang paling sesuai dengan skill yang dimiliki. Caranya Gampang Banget! 

1. Klik Tombol “Lihat Loker SD-SMA yang ada di bagian Atas Ponsel Anda

Dengan Klik tombol tersebut anda akan dibawa ke halaman yang akan menampilkan ribuan lowongan kerja yang tersedia untuk lulusan SD sampai SMA. Namun jangan khawatir Anda juga melakukan filter sesuai dengan jenjang pendidikan maupun wilayah yang Anda tuju.

2. Pilih Lowongan kerja Yang Sesuai Dengan Skill

Temukan lowongan kerja yang sesuai dengan keterampilan yang Anda miliki agar kesempatan diterima semakin besar. Mulai dari Admin,Sales,Pabrik,Perhotelan,Restoran Hingga Perawat semua dapat Anda temukan di Pintarnya!

3. Klik, Lamar & Kerja

Jika Lowongan Telah ditemukan segera lamar dengan CV dan surat lamaran kerja yang telah dibuat sebelumnya. Pantau terus status lamaran kerja Anda dan nantikan panggilan Interview dari HRD!


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!